Thursday, January 5, 2012

Special New Year Post: Flashback and Resolution

20 comments
Welcome again. Setelah malam tahun baru yang penuh hiruk pikuk dan gegap gempita, dimana saya memposting rilis White Rainbow kemarin di sela-sela keramaian teman-teman otaku dan non otaku yang nginep di tempat salah satu teman saya dan main Rich Game, kartu dan bakar jagung sampai pagi, sekarang saya akan menulis postingan yang relatif serius sehubungan dengan pergantian tahun dan ritual kilas balik dan membuat resolusi.

Sebelumnya perkenankan saya menjelaskan beberapa fitur baru yang ada di Ikemasen, Ojou-sama!
Pertama, tab yang ada di atas, di sana ada shortcut ke beberapa serial yang pernah diparodikan.
Kedua, featured post yang HANYA TAMPIL di halaman depan atau front page. Di sana anda bisa melihat 4 post yang sudah saya pilih sebagai post yang mewakili "soul" dari blog ini.
Lalu ketiga, searchbox, facebook and twitter icon. Search box memudahkan anda melakukan pencarian post yang relevant, facebook akan membawa anda ke halaman FB saya dan twitter tentu saja ke twitter page blog ini. Jika anda punya twitter account, saya sarankan untuk memfollow account blog ini, karena ke depannya post otaku-related akan disiarkan dari twitter, sedangkan FB lebih untuk postingan yang bersifat personal.
Dan terakhir, omake kecil-kecilan yang menarik, jika anda posting commentar di blog ini tanpa login ke sebuah account atau anonymous, maka avatar anda akan berubah menjadi KAMBING. YA. KAMBING. Kenapa kambing? yang membaca umineko episode terakhir pasti tahu. Untuk yang tidak tahu, well, anggap saja itu cuma guyonan dari fans umineko dan tidak perlu diambil hati.

Oh dan ngomong-ngomong, jika anda punya blog yang mau tukeran link, silahkan tulis di comment post ini dan blog anda akan ditambahkan di side bar blog ini. Juga kalau blog anda pernah masuk list di sini tapi sekarang ilang, tolong konfirmasi ulang, soalnya saat berbenah kemarin saya lupa gak mencatat siapa saja yang dulu ada di list teman seperjuangan.

Ok, back to post. Ada dua bagian postingan ini, yang pertama adalah flashback yang merecap hal-hal memorable dari tahun 2011, dan bagian kedua adalah resolusi untuk tahun ini. That said, sekali lagi saya ingatkan jika postingan ini cukup panjang, jadi persiapkan waktu anda.

Music, please.


2011, sebagaimana tahun-tahun lain yang telah berlalu, memiliki kenangan-kenangan tersendiri. Banyak yang terjadi di sepanjang tahun itu, baik di wired maupun dunia nyata. Some are happy, others are sad. Tidak semuanya IMBA sugiru, namun tidak semuanya EPIC FAIL juga. Sebelum saya menulis tentang resolusi, ada baiknya saya merecap sebentar memorabilia dari tahun tersebut, baik dalam maupun luar dunia perotakuan.

Achievement

(+) Job
2011 adalah tahun di mana saya kembali harus mengalami fase jobless dan mencari kerjaan demi level up, meskipun fase ini cuma sebentar dan tidak sehectic dulu. Dari 2010, saya sudah mencicipi berbagai macam tempat dan jenis kerja, dan biarpun semuanya terhitung part-time, tapi lumayanlah buat pemasukan tetap dan (yang lebih penting) status. Toh saya masih punya usaha sendiri buat alokasi dana bersenang-senang. Di pertengahan 2011, saya mendapat tawaran kerja dengan level yang lebih tinggi. Gold lebih tinggi, tapi status full-time nya mengharuskan saya untuk belajar adaptasi lagi dengan jadwal siang-sampai-sore yang otomatis tabrakan dengan jam kerjaan sampingan. Namun sayangnya setelah berjalan beberapa bulan, tempat saya kerja harus ditutup. Dan kembalilah saya ke fase NEET (FAK YEAH!) dengan jam santai tidak terbatas dan bebas seperti BURUNG. Tapi tentu saja dengan bonus keGALAUan. Akhirnya saya pun cari kerja lagi. Hanya bedanya kali ini saya sudah punya exp. Jadi bisa dibilang ini seperti New Game+. Meskipun begitu tidak berarti semuanya berjalan dengan mudah juga. Dari sekian banyak lamaran yang saya kirim, hanya tiga yang dibalas dengan respon positif. Dan setelah menghadiri interview dan test lapangan satu persatu, saya beruntung yang lolos adalah tempat yang saya paling antusias diantara ketiganya, sebuah studio game. Dan disanalah saya bekerja hingga sekarang.

Moral of the story, saya pikir anda sudah bisa menyimpulkan sendiri, setelah melalui series of unfortunate events seperti ini, baru anda akan menyadari jika setiap element plot yang anda lewati mempunyai peran significant yang saling terangkai yang pada akhirnya, jika anda pintar membuat chain combo, akan membantu anda sampai ke tempat yang diinginkan.

(+) New PC
Dengan pemasukan yang constant, akhirnya saya bisa mewujudkan salah satu resolusi saya di tahun lalu, ganti PC. Kredit, tentu saja. Sebagai otaku, rasanya mutlak hukumnya untuk punya komputer yang minimal up-to-date dengan perkembangan dunia anime/gaming. Ketika rilis anime sudah mulai memasuki era HD 720p, saya berpikir cepat atau lambat pasti ancient PC saya yang dibeli sejak jaman awal kuliah bakal tidak berguna. Karena itu, ketika tabungan saya sudah cukup, dan berkat bantuan Kaskus yang membuat PC lama saya langsung sold out BAHKAN DALAM WAKTU KURANG DARI 24 JAM, seminggu kemudian, partner baru saya datang menghuni kamar sekaligus ruang kerja kedua saya.

(+) Upgrade Internet Connection
Koneksi internet adalah hal yang penting bagi manusia jaman sekarang, tapi bagi otaku hal tersebut bukan penting lagi melainkan CRUCIAL. Saya sudah mengalami berbagai macam jaman, mulai dari ngenet di warnet dengan modal disket (yang sekarang saya sudah lupa bagaimana bentuknya), lalu berubah jadi ngenet kemudian hasil downloadan di burn ke CD, kemudian lahirnya teknologi flashdisk yang efisien (biarpun kapasitasnya cuma 256MB), sampai sekarang dimana anda bisa membawa HDD portable ke warnet dan SEDOT SAMPE PUAS. Well, namun tidak ada yang mengalahkan nikmatnya punya koneksi sendiri, dimana anda bisa bersantai di depan PC/laptop tersayang dan browsing/download/blogging/streaming/whathaveyou.

Saya sudah memakai koneksi sendiri sejak lebih dari satu tahun yang lalu, sejak harga modem USB masih di atas satu juta, dan perbedaan kenyamanan serta efisiensinya memang sangat significant. Tapi tetap saja ada kelemahannya, kuota yang terbatas. Ketika kuota pemakaian sudah habis, di saat itulah anda akan mengalami NIGHTMARE yang sesungguhnya. Jangankan kecepatan berkurang seperti yang tercantum dalam perjanjian, kadang untuk terkoneksi saja sulit. Dan sering putus. Jika anda punya kemampuan manajemen pemakaian bandwith yang bagus, anda bisa survive sampai akhir bulan tanpa kehabisan kuota, seperti yang saya lakukan. TAPI, itu artinya anda tidak bisa boros, dan ujung-ujungnya, jika harus mendownload file besar, anda harus kembali jadi pengelana warnet lagi, yang datang malam atau subuh karena pada jam itulah speed download warnet sedang pada titik maksimum.

Tapi untungnya, beberapa bulan menjelang penghujung tahun, rumah memutuskan untuk memasang Speedy. Sebenarnya ini bukan keputusan baru-baru saja, karena sudah dipikirkan sejak lama, hanya masalahnya di rumah tidak ada telepon. Akhirnya setelah bermusyawarah untuk mufakat, ortu saya sepakat mau membayar biaya pemasangan telepon dan abonemen telepon bulanan, sementara saya membayar biaya internet tiap bulannya, speedy pun dipasang dan sekarang sayapun terbebas dari kuota, bebas download, streaming youtube lancar, upload file kerjaan, blogging, dll dsb tanpa masalah. Warnet? tempat apa itu? pfftt, yah sebenarnya alasan lain saya jarang ke warnet lagi sekarang adalah karena di tempat tersebut cenderung penuh dan harus mengantri, sementara waktu saya terbatas. Tentu saja saya kadang masih berkunjung ke warnet favorit, tapi untuk sekedar untuk merequest atau mengcopy file saja.

This is post is sponsored by Speedy
(true story)

(+) Nekogami Anime Tshirt Online Shop
Nekogami sebenarnya tidak bisa dibilang resolusi tahun lalu, karena sudah berdiri sejak 2010. Tapi selama 2011, online shop yang menjual tshirt character anime tersebut mengalami perkembangan yang membanggakan. Awalnya saya tidak begitu yakin karena setiap membuka lapak di forum hasilnya tidak begitu rame, wajar memang soalnya saya sudah tidak aktif lagi di forum-forum. Tapi setelah membuat page di FB, baru terasa animonya. Selain itu, proses launching, contact dan sebagainya juga jadi lebih mudah via FB. Dan sekarang saya malah tidak pernah bikin lapak di forum lagi. Di tahun kemarin juga, selain memproduksi, Nekogami juga membuka layanan jasa tracing dan desain. Dan ternyata banyak juga yang berminat dan bertanya soal jasa tersebut. Padahal waktu itu saya baru memposting gambaran layanannya, karena saya sendiri masih ada beberapa hal yang belum kepikiran fixnya juga. Tapi ternyata responnya bagus. Dan sekarang websitenya sudah dibuka kembali, dengan tambahan gallery hasil tracingan dan desain yang pernah dipesan konsumen.

Di tahun kemarin, Nekogami juga sempat berpartisipasi dalam berbagai event, meskipun lebih ke stand papercraft daripada tshirt. Dan biarpun karena kesibukan sekarang, membuka stand di event sepertinya tidak memungkinkan (sekarang saya kembali ke status datang sebagai penonton, atau terkadang juri lomba cosplay) tapi dari acara-cara tersebut saya mendapat banyak pengalaman lapangan dan kenalan atau contact person yang mungkin suatu saat bakal berguna ke depannya sebagai relasi.

(+) The Otaku Network (/ton/)
Personally, saya bilang inilah achievement spesial bagi saya di tahun 2011. Saya tidak menyangka ide yang awalnya cuma terlintas sekilas, sekarang sudah menjadi sebuah networking group yang menghubungkan tiap anggotanya bagaikan anggota secret society ..er, maksud saya hubungan yang dekat dan hangat.

The Beginning

The Otaku Network, atau lebih sering disebut dengan /ton/ oleh penghuninya (parody dari gaya penamaan image board), adalah sebuah closed group di FB yang khusus dibuat untuk para otaku dan fujoshi, tetapi, berbeda dengan group-group sejenis, group ini berfokus pada diskusi, sharing dan saling membantu tentang hal atau masalah yang di luar scope hobi atau fandom. Awalnya saya tidak begitu yakin bakal banyak yang join, karena sebagai otaku sendiri, saya tau bagaimana nyamannya ketika berada di balik jas dan topeng anonymous, sharing dan berbincang soal hobi dan our own little world, dont give a damn about other's people opinion, enjoying the exclusiveness of NEET and hikki lifestyle, dan atas dasar toleransi dan kesepakatan bersama, tidak membahas hal-hal di luar itu yang meresahkan, seperti skripsi dan masa depan. Tapi akhirnya saya sadar jika hal seperti itu bakal menjadi sebuah doom train yang tidak hanya merugikan satu individu tapi juga menyeret semua yang ada di dalam satu circle. Dan hal kedua yang saya sadari, bahkan jika anda adalah seseorang yang imba dengan skill dewa sekalipun, anda tidak akan bisa apa-apa jika tidak punya koneksi. Karena itulah saya mendirikan The Otaku Network, yang selain berfungsi sebagai collective wisdom untuk membantu memecahkan masalah, juga channel networking yang bisa anda gunakan untuk menjalin relasi.

And the group quickly turning into a fun and cozy place to talk about both serious and non-serious matter. Ada banyak hal yang saya peroleh dan pelajari selama berada diantara /ton/ members. Ada beberapa stigma tentang otaku yang bahkan saya sendiri percayai namun ternyata tidak terbukti. Meskipun secara sekilas semua otaku atau fujoshi terlihat sama, namun pada kenyataannya sangat diverse, dengan character, sudut pandang, mindset, prinsip dan kepribadian masing-masing. Setiap individu juga datang dari background yang berbeda, dengan pengalaman hidup yang berbeda pula. Meskipun banyak kesamaan tapi tetap ada perbedaan, dan itu malah membuka sudut pandang baru dalam melihat sebuah masalah, dan hebatnya, biarpun mereka adalah orang-orang sinis yang hidup dengan berulangkali menemui despair dan ilusi, yang sudah terbiasa dengan jargon internet, yang suka menderail pembicaraan hingga out of topic, yang punya level sarkasme tingkat tinggi, bahasa yang vulgar dan kebanyakan adalah senior yang sudah pernah berkubang dalam bagian terdalam sisi lain internet yang sangat gelap dimana orang awam tidak mengetahui, namun ketika tiba saatnya untuk serius dan berdikusi secara bijak, they can be so awesome, cool tempered AND open minded.

(+) Bought original items and official merchandise
Mungkin ini tidak termasuk resolusi tahun lalu, tapi merupakan salah satu achievement yang memuaskan bagi saya pribadi. Dulu waktu saya masih anak kuliahan dan setiap kali berkunjung ke tempat teman saya yang punya banyak barang ori collectibles otaku, seperti manga, dvd, artbook, figurine, dsb, saya cuma bisa melihat dengan tatapan 'waah.. kereen..' yang ndeso. Ketika saya mulai punya uang lebih untuk disisihkan, saya tau bahwa sekarang mungkin bagi saya untuk mebeli barang-barang seperti itu. Tapi saya juga sadar jika tidak diatur dengan strategi yang baik, akhirnya malah bakal jadi lapar mata, boros, kecanduan beli dan semacamnya. Karena itu saya membuat semacam golden rule yang harus saya patuhi sendiri dalam berbelanja otaku goods. Jika anda termasuk otaku dengan budget untuk senang-senang yang tidak banyak, mungkin anda bisa mencontoh rule saya ini:


* ONE OF A KIND
Ini adalah aturan utama jika anda bukan type kolektor satu jenis seperti saya. Pastikan anda melengkapi type of artifact dulu sebelum membeli yang lainnya. Figurine cukup punya satu dulu. Lalu manga ori satu. Beli artbook satu. Lalu figma satu. Nendo satu. CD music satu. Tapestry satu. Plushie satu. Bluray satu. dan seterusnya. Untuk setiap type artifact, pastikan yang anda pilih sebagai "perwakilan" adalah yang benar-benar bagi anda paling IMBA. Yang ultimate. Yang merepresentasikan. Dengan begitu koleksi anda akan tampak bervariasi. Anda bisa mengamati oh xx ori tuh kaya gini, yy ori tuh kaya gini, dst, daripada punya banyak tapi semuanya printed, atau semuanya dakimakura, atau semuanya nendo. Tentu saja seperti yang saya tulis, rule ini cuma berlaku jika anda berniat memenuhi treasury dengan bermacam-macam barang.

* PAUSE BEFORE PAY
Ketika ada pengumuman rilis baru atau PO, HOLD. Jangan langsung OH DESIREEE dan pesen. Tenangkan pikiran anda, biarkan tenggelam bersama urusan-urusan lain. Jangan dilihat terus-terusan gambar atau fotonya. Nanti ketika sudah beberapa waktu berlalu atau PO hampir tutup, baru pikirkan ulang dan ambil keputusan. Racunnya tidak akan terasa sekuat waktu pertama kali. Dan banyak faktor yang sudah berubah, seperti muncul item yang lebih bagus, barang sudah terasa out of date, ada yang sudah baca dan mereview ternyata kurang memuaskan, dsb.

* FUTURE TOUGHT
Pikirkan juga apa yang akan terjadi dengan barang ini di masa depan. Maksud saya bukan masa depan waktu mobil sudah bisa terbang, tapi mungkin 1 atau 2 tahun lagi. Apakah masih tetap imba? apakah punya nilai memorable dan nostalgia? personally, saya menghindari menjual barang yang dulu belinya susah payah, tapi kalau anda berniat begitu pikirkan juga apakah besok masih layak dan bisa dijual dan cepet balik jadi duit lagi? dsb.

* FUTURE EXISTANCE
Jika anda sudah memikirkannya masak-masak, dan keputusannya adalah "ya", JANGAN TUNDA LAGI. BELI. Begitu dananya ada, langsung beli. Terutama jika benda itu limited. Jika tidak limited pun semua barang punya chance untuk jadi soldout. Belilah sebelum jadi langka atau habis dan sulit dicari sampai seseorang ada yang menjualnya dengan harga jauh lebih mahal. Saya sudah pernah mengalaminya. You'll cry BLOOD when that happens.


Resolution

Selanjutnya adalah resolusi untuk satu tahun mendatang!! yay! naikkan volume ajeb-ajebnya biar makin semangat! ITS MAGIC* TIMEE~!!


Welcome to the future which holds endless possibilities. Starts weaving your magic spell and working on it. Here we go! red text umineko style! *ping.wav*


A steady and prospective relationship

Well, why not? this is one of the core catbox problem of my life. Sebagian orang bilang bisa mengatasi masalah, sebagian lain bilang hanya akan menambah masalah. I think its depend on the magical compendium compatibility.

Look! even facebook apps is trolling me!
oh how funny, trololol!

That being said, sebenarnya saya juga tidak begitu memprioritaskan :yaoming: Dalam hal semacam ini, selalu ada faktor x yang tidak bisa diprediksi, tidak peduli seberapa hebat kemampuan strategi anda. Saya sudah mengalaminya. Berkali-kali. Karena itu saya pikir witch hunt semampunya sudah cukup, tidak perlu memfokuskan semua energi dan emosi yang ada. Seperti kata Willard H Wright, dont think too much, you'll just get a headache.


+priority: unknown
+time limit: within a year would be good
+how to carry out:


Ability to learn and mastering 3D character design

Ini sebenarnya resolusi dari tahun lalu yang masih belum tercapai. Well, sudah mulai tercapai sih tapi hasilnya masih belum memuaskan.


Designing 3D, selain berguna bagi hobi papercraft saya, sekarang juga berhubungan dengan kerjaan saya, meskipun tidak secara langsung. Jika saya bisa mendesain papercraft sendiri, gerbang kebebasan untuk membuat model sesuai yang saya inginkan terbuka lebar. Selama ini papercraft yang saya buat masih terbatas dengan template yang sudah ada. Dream project saya dari dulu adalah membuat papercraft impian, a badass bishoujo dengan gabungan fashion dan charm eropa, eastern beauty dan budaya lokal.

+priority: high
+time limit: within first quarter of the year
+how to carry out:
Belajar secara otodidak seharusnya sudah cukup jika anda adalah orang yang disiplin dan telaten. Apalagi jika anda mempunyai koneksi internet yang cepat dan stabil. Anda bisa membuka wiki, searching di google, tanya di forum, streaming di youtube dsb. Dan itulah yang selama ini saya lakukan. Tapi jika anda sudah mulai sibuk dan hanya punya sedikit waktu luang, cara tersebut tidak begitu efektif. Saya baru menyadari tentang hal tersebut belakangan ini. Belajar sendirian butuh waktu lebih lama untuk mencapai sebuah progress dibanding dipandu oleh guru atau instruktor. Selain itu, ketika anda stuck dan tidak kunjung menemukan solusinya, anda jadi frustasi dan proses belajar pun terhenti sampai mood atau niat anda balik lagi. Karena itulah rencananya saya akan mencari kursus, sekedar untuk mempelajari basic dan hal-hal principle nya. Ketika semua itu sudah dipegang dan kuasai dengan baik, barulah meng-advance-kan diri dengan belajar dari internet.


Improvement, better progress and quality of this blog

Meskipun hanya dipakai sebagai tempat untuk menyalurkan hobi menulis saya, tapi tidak bisa dipungkiri jika justru banyak hal-hal penting dan spesial terjadi karena blog yang sudah exist sejak tahun 2007 ini. Beberapa dari pembaca setia saya banyak yang akhirnya menjadi teman dekat, pelanggan, relasi bisnis dan sebagainya. Dan itu bukan cuma berlaku bagi saya, ternyata diantara para pembacanya pun banyak yang menjadi akrab satu sama lain karena sama-sama membaca blog ini. Dari blog ini pula banyak istilah dan meme lahir. Beberapa stay as inside joke, beberapa ada yang sudah viral dan dikenal oleh orang luas yang bahkan saya pun kadang tidak menyangka kok bisa sampai ke tempat itu? Namun tentu saja, kekuatan sebenarnya dari blog ini adalah pada postingannya. Postingan berkualitas menarik pengunjung berkualitas. Pengunjung berkualitas menghasilkan comment dan feedback yang berkualitas. Feedback berkualitas menghasilkan postingan berkualitas. Its a wonderful circle. Blog ini selalu berusaha menyeimbangkan antara pemikiran serius, humor dan sarkasme dan kemesuman. Saya suka ketika ada comment pembaca yang ternyata menangkap keseriusan di balik kekonyolan dan joke yang menjurus. Tapi saya juga senang jika ada pembaca yang datang hanya untuk menikmati bagian lucunya, dan bisa menghilangkan stress orang saya pikir adalah perbuatan yang menyenangkan.
Setelah memakai parfum cap kampak, idol aja jadi lengket kaya perangko.
..eh, perangko itu apa sih? saya kan taunya e-mail

+priority: medium
+time limit: every now and then
+how to carry out:
Ke depannya, saya akan berusaha update yang lebih sering, dan kemungkinan jika saya mendapatkan ide untuk mengedit atau menshop gambar, akan saya pasang sebagai post di blog, biarpun cuma satu gambar. Nantinya joke dalam bentuk tulisan juga akan lebih banyak beredar di twitter daripada status FB. Ini karena setelah di FB cukup lama, saya menyadari jika memang FB lebih praktis dalam mempost tulisan atau gambar, namun yang ada di friendlist saya bukan cuma otaku, dan saya harus mensetting postingan supaya tidak jadi public view jika ingin memposting sesuatu yang otaku-related. Yang akhirnya malah berakibat pada tidak bisa dilihatnya post saya oleh otaku yang belum jadi friend. Jadi untuk ke depannya postingan yang semacam itu jika dalam bentuk text akan dipost via twitter dan jika dalam bentuk gambar akan di post di sini.
Tambahan, setelah membaca-baca review blog Gecd, saya jadi berpikir ulang kalau meskipun isi review tidak up to date tapi kalau content nya bagus ya hasilnya tetep bagus. Jadi biarpun saya ketinggalan nonton episode terbaru dengan memalukan, akan tetap saya blog impresinya di akhir minggu. Semoga ini bisa jadi kebangkitan review anime mingguan yang dulu rutin tayang di blog ini.


More power (and profit too) for Nekogami

Tentu saja membesarkan Nekogami juga termasuk dalam resolusi. Biarpun cuma sampingan, tapi jika bisa diseriusi, kenapa tidak? toh pada akhirnya keuntungannya juga yang merasakan saya sendiri (tidak seperti gaji yang kadang masih terpakai untuk membantu rumah atau adik). Setelah berhasil menyediakan jasa tracing, yang harus dibenahi selanjutnya adalah jadwal rilis dan produksi desain baru yang tidak menentu. Harus diakui soal ini memang saya masih agak males karena kalau tidak kepikiran konsep atau materi yang bener-bener bagus saya males membuat desainnya.

+priority: medium
+time limit: continuous
+how to carry out:
Better planning and time managing. Mungkin jika terpaksa saya harus mengorbankan jam fesbukan malam hari saya untuk mengerjakan pesanan dan membuat desain. Tapi semoga tidak setiap hari. Basically waktu free time malam hari saya terbagi untuk 3 hal, Facebook, Nekogami dan blogging dan fapping. Tahun ini saya harus bisa menemukan ritme yang pas untuk menselaraskan semuanya.


More power for The Otaku Network. Commencing STAGE 2.

Saya pikir sebagai sebuah group virtual, /ton/ sudah cukup stabil dan sampai pada stage nyaman. Selanjutnya yang perlu difokuskan adalah sebuah event di dunia nyata, yang mempertemukan para member antar regional dalam scope nasional. Sejauh ini, beberapa mini gathering regional sudah berlangsung dan hasilnya pun cukup bagus (jogja, semarang, surabaya). /ton/ mempunyai kelebihan pada premis awalnya sebagai group otaku khusus untuk membahas masalah non otaku jadi member tidak perlu awkward untuk menyinggung tentang hal ini dalam offline meeting. Selain itu, karena beberapa comment dan opini dalam group bersifat personal, jadi member sudah mendapat gambaran karakter member lainnya, yang meskipun tidak detail tapi cukup membantu saat ketemu IRL.

+priority: high
+time limit: libur panjang (semesteran) tahun ini
+how to carry out:
Ide tentang penyelenggaraan dai gathering/ofukai sudah dan sedang dibahas di dalam group. Namun so far masih belum ada konklusi. Saya sendiri jarang memantau dan berkomentar dalam thread, tapi itu sebenarnya karena saya masih ragu antara ya dan tidak bakal datang ke Hellofest yang digelar Februari mendatang. Jika saya jadi pergi ke hellofest, mungkin itu bisa menjadi titik tolak untuk persiapan selanjutnya. Jadi sebenarnya yang harus saya lakukan adalah mengumpulkan informasi tentang ketersediaan waktu dan dana yang dibutuhkan, lalu setelah fix mengkonfirmasi siapa saja member yang akan hadir di Hellofest.


Now I'll add some resolutions yang berhubungan dengan dunia otaku.

Write an Umineko in depth, detailed, grand post

Yes. This was already on my mind since long time ago. Dan setiap kali saya mau bikin pula, draft and writing tiba-tiba stuck di tengah. Sebagai big fan of the series, tabu rasanya jika saya tidak mengkampanyekan atau minimal menuangkan semua yang ada di kepala saya tentang serial ini ke dalam tulisan. Selain itu, ada banyak sekali prinsip-prinsip yang sejalan dengan pemikiran saya. Membuat in depth review serial ini bisa sekaligus memberikan gambaran character of who I am and my way of thought. Juga, seperti yang sering saya tulis, di balik kasus pembunuhan brutal di serial ini tersimpan nasehat dan kebijakan-kebijakan yang mulia. Jika saja penduduk negeri ini cukup open minded dan tidak cepat kalap dan asal prejudice, saya bisa saja mengkomparasi dan mem-pinpoint beberapa hal yang ada dalam serial ini dengan ayat-ayat dalam Al-Qur'an dan Hadits. And it will match. It will match so well, because Umineko is a story about "heart".


AKU YO PENGEN DIPIJETI, BU GURU!
+priority: high
+time limit: SOON
+how to carry out:
Start writing, I guess..


Bought an ULTIMATE item

Konsepnya kurang lebih seperti the holy grail of your otaku life. Dan karena itu sampai sekarang tidak jelas barangnya apa :yaoming: Dulu saya sempat kepikiran untuk figurine yang benar-benar hi-quality, namun seiring waktu dan melihat koleksi teman-teman saya, I find it not so ultimate anymore. Lalu opsi pindah ke doll semacam superdollfie atau azone, but then I walk around melihat-lihat referensi, review dan situs-situs kolektor and I thought to myself, nah, this, too, wasn't the kind of thing I was looking for. Mungkin yang saya cari adalah sesuatu yang classy enough untuk dipajang atau dipamerkan ke orang awam, tapi juga masih beraroma otaku stuff. Oh well, toh ini bukan sesuatu yang harus didapatkan sesegera mungkin. I'll just yukkuri shite itte ne.

+priority: low
+time limit: within a year
+how to carry out:
this one is just an take-it-easy optional task, so I guess I'll just wait around for something that truly EPIC and worth to buy to appear while saving money.

And that concludes my post for this year's flashback and resolution. Now, lets end this post with some conclusion sambil diiringi lagu yang menaikkan kekuatan semangat hidup anda.




In conclusion, these are the vital keyword that I have to keep burning no matter what happen for this year.


Courage

Yah, disadari atau tidak, beberapa hal di tahun lalu yang tidak pernah terlaksanakan sebenarnya penyebabnya karena saya takut. Takut karena belum pernah melakukan. Takut karena resiko gagal. dsb. Bagi otaku atau nerd, yang seperti ini memang sudah bawaan, seperti skill yang anda dapat kalau memilih job atau ras dalam game. Tapi tahun ini saya akan berusaha untuk menjadi lebih seme lagi.

Optimism

SAYA TAMPAN
DAN SAYA PASTI MENANG


SILAU-MAAAAAAAAAANNN!!

Untuk yang satu ini, saya berterima kasih pada Umineko, yang telah mengajarkan cara memakai magic untuk menghasilkan miracle, dan Silau-Man, yang mengajarkan bahwa Kimi no PEDANG mo, kitto kagayaku! PEDANGMU JUGA BISA BERSINAR!. Selamat tinggal pak guru zetsubou, it was fun years to learn the dark side of this world, but now I choose to walk in the path of Golden Sorcerer.

Yaoming

BIACH PLESE!
LOL, meme satu ini kadang emang bikin marmos kalo yang masang kebetulan pas tidak satu pendapat dengan anda. FAK DIS SHIP I DONT GIVE A DAMN. Tapi jika diamati benar-benar, meme ini ternyata ada gunanya juga. Tidak semua hal harus diseriusi. Tidak semua hal harus diurusi. Yaoming tidak hanya membuat anda meninggalkan apa yang harus ditinggalkan, tapi meninggalkan apa yang harus ditinggalkan WITH A STYLE. Jadi yaoming lah untuk hal-hal yang patut di-yaoming-kan.

Jadi kesimpulannya, once you can separate whats important and whats not, take a courage wolf and GO FOR IT LIKE A BOSS! Sementara hal lainnya? YAOMING. Ada yang tidak setuju? YAOMING. Menganggap anda sekarang berubah? YAOMING. And finally, the most important for a resolution is, to START ACT AND KEEP MOVIN' ON!! So, you already have plan for this year? EXECUTE THEM! NOW!

HAVE A GREAT YEAR AHEAD.

20 comments:

kagami said...

I Liek your achievement!

Zetsudou Sougi said...

uuukkhh
postingan yg dalam dan panjang
terkadang saya juga pengen nulis yg serius macam gini tapi malu sendiri =_=a
saya bahkan blm bikin resolusi tahun baru!!

sekiguchi said...

INORI!!

Zepar and Furfur said...

banyak sekali tulisannya dan saya kira bahas suikoden FFFUUUU

dan anda melupakan jasa warnet anda ha3

selamat punya internet sendiri clapclap.wav

Neohybrid_kai said...

kagami: thanks

gecd: ah, saya gak mendetailkan yang fail-fail semuanya kok, jadi terasa achieving nya lolol, lagian anda sudah punya achieving yang imba sugiru tahun kemarin, itu sudah menutup banyak kefailan anda, IMO

sekiguchi: eaa, jadi kambing :v

rio: lolol, suikoden psp 2012 kalo keluar US nya mungkin bakal saya bahas

Anonymous said...

nice story bro...
n pemilihan musik yg bagus...suikoden 2...salah satu game favorit saia, yg menjerumuskan saia ke dunia RPG n mungkin dunia otaku...
yah, saia doakan semua resolusi anda lancar..
saia pun jg pny resolusi yg ingin saia penuhi, walaupun susah n hampir mustahil saia mau tetep coba, n skrg at least saia udah mulai mengambil first step utk keluar dr comfort zone saia...
lho eh? kok saia jd curhat?

Feischmaker said...

Those were awshum resolution, very deep IMO (compared to mine, yang intinya cuma self development dan self-satisfaction), resolusi anda tampak seperti hendak menyelamatkan dunia LOL

rmat2004 said...

feel nya mirip ending eva yg tv series lol

minoru said...

Bawww link blog saya ilang

Nice post btw. Semoga IO ke depannya lebih banyak postingan DEEP kayak gini :v

Neohybrid_kai said...

Sheep-head anon: Suiko 2 is legend, semua yang main game itu pasti mengakuinya. Semoga resolusi anda juga berjalan lancar

Feisch: ahaha, anda terlalu berlebayhan

Rmat: lolol, begitukah :v

Minoru: ah benar, brb masukin blog anda lagi
Postingan DEEP, ya? semoga bisa lebih banyak, secara serial2 fave saya masih tetap yang DEEP tapi lebih ke hidden DEEP yang disamarkan :9

Fallendevil said...

Lol, This kind of post makes me feels nostalgic. (y)

Anyway, mohon bantuannya tahun ini. It's our 3 years after the destined meeting (by haruhi and umineko)

¤Dwi_Edge¤ said...

boleh ikutan jg?

< pembaca setia silau_men :3



blognya=> http://www.craneanime.com/


btw, sama2 pink

NAKAMA!

Neohybrid_kai said...

Kouhai: (y)
Mohon bantuannya juga *bows*

¤Dwi_Edge¤: nakama da \:v/ lol

Hyu Zen said...

Impressive achievement bro (y)
Hope you'll get more this year
and find your witch soon :v

oh ya,
SAYA JUGA TAMPAN
DAN SAYA TAKKAN MENYERAH

semoga takdir mengizinkan kita bertemu kembali dalam kondisi dan prestasi terbaik
suatu saat nanti ;)

Neohybrid_kai said...

well said as usual, brother hyu (y)
and amin to that

Pakar Internet said...

Selamat Sang Juara, Terus Berkarya!! :D
Pemenang Resolusi Juara 2012

Neohybrid_kai said...

Thank you ^^
Selamat berkarya juga!

Urang kampoeng said...

Selamat yach atas kemenangannya

Neohybrid_kai said...

thank you :)

erwin said...

menang ya selamat.....

Post a Comment

 
Ikemasen, Ojou-sama! © 2006-2014 DheTemplate.com. Supported by Toko Anime