Wednesday, January 11, 2012

Sebelum memasuki Winter review, these are some memorable stuff from 2011

11 comments
Sebenarnya postingan ini adalah bagian dari post resolusi, tapi karena saya merasa bakal bikin keluar tema jadi kemana-mana dan tidak fokus, jadi akhirnya saya putuskan buat dipublish terpisah.

Alrite, season baru anime sudah tiba. Anda pasti tengah menikmati episode-episode perdana anime-anime musim dingin. Dan saya pun berencana untuk membuat post soal itu akhir minggu ini. Namun sebelumnya, saya ingin menulis tentang beberapa memorable otaku-food dari tahun kemarin. Tentu saja memorable di sini subjective bagi saya, jadi bagi anda sendiri pasti lain daftarnya.

Memorable anime of 2011
Meskipun tidak banyak (yang kemungkinan juga disebabkan oleh selera saya sendiri yang semakin picky), namun 2011 was not fail in delivering some good shows to watch and enjoyed till the last drop.

Anda bisa melihat daftar anime yang tayang selama tahun 2011 (meskipun agak fail, karena saya salah memberi tanda, seharusnya pada season FALL 2010, bukan winter, anime dengan jumlah episode 26 masih tayang) apd alink yang bersangkutan.

Kita punya series yang dipuja semua orang namun bagi saya sendiri sebenarnya tidak begitu spesial banget, Madoka Magica. Bicara tentang Madokaisme kalo bagi saya yang paling memorable malah pada saat kemenangan Mami sebagai RATU MOE SEJAGAD 2011. Sebuah kemenangan yang tidak hanya prestigious namun juga fenomenal karena selama Saimoe berlangsung, baru kali ini sang ratu yang terpilih PUNYA BAKPAO! (FAKYEEEAAAHHH). Lalu di barisan moe di belakangnya, anime detektif loli yang awalnya diremehkan karena levelnya terasa easy moodo namun semakin ke belakang aura intense nya semakin pekat dan kasus-kasus sepele di awal berkembang menjadi benang merah bagi kasus-kasus pemeras otak dan akhirnya berakhir dengan grand ending yang dramatis dan collosal, GOSICK. Kemudian kisah loli jepang di perancis jaman victorian yang oh-so-sweet dan menenangkan jiwa, Croisee.

Dari barisan anime yang sebenarnya kualitasnya gak begitu bagus atau gak masuk selera tapi kenapa sangat koplak sekali ohlol lololol dan akhirnya nonton sampai tamat, Sacred Seven alias GALAU-KNIGHT. Juga Wolverine aka kisah LOGAN SI PEJUANG CINTA yang kayak sinetron namun romantis dan di luar dugaan berakhir dengan tragis (oh tidaaaak mengapa kau tega melakukan ini sutradaraa?). Dan jangan lupakan Guilty Crown yang saya tonton hanya untuk melihat Inori.

Special mention saya tujukan buat anime nya BONES yang ngetroll karena sebenarnya premis dan konsepnya bagus tapi ternyata YOAI. Apalagi kalau bukan No. 6.

 

Untungnya masih ada anime dengan protagonist cowok yang benar-benar manly dan totally inspiring. Ya, siapalagi kalau bukan Itou Kaiji. Jika anda adalah cowok yang terpuruk oleh kejamnya dunia, menonton anime ini benar-benar akan membuat anda ingin bangkit, BANGKIT! DAN BANGKIT LAGI!! Berjuang hingga tetes darah terakhir.



Tiger and Bunny juga mendapat tempat spesial karena meskipun atmospherenya ringan (kecuali di beberapa episode), namun eksekusi dan konsepnya sangat bagus, pace nya juga enak buat ditonton, sama sekali tidak membuat bosan. Dan bicara soal action, Fate/Zero yang baru saja berakhir (season satunya) menunjukkan bahwa tidak mustahil sebuah anime tv series mempunyai kualitas SETARA dengan movie. Salute and respect to the people who work at Ufotable.

Dari line-up ecchi show, yang pertama tentu saja SUSU!! aka Qwaser season dua, meskipun kalah epic dan kualitasnya menurun jauh dibanding season satunya. Freezing! juga worth to mention karena karakter Satella onee-san nya yang membuat saya somehow bisa menonton sampai tamat, padahal plot, karakter, grafis, musik dan lain sebagainya tidak bagus-bagus amat.

Tapi Satella-neesan pun pada akhirnya harus kalah pamor di depan orang ini. Hasil kolaborasi dari salah satu franchise besar studio I.G dengan mangaka level dewa, CLAMP, biarpun pacingnya di episode-episode awal luaaambaaaaat nya minta ampun, tapi begitu memasuki WHAM episode, penonton dibikin terkejut dengan surprise yang bertubi-tubi. Blood-C.

 Ini Saya waktu di semester awal


  Ini Saya waktu semester akhir
ah, maksud saya episode bukan semester #sengaja

Lanjutan kisah ini, yang hadir dalam format layar lebar, akan tayang besok Juni tapi tentu saja hanya di bioskop-bioskop Jepang. Fans di seberang lautan harus bersabar menunggu rilis dvd atau bd nya yang entah kapan orz.

Selanjutnya, drama. Dari jajaran ini, Natsume Yuujincho season tiga sukses menguras air mata setiap nonton (dan begitupula dengan season 4 nya yang baru saja tayang). Anohana juga mempunyai charm yang sangat powerful untuk memainkan emosi penontonnya tanpa harus dipoles dengan ecchi dan fanservice. Sesuatu yang cukup langka sekarang ini.

Kalau Ano Natsu bakal seintense ini dramanya, pasti bakal saya bikin ginian juga (udah sedia template).

bonus :v

Selain itu, masih dua anime drama berkualitas lainnya, kisah karuta ninja friendzone yang bittersweet, Chihayafuru, dan drama sitkom pure tanpa embel-embel moe, yang sekarang sudah jarang sekali ada di anime, Ika Musume (season dua).


 Another honorable mention untuk anime drama, dengan bumbu fantasy dan adventure, karya sutradara favorit saya yang sayangnya jeblok di pasaran, diremehkan baik oleh kalangan fans anime maupun kritikus, tapi saya benar-benar suka, terharu dan merasa pesan yang ada di dalamnya tersampaikan dengan baik, Fractale.


Saya tidak tahu apa yang salah dengan anime ini, mungkin selera pasar, mungkin penonton ngambek karena karakter hasil akhir yang tampil di animenya beda dengan gambar di desain atau apalah. Tapi bagi saya, Fractale adalah salah satu anime yang berkesan di tahun 2011. Berkisah tentang sebuah revolusi radical untuk melawan sebuah sistem kemapanan yang diakibatkan karena manusia sudah terlalu comfort dengan teknologi, anime ini sebenarnya cukup bagus dalam menyatir kehidupan modern yang terlalu manja (termasuk saya). Dan jika anda menonton anime ini hingga selesai, anda akan mendapati benang merah yang sangat jelas antara dunia di anime ini dengan kehidupan kita saat ini. Namun apa dikata, pada akhirnya manusia tetap memilih untuk tidak kembali ke masa yang silam (anda juga kan? apakah anda mau kita hidup di jaman waktu belum ada internet? biarpun mungkin hidup ini akan menjadi lebih romantis). Dan begitulah anime ini tenggelam dan dikenang sebagai karya gagal Yamakan. Bahkan ANN pun setuju dengan hal tersebut orz.

Sementara dari anime movie, ada Redline yang menggemparkan dan spektakuler. Film yang isinya cuma balapan, ngebut dan cewek telanjang ini paling pas ditonton rame-rame seruangan bersama teman-teman cowok, sambil mengeluarkan komentar-komentar yang.. ya kalo anda cowok pasti tahu lah. Lalu Tekken: Blood Vengeance, yang biarpun cuma menang gambar tapi saya sudah menontonnya dua kali. Terakhir, tentu saja, Hoshi o Ou Kodomo alias Children Who Chase Voices From Deep Below Panjang Amat Judul Versi Inggrisnya Ya, karya sutradara favorit saya, Makoto Shinkai, yang kata beliau sendiri, jika 5 cm/s adalah cerita tentang kehilangan, maka ini adalah cerita tentang berteman dengan rasa kehilangan. Dan.. .. .. ..oh shi, I think I need some tissue. brb. ...*srooooootttt*
Oh well, lets not get depressed any further. Berikut adalah the top-tier, atau serial yang bagi saya layak menduduki tempat atas dari jajaran memorable anime of 2011. Posisi ini ditempati oleh:

Steins;Gate
(aka Gerbang Ternoda)


Membuat sebuah cerita SCIENCE FICTION yang berkualitas adalah tidak mudah. Apalagi jika target penonton anda adalah otaku yang terkenal dengan intelektualitas dan nerd level HARDCORE. Anda harus berhadapan dengan setumpuk istilah dan terminologi yang harus anda terangkan DAN aplikasikan dengan MEYAKINKAN, supaya penonton tidak merasa DIBODOHI.

Membuat sebuah cerita science fiction TENTANG TIME TRAVEL lebih tidak mudah lagi. Selain kasus di atas, anda juga dihadapkan dengan resiko "chronologic" error jika salah menenun plot. Satu plot hole yang significant dan BAM! hancurlah jalinan cerita yang anda rangkai.

Membuat sebuah cerita science fiction tentang time travel YANG ENAK UNTUK DITONTON jauh lebih tidak mudah lagi. Terlalu serius dan penonton anda akan tertidur, apalagi terlalu banyak ngomong dan pakai istilah ilmiah, penonton akan protes: emangnya ini kuliah? Di satu sisi, terlalu laid back, nyantai dan banyak komedinya, penonton juga akan merasa dipermainkan. Anda harus pandai mengatur pace, atmosfer, penempatan adegan, balancing antara thrilling moment yang mencekam, adegan koplak, adegan serius dengan dialog-dialog berat, adegan konyol dengan humor-humor super mesum yang bikin ngakak, dan adegan dramatis yang menyayat dan memeras air mata.

Dan hebatnya Steins;Gate mampu memenuhi semua ekspektasi itu. Sebuah kisah yang, tidak hanya ditulis dengan intelektualitas, penuh jargon seperti LHC, String Theory dan Kerr Blackhole, namun juga melibatkan karakter dengan pesona khas masing-masing, drama yang mengharu biru, romance kualitas atas, tapi kalo pas koplak, humor mesumnya juga luar binasa.

Steins; Gate sekali lagi membuktikan bahwa anime memang tidak bisa dipandang sebelah mata dan layak disandingkan dengan serial science fiction kelas atas.


C - The Money and Possibilty Control

Sudah bukan rahasia lagi jika salah satu yang membuat anime menarik adalah, kalo istilah saya, kemampuannya untuk melebaykan elemen X. Lomba masak bisa bikin jurinya terbang ke langit. Main gangsingan aja BISA KELUAR NAGA!! Ketika dua karakter yang DITAKDIRKAN (FYI anime suka sekali dengan kata TAKDIR) bertemu, maka adegan akan berubah menjadi slow motion, atau berputar dengan angle kamera yang estetis, music yang indah mengalun (entah dari mana), bahkan kadang sampai BULU-BULU ANGSA BETERBANGAN DARI LANGIT!! (mungkin di langit sedang ada rombongan angsa terbang dan bulunya rontok), lupakan penjelasan, yang penting ITS SO LEBAY!!

Hal yang sama juga bisa dikatakan untuk anime ini. Nah, elemen apakah yang dilebaykan oleh anime ini? sesuatu yang simple dan lumrah sekali di dunia nyata dan kehidupan sehari-hari.

CARI DUIT.

C dibuat dengan konsep untuk mendorong generasi muda supaya pemuda punya semangat kerja. Ini mungkin lahir dari kenyataan bahwa generasi muda sekarang cenderung manja, malas bekerja keras, lebih seneng menganggur dan gaje. Di anime ini, DUIT ADALAH NYAWA ANDA. GAK PUNYA DUIT? MATI!! DUIT HABIS? MATI! Ini adalah anime type battle royale, dimana karakter utama harus survive dalam pertarungan bunuh atau membunuh yang penuh dengan jargon-jargon ekonomi. Arena anda bertarung disebut dengan DISTRIK FINANSIAL. Petarungnya disebut ENTRE (kependekan dari entrepreneur) dan pertarungannya sendiri disebut dengan DEAL. Tentu saja anda tidak bertarung sendirian, anda diberi pendamping, yang penampakan wujudnya tergantung vision dari MASA DEPAN anda, yang disebut dengan ASSET. Sinergi entre dan assetnya bisa dibilang mirip dengan anime seperti digimon, pokemon, atau monster rancher. Hanya saja di sini pertarungannya benar-benar (dan literally) SERIUS BUSSINESS. Untuk menghidupi assets, anda butuh DUIT. Untuk membuat asset menyerang alias mengeluarkan jurus, anda HARUS BAYAR. PAKE DUIT. Nama-nama jurus yang dimiliki para asset, yang disebut dengan FLATIONS, juga sarat dengan istilah ekonomi seperti MERGER AND AQCUISITION. Anda juga bisa menyerang secara langsung yang disebut DIRECT dengan semacam PEDANG energy, tapi untuk mengeluarkan itu juga PAKE DUIT. Besarnya PEDANG dan serangan yang dihasilkan juga bergantung pada seberapa banyak DUIT YANG ANDA BAYAR. Saking IMBA nya eksistensi DUIT dalam anime ini sampai para fans nya lebih sering menyebut anime ini dengan ANIME WANI PIRO.


C adalah anime yang kelam karena penuh dengan tamparan realita yang menyakitkan. Anda akan dipaksa melihat banyak cerita suram yang lahir karena DUIT. Saat anda melihat yang kebanyakan duit berakhir mengenaskan, anda akan mulai berpandangan sebaiknya tidak usah punya duit ajalah kalo akhirnya jadi begitu. DAN TERNYATA SALAH. KARENA YANG KERE NASIBNYA MALAH JAUH LEBIH MENGENASKAN. Anda akan melihat orang bunuh diri karena usahanya BANGKRUT. Anda akan melihat sebuah keluarga yang harmonis bahagia sejahtera jadi HANCUR BERANTAKAN. KARENA DUIT. Dan yang paling mindscrew adalah tips bahwa ketika duit alias nyawa anda hampir habis, anda masih bisa punya opsi untuk menjual bagian atau keseluruhan dari asset anda ke public. Tapi melihat visualisasi ketika asset tokoh utama yang berwujud SEORANG GADIS DIJUAL DAN DIBELI LALU DINIKMATI BERAMAI-RAMAI oleh tangan-tangan kapitalis bisa membuat NIGHTMARE setiap kali mengingatnya.

Overall, anime ini adalah sebuah shock teraphy yang sangat manjur untuk membuka mata bahwa anda tidak bisa selamanya santai-santai saja. Dan bahwa dunia luar memang tidak manis, tapi anda juga tidak bisa terus-terusan bersembunyi. Dan yang paling penting tentu saja, UNTUK HIDUP ANDA BUTUH DUIT! Anime seperti ini tidak banyak, satu tahun bisa ada sekali saja sudah untung. Tapi ketika muncul, kesan yang ditinggalkan akan sangat membekas.


Mawaru Penguindrum
(aka Gentong Penguin Glinding, aka Sakaw Penguin)


Anime ciptaan sutradara senior yang fenomenal, Ikuhara, ini, seperti prediksi, sukses besar dan memuaskan fans pecinta anime berkualitas. Satu hal yang bisa dipastikan jika menonton karya sutradara satu ini, persiapkan kepala anda untuk PUYENG, karena beliau sangat pandai sekali membuat cerita dengan Jalinan alur dan character yang kompleks nan ruwet namun mengasikkan, visual art orgasm, hantaman plot twist yang bertubi-tubi, music yang memukau dan simbolisme. Saya berani jamin anda tetap tidak akan paham WHAT THE HELL IS GOING ON ACTUALLY bahkan sampai 1 episode sebelum episode terakhir. Tapi untungnya di eps terakhir semua pertanyaan anda akan terjawab.

 WHAT THE HELL IS GOING ON ACTUALLY?

JENG JEEEENGGG!!! ITS SINETRON! Tapi bedanya menonton sinetron tidak bikin kepala anda jadi MINDFVCK.

Saking clevernya sang director dalam memainkan elemen cerita, saya sampai bingung kalau harus menulis review singkat tentang cerita ini karena tidak tahu HARUS MULAI DARI MANA, takut spoiler. Pokoknya ada tiga orang kakak beradik, sang adik perempuan meninggal, tapi bisa hidup lagi berkat sebuah topi penguin. Sebagai balas jasa, "entah makhluk apa itu" yang ada di topi penguin itu meminta kedua kakak sang adik mencarikan barang yang disebut dengan Penguindrum. Dari sini anda akan mengikuti sebuah kisah yang sangat roller coaster dan penuh elemen tidak terduga, dan berakhir dengan impresi yang sangat rewarding, jika anda bisa bertahan menonton sampai akhir cerita.


Silau-Man
aka Star Driver


Tapi ku tak bisa lupakan
saat dirimu membuat
diriku terhinaaaaaa
 
SAKIT HAATIIKUUUUU!!!1
Remuk jantungku!!
Kena NTRRRR!!
Musnahkan cintakuuuu!
MUSNAH! MUSNAH! WOOOO!11

Yak, spotlight terakhir sekaligus yang paling memorable bagi saya untuk 2011 adalah anime ini, Star Driver, atau yang lebih akrab dikenal dengan SILAU-MAN!!! (meskipun mulai tayang sejak oktober 2010). Bagaimana tidak? dari anime ini lahir banyak sekali meme dan kutipan-kutipan IMBA. Mulai dari BAKPAO, PEDANG (dipakai lagi setelah Uraboku), SALAM CLING-CLING, BELAHLAH DADA INI KASIH!, GALAU-MAN, GELAP-MAN, PARTAI PRIA-PRIA KESEPIAN, dan tentu saja, WEDANG JAHE KALENGAN yang melegenda. Silau-Man adalah anime multiangle, anda bisa mendapatkan banyak hal tergantung dari mana anda memandangnya. Tentang seorang cowok cakep yang mempesona tapi polos dan sedikit koplak. Tentang pertarungan mecha yang maha lebae. Tentang kisah cinta yang tragis nan romantis. Tentang sakitnya di NTR. Tentang BAKPAO. Tentang darah muda darahnya para remaja. Tentang pria-pria kesepian yang main lempar BATANG. IT WAS FUN! IT WAS A BLAST!! IT WAS SILAAAAUUUUUUUUUUUUUU, MEEEEEEENNNNNN!!!!

Tapi yang terasa dari pancaran sinar anime ini adalah keberanian dan optimisme. Ya, optimisme. Cakep? Oh tentu, Silau-Man cakep. Mulai dari cewek biasa, ibu guru, ketua kelas sampai nyonya muda istri direktur perusahaan BAKPAO saja bertekuk lutut di hadapan pesona dan gombalan level 40 JUTA punya Silau-Man! Tapi yang membuat Silau-Man IMBA selain itu adalah ketulusan dan PEDENYA YANG LUAR BINASA. SILAU-MAN TIDAK BISA KALAH! BAHKAN DI FRIENDZONE SAJA DIA KEBAL!! Saya pikir jika anda tahun ini mulai merintis jalan menjadi orang hebat seperti Silau-Man, aura SILAU anda akan menarik perhatian orang-orang di sekitar anda dan mereka akan merasa SILAU, MAN!!



Memorable game 2011
Well, saya bukan seorang gamer aktif, dan konsol yang saya punyapun cuma PC (kalo bisa dihitung sebagai console) jadi tahun ini tidak banyak game yang saya mainkan. Meskipun begitu, ada 2 title yang dalam skala favorit saya, worth to mention here.

Yang pertama, Catherine.


Dibuat oleh team yang menggarap franchise kesayangan saya, Persona, di bawah bendera studio game favorit, ATLUS, game ini seakan khusus diciptakan untuk para fans Persona yang sekarang telah dewasa. Rasanya seperti mendengar ATLUS ngomong, hey, kalian yang dulu pas SMA (jaman itu belum ada kata SMU) main Persona 2 di playstation (jaman dulu playstation adalah mesin gaming yang paling canggih dan imba sugiru), sekarang kalian pasti sudah jadi orang kantoran ya? Ketika kami melempar Persona 3 ke pasaran, kalian pasti masih berstatus mahasiswa dan cerita dengan protagonist cowok smu swasta dengan geng nya anak-anak borju menyelamatkan dunia dari kiamat, dan bertarung dengan cara menembakkan pistol ke kepala sendiri dengan oh-so-stylish and that-must-be-somekind-of-symbolism, kalian mungkin masih bisa mengikutinya. Tapi ketika Persona 4 kami rilis, kalian mungkin sedang pening-peningnya menghadapi pendadaran atau malah sudah di depan setumpuk kerjaan kantor, dan mulai merasa 'ah, aku sudah terlalu tua untuk cerita dengan tokoh anak-anak SMU yang ababil' yah, meskipun kompleksitas dan thrill nya masih tetap sama dengan serial Persona lainnya. Tapi tak apalah, kami paham. Sebagai gantinya, kami telah menyiapkan game lain yang bisa membuat anda bilang "omg ini game gw banget gitu loch", sama ketika anda memainkan Persona 2 sebelum pergantian millennium dulu. Dan, BAM! Catherine pun hadir ke hadapan anda (literally).

Catherine adalah sebuah beautiful nightmare yang penuh dengan problematika cowok di akhir usia duapuluhan sampai awal tigapuluh. Bersetting di Amrik, ini adalah kisah tentang Vincent Brooks, seorang programmer berumur 32 tahun dan commitment yang harus dihadapi ketika kekasihnya, Katherine, mendesaknya untuk cepat-cepat menikah. Di tengah-tengah keGALAUan, seorang wanita lain, yang lebih cute, sexy dan wild, masuk ke tengah-tengah kehidupan Vincent. The coquettish cat introduce herself as.. Catherine. Dan petualangan asmara dengan taruhan nyawa pun dimulai.

YOU HAVE TO BELIEVE ME, OKEEE?

Masalah bertambah pelik ketika Katherine mengaku dirinya sekarang sedang mengandung anak Vincent. Vincent sendiri tidak yakin dan menganggap hal itu sebagai akal-akalan sang pacar supaya dia cepat menikah, meskipun hal itu cukup mengganggu pikirannya. Di sisi lain, pesona Catherine semakin kuat dan sulit dilepaskan. Vincent harus mengambil keputusan, yang semuanya berujung pada salah satu dari 8 macam ending yang ada di game ini.

Tentunya bukan ATLUS namanya kalau ceritanya cuma sekelas sinetron seperti di atas. Franchise bikinan ATLUS terkenal dengan kehebatan mensublim dunia nyata modern dan dunia lain. Lupakan cara-cara perdukunan kuno, di Megaten, anda bisa berdialog dengan jin dan iblis lewat bantuan teknologi. Di Catherine, anda berhadapan dengan rumor kematian misterius yang menyerang mas-mas random, yang setelah penyelidikan lebih lanjut didapat kesimpulan bahwa semua korban nya adalah cowok yang pernah selingkuh. Dan Vincent sepertinya akan menjadi salah satu dari mereka. Setiap malamnya dia dihadapkan pada mimpi buruk dimana dia berubah menjadi domba dan harus memanjat menara dengan menyusun balok-balok untuk berpijak. Tidak ada jalan keluar lain selain naik ke atas. Jatuh ke bawah, dan dia akan mati di dunia nyata. Semakin memperburuk suasana, setiap personal guilt dan beban mental Vincent akan bermetafor menjadi monster yang mengejarnya dari bawah. Ini adalah game speed puzzle yang tidak hanya membutuhkan konsentrasi, refleks dan strategi-cepat, tapi juga keberanian mental untuk stay calm and going up, di tengah tekanan psikologis yang bertubi-tubi. Terdengar seperti menghadapi masalah-masalah di kehidupan nyata, bukan?

Tentu saja, sebagai balancing dari nightmare fuel tersebut, di dunia nyata anda punya teman-teman satu circle yang asik buat hangout bareng sambil minum-minum selepas kerja. Mereka juga para cowok dengan problematika masing-masing. Ada yang baru saja cerai, ada yang sedang cinta pertama dan ada yang.. ternyata menyukai Katherine dan semakin memaksa Vincent untuk mengambil keputusan. Anda juga bisa berjalan-jalan di bar tempat anda hangout dan berkomunikasi sambil mengumpulkan info dari para penduduk lokal yang ada di situ.

Overall, jika anda memainkan Catherine sebagai sebuah game, Catherine sebenarnya tidak bisa dibilang satisfying. Basically its just a puzzle game, dengan stage yang sedikit variatif tiap levelnya dan tingkat kesusahan yang LUAR BINASA. Lokasi dunia nyatanya juga cuma terbatas di bar Stray Sheep saja. TAPI, jika anda memainkan game ini seperti sebuah film interaktif yang membuat anda ter-absorb dalam dunia Catherine, experience yang anda dapat akan jauh lebih terasa daripada main game bunuh-bunuh monster dan menang. Setidaknya buat saya begitu.


Game kedua yang worth to mention mewakili tahun 2011 bagi saya, adalah Bastion.



Bastion adalah game indie karya Supergiant Games. Dan sebagaimana barang-barang indie umumnya, pada awalnya game ini tidak terdengar gaungnya, namun kualitasnya yang outstanding membuat Bastion semakin dikenal dan populer dan akhirnya menyabet banyak sekali award dan penghargaan.


Secara teknis, Bastion adalah game 2D action adventure, dimana anda berpetualang mencari objective sambil membunuh musuh yang menghadang sepanjang jalan dengan senjata yang makin lama semakin bervariasi. Story-wise, game ini bercerita tentang tokoh utama tak bernama, yang dipanggil Kid (meskipun ada hint tentang namanya. namun tidak pernah diekspos), yang merupakan satu dari sangat sedikit manusia yang selamat dari calamity yang menghancurkan kota. Tidak ada yang tahu apa, kapan, mengapa dan bagaimana kehancuran itu terjadi, satu-satunya yang jelas, Kid harus mengikuti petunjuk pak tua Rucks untuk mencari kristal-kristal yang tersebar di segala penjuru, demi merestorasi the Bastion, yang dipercaya dapat memutar keadaan dan mencegah kehancuran untuk datang. Namun, seiring dengan perjalanan anda, anda akan disodori banyak fakta yang membuat anda bertanya-tanya, pihak manakah yang benar, dan di akhir perjalanan, keputusan yang anda ambil bisa saja berbeda dengan yang anda bayangkan di awal cerita.


Supergiant games, pembuat game ini punya motto menciptakan game yang bakal bikin anda ingat senangnya main game waktu anda masih kecil. Dan memang begitulah kenyataannya. Bastion memiliki gameplay yang simple, namun addictive, karena meskipun terbilang relatif mudah, namun banyaknya opsi senjata, skill, item dan upgrade membuat anda akan terus mengulang demi melengkapi atau menaikkan kemampuan senjata. Jika anda suka tantangan atau termasuk gamer non casual, anda bisa mengubah sendiri tingkat kesulitan game ini sesuka anda dengan cara yang unik. Anda bisa memainkannya dengan mouse dan keyboard, namun jika anda menggunakan joypad, sensasi old school yang anda dapat dari bermain game ini akan membuat anda tersenyum nostalgic. Tema perjalanan Kid di game ini sendiri bisa dibilang penuh dengan tema nostalgia. Anda berjalan menyusuri dunia post-calamity, dengan efek visual yang menawan, dimana setiap bagian yang anda lewati bagaikan disusun dan dirakit ulang menjadi keadaan sebelum catastrophe terjadi, diiringi soundtrack yang keren (lagu ending game ini meraih award sebagai lagu game terbaik 2011) dan, elemen yang paling mempesona dari game ini; NARATORNYA.

Logan Cunningham mungkin adalah pendatang baru dalam dunia game, namun prestasinya menyuarakan sang narator dalam game ini tidak cukup jika hanya diacungi dua jempol. Setiap langkah anda dalam game ini, suara sang narator akan menemani anda, bercerita, berkomentar, menyemangati, membanyol dengan humor yang pahit, dan membuat perjalanan anda semakin terasa EPIC. Sang narrator akan menarasikan apa yang anda alami dan lakukan sebagai the last warrior, serigala terakhir, the final and only hope! Jika Logan Cunningham membuat CD motivasi seperti Mario Teguh, saya yakin para nerd dan otaku akan menyerbunya seperti ABG membeli tiket boyband. "GET UP.. GET UP, KID. I SAID GET UP!!!" mendengarkan suara narrator di bagian ini setiap kali anda sedang down dapat membuat MANLYTEARS. Sedemikian hebatnya sang narator ini sampai ada fans Bastion yang merequest Logan untuk menarasikan acara pernikahannya. Dan Logan pun tidak keberatan. Saya pikir ini juga salah satu kehebatan lain studio game indie. Mereka begitu dekat dan akrab dengan fans.


Memorable music 2011

Jika harus me-list semua musik yang bagus selama tahun 2011, mungkin postingan ini bisa jadi dua kali lipat lebih panjang. Yang terlintas di pikiran saat ini adalah Triple-H yang membawakan lagu-lagu ending Penguindrum dan Collection Blue nya Aoi Teshima, tapi itupun karena dua album tadi dirilis bulan Desember kemarin. Jika harus mendaftar dari bulan Januari, niscaya akan lebih banyak lagi album dan single yang masuk, seperti kumpulan insert song lagu perang pengobar semangat nya Silau-Man. Namun spotlight bagian ini akan saya berikan pada salah satu komposer favorit saya, Supercell, yang tahun lalu merilis album keduanya yang sangat amazing, Today is a Beautiful Day, yang semua tracknya dinyanyikan oleh mbak Yanaginagi.


Today is a Beautiful Day adalah sebuah album yang dikonsep dengan apik seperti sebuah diary dari suatu periode waktu. Dibuka dengan sebuah track sederhana sepanjang 2 menit yang lebih seperti ucapan berirama diiringi dentingan piano, suara lembut mbak Nagi mengalun bagaikan menghipnotis anda: if there is a time you feel you cannot bear it anymore, stop walking and lend your ear to someone.You remember this memory right? Come, close your eyes...

Lalu satu demi satu lagu mengalir bagaikan kilasan balik dari kenangan yang pernah anda lewati. Happy times, sad times, sweet times, bitter times, tidak ada satu lagupun yang tidak nyambung. Musically wise, saya bilang aransemen Supercell mengingatkan saya dengan lagu-lagu band pensi, dengan vokalis cewek. Setiap kali mendengar lagu di album ini rasanya seperti di sebuah acara band-band-an jaman sekolah. Dan memang cocok sekali dengan tema dan lirik lagu-lagunya. Beda jauh lah pokoknya dengan band jaman sekarang yang genjreng-genjreng dan menye-menye (apalagi lagu idol). Album ini diakhiri dengan track penutup 2 menitan seperti halnya track pembuka, dengan isi sedikit curhatan dari "aku" di masa lalu serta pertanyaan semi-retoris untuk "aku" di masa sekarang. Jika anda memahami lirik dari pembuka hingga penutup album ini, di akhir track anda pasti akan tersenyum, entah itu senang, pahit, bahagia, sedih, getir, menyesal, result maybe varied, yang jelas album yang dikonsep seperti time capsule ini benar-benar sebuah memorabilia yang pas untuk didengar jika anda ingin berkunjung sebentar ke masa lalu anda.

Menjelang akhir tahun, Supercell merilis dua buah single, masing-masing untuk track OP dan ED anime Guilty Crown. Openingnya menurut saya cukup bagus, namun tidak begitu spesial. Di sisi lain, endingnya, wow, just.. wow. Pertama kali saya mendengarkan versi pendeknya, ada sebuah luapan emosional yang mengalir tak terbendung di setiap baitnya. It just.. bursting out. It made me speechless like an idiot. Mungkin sama dengan waktu saya pertama denger Lost My Music nya Suzumiya Haruhi, tapi ini lebih.. elegan. Not that I mean that Lost My Music is bad, cuma beda. Lost My Music adalah lagu band anak sekolahan, sementara Departure, saya membayangkan sang vocalist menyanyi di sebuah cafe, dengan Ryo bermain piano di belakangnya. Biarpun secara lyric, Departures ~Anata ni Okuru Ai no Uta~ is basically about someone getting dumped dan patah hati, tapi tidak terasa cengeng, juga tidak terasa sok kuat, its just.. a pure confession. And thats what makes this song special.


And thats all, folks. And now, time for some wishlist

Number one. Umineko S2 anime

YEEEEEEEEEAAAAAHHHHHH ...entah kapan dibikinnya. LOL. Tapi mengingat progress expansion so far, dengan game PS3, PSP, Hane, Ougon CROSS dan Tsubasa, sepertinya masih ada harapan untuk season dua anime. Meskipun studio yang bikin bakal terkena beban mental dan harus brainstorming lv 99 bagaimana menganimasikan adegan adegan epic yang lebae di novelnya.

Number two. When they cry 5?

AWW YEAAAAAHHHHH... dan entah kapan dibikinnya juga. But hear, hear, ketika chronotrig dan klashikari mendapat kesempatan untuk bertemu langsung dengan sang creator himself yang membuat para fans naku koro ni series JELLY LV 40 JUTA, beliau mengatakan jika Higanbana hanyalah sebuah proyek melepas lelah dan setelah Higanbana selesai tahun lalu (yes, pak guru R-07 said that Higanbana only contains 2 episodes), beliau akan kembali membuat serial baru. Moshikashite... could it be.. KYAAAAAAAAAAAA~~~ Still, nothing is confirmed so far, so lets just wait and pray for miracle with finger crossed.

Number three. The Tamat of Suzumiya Haruhi.

Diantara serial influential yang saya ikuti, cuma ini saja yang belum selesai karena progressnya yang berjalan secepat mobil saat mudik lebaran. Bisa dimaklumi sih karena Haruhi penuh dengan permainan plot dan dekonstruksi yang gila. Saking gila nya sampai penulisnya sendiri bingung gimana nih nyelesaiin kasus yang saya bikin sendiri? Pertama baca kalimat itu fans pada ngakak lolol kok bisa sih lolol tapi beberapa detik kemudian mereka tersadar dan OH SHI- terus gimana kelanjutan cerita ini? JENG JENG sfx sinetron. Well, kalaupun tidak tamat tahun ini saya harap sih rilisnya jadi lebih teratur dan lebih cepat. Dan semakin menuju ke titik terang konklusi cerita.

Number four. Moar awesome animu.

Tanpa anime, hidup saya akan terasa hambar. Tapi kalo anime yang ada kualitasnya buruk semua, efeknya lebih parah. Meskipun tidak bisa dipungkiri jika selera pasar yang sekarang mengacu pada moe-moe mengakibatkan anime yang tidak cuma menjual eksploitasi fanservice dan waifu untuk para otaku forever alone berkurang signifikan, tapi setidaknya jika tiap satu season masih ada anime type kesukaan saya 2 atau 3 judul, its more than enough. Dan soal movie, tentu saja yang paling saya looking forward tahun depan, Diari Seorang Pilot nya Madhouse dan Dari Atas Bukit Bunga Poppy nya Ghibli yang DVD dan BD nya rilis tahun ini. IYEEYY! Dan meskipun mungkin harus menunggu tahun depan, tapi cukup dengan melihat review positif soal movie Ghibli tahun ini (yang katanya tentang Kaguya-hime? KYAAAA~!) dan karya terbaru Mamoru Hosoda, Okami Kodomo, sudah cukup membuat saya histeris seperti anak sma nonton konser semesh.
Trivia: jika anda mengetik "anak sma" di google image search maka result yang keluar akan JAUUUH LEBIH BERBEDA dengan jika anda mengetik "high school student". Coba saja.

11 comments:

Zetsudou Sougi said...

damn
lagi2 postingan berkualitas
klo saya dah ga sanggup nulis sepanjang ini orz

Neohybrid_kai said...

Sebenarnya beberapa pic udah pernah diupload di fb, saya ngetik ini pas tahun baru sambil browsing2 album foto dari awal 2011

Fallendevil said...

If there's a will there's a way

A man cannot gain anything without sacrifice something first.

Law of Equivalent Exchange


(y) I like this kind of quality post, but where's the other commenter :v

Neohybrid_kai said...

Indeed, sementara postingan ini sepi komen dan view, post ending GUILTY CRO** telah menembus lebih dari 1K hits hanya dalam waktu 3 hari.

Oh well, doesn't matter, I like writing it anyway :9

minoru said...

This post screams "quality!" :v

Deskripsi ANIME WANI PIROnya benar2 ngena, saya bisa melihat anime ini dari sudut pandang yang anda sebutkan dan ternyata lebih bagus dari yang saya kira sebelumnya

...tahun ini saya berpikir untuk merintis jalan menjadi seperti Silau-Man...

Anonymous said...

tiap baca tulisan .....KARENA DUIT, kok aq jadi berdendang ya

dan mungkin saya termasuk golongan orang2 yg santai di C karena menganggap remeh uang gak terlalu dibutuhkan, kemudian tewas dengan suksesnya padahal baru mo mulai masuk arena

yuji said...

sasuga om, angkat topi buat anda, postingan yang keren seperti biasa!

dan saya paling setuju di bagian fractale
sayang karya yang sebagus itu kurang diapresiasi :(

Neohybrid_kai said...

wow, ada fans Fractale juga ternyata
ahaha, setuju! *toss*

Kencana said...

Saya suka Fate/Zero! Itu anime keren abis. Saber keren abis pakai suit.
Tiger and Bunny konsepnya unik. Baru kali ini saya lihat hero dibayar dan aksinya disiarkan di TV.
Star Driver: Saya suka Takuto dan Kanako.

lav said...

ack...
nosebleeding.... hahah g ada hubungannya

Zecchan said...

Wow, baru sadar kalo Today is a Beautiful Day itu beruntun!
Emang dari awal menikmati secara individu udah...
Wow...
Tapi ga nyangka ada "sesuatu" dibaliknya.
Anyway, nice article :P

Post a Comment

 
Ikemasen, Ojou-sama! © 2006-2014 DheTemplate.com. Supported by Toko Anime