Sunday, January 15, 2012

Glimpsing tru winter! Review dan impresi awal anime musim dingin 2012

9 comments

Selamat datang. Seperti yang sudah tradisi (kenapa jadi terdengar seperti iklan roti jaman dulu?) dilakukan, setiap memasuki musim baru, saya akan menulis impresi awal dari anime-anime baru yang sudah tayang. Anda bisa membaca post setema dengan mengklik label season greeting pada tab yang ada di samping. But before that, here's a proof that bahkan plot se lame apapun masih bisa ditolerir haya dengan satu adegan.


FAAP! FAP! FAP! FAP! FAAPP!!!!

Oh.. right, the pic.


Seperti yang anda lihat, persebaran season ini persebaran di musim ini masih sama seperti musim lainnya, dengan konsentrasi terbanyak berada pada hari kamis, sehingga anda bisa menontonnya saat weekend jumat malam (ramalan cuaca style). Sedangkan Selasa sampai kamis cukup minim jadi anda bisa berkonsentrasi pada kesibukan anda (kalau anda bukan NEET). Sayang dua drama kelas atas season ini slotnya ditaruh pada selasa dini hari, padahal saya paling suka nonton drama di akhir minggu (dan gak bisa nahan untuk tidak menonton dulu sampai weekend tiba). Another note, dari season sebelumnya, masih ada tiga judul yang saya ikuti; Marai Nikkah, Karuta Ninja Friendzone, dan P4. And that means this season will be a busy one.

But enough for the introductory paragraph, lets begin. Randomly selected lalu diurutkan berdasar genre


Milky Homeless aka Detektif Rumah SUSU second season

ITS SABUN TIME!!

Meneruskan kejayaan franchise detektif loli Milky Holmess, season kedua anime ini kembali hadir untuk memuaskan kebutuhan anda akan.. loli? actually, not quite. Seperti kata Gecd, kekuatan terbesar anime ini adalah pada humornya yang brutal. Salah besar jika anda langsung berprejudice kalau ini adalah anime loli moe seperti halnya ratusan judul yang beredar di luar. Mungkin beberapa ada yang menonton untuk itu, dan tidak bisa dibantah juga kalau beberapa humornya memang perverted (it can't be helped, considering ukuran BAKPAO nya Henriette-sama mungkin memang dibikin supaya bisa jadi running gag), tapi charm anime ini ada pada genuine slapstick comedy nya. Anda akan melihat orang-orang bertingkah koplak, yang berujung pada hal yang lebih koplak lagi. Kalau saya analogikan, menonton Milky Homeless bagi saya lebih seperti nonton film kartun amrik classic seperti Looney Tunes atau Tom and Jerry. Anda cukup nonton tanpa mikir dan ngakak along the ride. Tanpa harus memikirkan jika tokoh-tokohnya adalah moe dan bisa dijadikan obyek fanboying. I dont have any interest in that. Saya cuma ingin melihat cerita di mana semua orang bertingkah idiot dan berakhir dengan banyak ledakan. Common people may misunderstood and think that this is one of that anime for sick lolicon pedobear, but really, you can enjoy it without having to like lolis.

Dan bicara tentang comedy, musim ini nampaknya para detektif loli di atas harus menghadapi saingan berat, karena serial ini tampaknya bakal menggeser posisi mereka di ranking teratas comedy anime musim ini.

Partai Pria-Pria Kesepian: The Prequel
atau lebih dikenal dengan Danshi Koukousei no Nichijou aka Daily Lives of High School Boys

Wedang Jahe Kalengan ternyata sudah ada lebih lama dari yang anda bayangkan.

Kebanyakan anime dengan genre slice of life drama atau slice of life comedy selalu memakai cewek sebagai karakternya. Personality karakternya pun dibuat dengan mindset preferensi otaku yang tentu saja tidak realistis. Tapi itu bisa dimaklumi, karena untuk merekalah tujuan dibuat dan target pasarnya. Dan fungsi anime tersebut memang untuk taking a break from stressful reality (entah cuma break sebentar atau tenggelam dalam ilusi selama-lamanya).

Season kemarin juga sempat ada Kimi to Boku, tapi kesannya malah seperti story about a girly boys in a girly circle. But THIS! THIS ONE!! is really what a boys' circle actually looks like. Sejauh ini saya tidak menemukan hal yang kontradiktif dalam anime ini dengan circle cowok SMA. Nonton anime ini saya jadi inget dengan jaman-jaman sekolah dan majalah Hai yang dulu sering dibaca bareng temen satu circle. Bwahaha. Oh man.. can I insert Logan Cunningham voice in this paragraph? right, here it is.. "those were the days.."

Circle of wolves (atau buaya, tergantung anda suka yang mana) has a highly relevant interest regarding the topics below:
- Cewek
DAN BUKAN 2D! Jika cewek yang diobrolin lebih banyak berkisar antara cewek 2D atau idol, berarti itu adalah circle otaku atau wota.
- TROLL
Semakin tinggi level commu, semakin banyak aksi trolling yang dilakukan. Tentu saja troll di sini adalah troll for fun dan tau sikon. Tidak seperti cewek yang lemah terhadap pujian dan sensi terhadap komentar, cowok cukup resistant dengan trolling. Di kantor saya bahkan kalau sudah mulai berani mengejek teman kerja berarti level commu nya sudah cukup akrab.
- Eewww
Gross and perverted stuff ftw! benar, karena bukan para ojou-sama yang elegan dan imagenya bakal rusak kalau ngomongin dirty and obscene things, this is also one of the privilege of boys' circle.

Tentu saja beberapa cowok ada yang alim atau naif enough untuk tidak melakukan hal di atas, but believe me, kalau sedang jalan atau hangout barang satu circle, pasti jadi ikut kebawa.

Semua hal di atas bisa ditemukan dalam anime ini. Ini adalah kehidupan SMU anda yang seharusnya jika anda cowok, bukan lifestyle seperti yang dimiliki The Capturing God di Dunia Yang Cuma Ia Tahu, that's wrong. Anda boleh melakukan itu nanti kalau sudah zetsubou banget, have no work, and no life, dan akhirnya menikah dengan karakter dari game love sims.

jangan.. jangan sentuh BAKPAOKU!

Overall, this anime is truthful. And you can still enjoy this, no matter what age are you now; because boys.. will always be boys. Fangirls, you may want to check this out if you want to leave your yoai bishie reverse harem and have a good, nice reality slap.

Another comedy series yang hadir di season ini adalah anime tentang orang-orang yang kungkum aka Thermae Romae dan Kakak-Adik yang tertukar tapi bukan sinetron aka Recorder dan Ransel. Keduanya adalah anime dengan durasi singkat yang bisa anda tonton untuk hiburan di sela-sela kesibukan.

the dvd version will show FULL BODY + UNCENSORED

Thermae Romae, awalnya saya sangsi apakah bisa menikmati humor anime ini, karena premisnya berkaitan erat dengan kultur orang jepang dan tempat pemandian umum mereka. Tapi ternyata eksekusi temanya lucu juga. Pada dasarnya yang bikin lucu anime ini menurut saya ada pada dua hal; monolog si orang Roma dan kesalahpahaman. Jadi mungkin dengan resep serupa anda bisa bikin cerita yang sama lucunya, dengan tema berbeda. Saya jadi ingat joke yang dulu diceritakan oleh nenek saya tentang orang belanda. Alkisah ada orang belanda yang makan onde-onde. Ketika melihat onde-onde, dia heran dan kagum, mungkinkah wijen yang ada di onde-onde ini ditempelkan satu persatu? kalau iya berarti orang indonesia yang bikin onde-onde pasti sangat telaten (rajin) sekali! Hahaha, yah terlepas dari joke nya yang mungkin terdengar lame di telinga anda, but I hope you get my point.

LOOK AT MINE! ITS SO BIG IT WILL NOT FIT!!!

Recorder and Randoseru, anime ini juga awalnya saya cukup skeptis karena premisnya yang bagi saya terlalu maksa. Kakak beradik, sang kakak, 17 tahun, tinggi 137cm. Sang adik, 11 tahun, tinggi 180 cm. Terdenger seperti lolicon bait, tapi eps perdananya sukses bikin saya ngakak. Sayang episode 2 humornya tidak seimba eps 1, tapi karena durasinya yang singkat jadi tidak masalah, saya rasa.

Almost forget, another short anime yang cukup lucu juga.

Apakah itu kucing? Apakah itu BAKPAO? Itu adalah.. KUCING BAKPAO!!!

Jika anda suka kucing, anda pasti akan menyukai anime ini. Meskipun bentuk kucingnya IMPOSSIBRU, tapi humornya khas bagi para pecinta kucing. Setelah ada kucing vampire, kucing cyborg dan kucing BAKPAO, I wonder what kind of kucing japan will turn into anime next.

Dari komedi kita pindah ke genre fave saya, drama. Ada dua judul besar di sini.

Yang pertama adalah KOLABORASI DEWA J.C STAFF. Ano Natsu de Matteru atau "Kan ku tunggu di musim panas itu". Anime ini digarap oleh gabungan team yang berada di balik judul-judul drama IMBA; Onegai Series, Toradora dan Ano Hana. Dengan staff selevel itu tidak berlebihan rasanya jika saya mengharapkan kualitas yang IMBA SUGIRU.


Tidak banyak yang terjadi di episode satu, kecuali anda mungkin sudah mulai menebak kalau sang gadis adalah alien dan si cowok karater utama mungkin memang sudah mati di awal episode. Elemen fantasi cerita ini mungkin agak kontras karena kita bicara soal drama J.C staff yang umumnya membumi alias down to earth (sambil diiringi BGM AKUSTIKAN JC STAFF), but for the time being I'll give the benefit of the doubt. Toh ini bukan pertama kalinya elemen fantasy ada di drama bikinan J.C.


Konflik juga masih standar di episode ini, bahkan rasa fanservice nya masih lebih mendominasi kalau saya bilang tapi saya merasa ke belakangnya bakal makin rame (I DEMAND ADEGAN ARMOR PIERCING SLAP! or even better, brutal fight ala Toradora). Dan satu lagi yang membuat anime ini bakal epic win: TIDAK ADA FACEBOOK. Because technology ruins romance.


Yang kedua, mungkin beberapa diantara anda tidak mengikuti, tapi ini adalah serial favorit saya sejak dari season pertamanya;  

Natsume Yuujinchou season empat.

Pada awalnya kisah-kisah dalam Natsume berputar di sekitar tema "kisah tragis pasangan beda dunia". Tentang makna hubungan. Tentang kedekatan. Tentang ikatan atau attachment. Lalu diakhiri dengan kenyataan pahit bahwa manusia dan youkai tidak akan bisa bersatu meskipun saling mencintai, dan BAAWWWW.. penonton nangis satu ember. Namun tema relationship ini makin lama semakin meluas. Persahabatan. Partnership. Rasa saling percaya. Bahkan di season ke-4 ini, kasus yang dibahas sudah bukan masalah perseorangan, namun sudah ke level society.


Di season ini, setidaknya di kasus awal, kita sudah dihadapkan dengan group youkai melawan group manusia. Dan seperti biasa, anda tidak akan bisa menjudge yang mana pihak yang benar, karena diantara para youkai, tidak semuanya jahat; dan diantara para manusia, tidak semuanya orang baik. Pihak manusia sendiri tidak bisa diremehkan karena punya spell caster yang imba. Selanjutnya bisa ditebak, Natsume terjebak dilema diantara memilih melawan manusia atau bergabung dengan mahluk yang berbeda dengan dirinya.

Sejak dari awal menonton anime ini, saya selalu kepikiran jika dua pihak yang berseberangan di anime ini, youkai dan manusia, bisa dibilang seperti dua kalangan dalam society; mainstream dan nonmainstream. Atau supaya lebih terasa dekat dengan pembaca, mainstream dan otaku.



Tidak semua orang mainstream (manusia) membenci atau takut pada otaku (youkai). Sebagian besar diantara mereka tidak bisa melihat, atau tidak peduli. Tapi ada juga yang tidak hanya membenci, namun ingin memusnahkan, atau di serial ini, menguasai dan mengendalikan youkai.



Natsume sebagai manusia yang bisa berkomunikasi dengan youkai, dan selama petualangannya mengembalikan nama, perlahan dia memahami bahwa mereka tidak semuanya jahat. Beberapa memiliki perasaan yang sama seperti manusia. Beberapa diantaranya bahkan punya kisah sendiri-sendiri dengan manusia.

Namun di sisi lain, otaku (youkai) sendiri bermacam-macam, sama halnya dengan manusia. Ada juga youkai yang memang menyukai kekacauan. Meskipun sebagian besar, sama seperti otaku, tidak akan mulai bikin masalah kecuali jika ada yang memulai. Kompleksnya karakter dari masing-masing kubu inilah yang membuat Natsume menarik buat diikuti.


Orang ini memang sangat keji. Namun melihat kepiawaian sang mangaka Midorikawa Yuki (beliau salah satu mangaka fave saya), saya sangsi kalau orang ini bertindak tanpa alasan. Saya harap dia punya motivasi atau backstory sendiri yang akan memutar balikkan pandangan penonton pada saatnya nanti (Severus Snape, anyone?). Oh dan satu lagi, ED songnya, biarpun tidak dibawakan oleh "orang itu" yang biasanya ngisi lagu ED, tapi tetep baaguuuuusss ;A;


Kira-kira seperti inilah ilustrasinya antara youkai (otaku) dan manusia yang bisa spell casting (penguasa) kalau tiba-tiba ada UU anti pornografi 2D.


Beranjak ke genre lain, yang juga melibatkan dunia lain, namun lebih suram dan bikin jantungan, season ini kita punya anime horror yang cukup bagus, Another.


Enaknya nonton anime horror, level jantungannya masih relatif rendah daripada film horror live action atau game. Jadi saya masih bisa menikmati. FYI saya benar-benar anti film horror, but that doesn't mean I'm afraid of ghost IRL. But back to topic, untuk sebuah anime horror, atmosfer anime ini cukup berkualitas, mood dan tension buildingnya bagus, penempatan adegannya juga cukup bikin deg-degan dan ceritanya juga bikin penasaran. Mungkin cuma kualitas sfx nya saja yang kurang mantep, tapi overall eps 1 nya sudah cukup bagus.

BADALA! SETANE METU!

Desain karakternya memang cukup bishoujo, tapi masih dalam level bisa ditolerir. Dan menurut teman saya yang sudah baca manganya, plotnya bagus dan semakin ke belakang, intensitas horornya akan semakin membuat tegang (bukan TEGANG), ditambah OP song by Ali Project dan lagu ED yang cukup mendayoe-dayoe, saya merekomendasikan anime ini jika anda butuh tontonan malem-malem, dengan headphone terpasang dan lampu kamar dimatikan.


Masih sedikit thrilling dan berhubungan dengan "mahluk gaib", namun hanya sesekali seremnya, selebihnya LOLWUT WTF OMGBBQ?! Yap, apalagi kalau bukan serial yang sudah dinanti-nanti para otaku, Nisemonogatari, atau KisaHalusinasi.


Melanjutkan Bakemonogatari aka KisaHantu yang berakhir dengan sangat IMBAAA SUGIRUUU, Nisemono bisa dibilang seperti  ulangan di awal semester untuk membuat otak merecall semua ingatan yang telah terkubur akibat libur panjang, sebelum akhirnya berhadapan dengan ujian akhir semester yang bernama Kizumonogatari. Semuanya masih seperti di musim panas 2009, verbal sparring itu, romantic abuse itu, fascination itu, angle-angle kamera tidak standar itu, semua charm khas dari anime ini masih tetap membius. Meskipun sudah tidak bisa lagi ngebut ke warnet dewa untuk download raw lalu menguploadnya secepat kilat dan mempostnya di thread Bakemonogatari IDWS, tapi saya masih tetap menonton anime ini dengan excitement yang sama.

Ngomong-ngomong, efek paling imba dari episode ini adalah saya jadi pengen beli plushie Araragi biar lengkap jadi sepasang orz (dan masih ada satu lagi benernya, tapi akan saya umumkan nanti jika sudah benar-benar terealisasi)


Well I guess thats all for the anime that I'll be keeping my eyes on. Masih ada beberapa judul yang belum tereview, dan itu berarti saya tidak berminat, seperti sekolah cup D kuadrat (which looks like a standard ecchi show), Bajak laut angkasa yang belum seberapa dibanding Sara, Kill meh beibeh (loli show), dan Nymphogear (sorry people, I guess I just wasnt into mech and idols, moreover there's already Aquaria wich occupied my mecha slot). However, ada 2 judul yang saya rasa butuh beberapa kalimat tambahan.

Zero no Tsukaima F for finale

In the beginning, this shows is pretty interesting and it hooked me on SO MUCH. Dengan setting sebuah school of wizardry ala Harry Potter, seorang sorceress berelemen void yang berulangkali fail dalam sorcery nya mensummon cowok yang sama fail nya dalam sebuah ritual summoning familiar. Dan begitulah riwayat si cowok yang malang itu akhirnya berakhir sebagai familiar alias pet sang sorceress yang ternyata seorang closet S&M mistress. Tapi karena sama-sama fail, mereka akhirnya jadi partner yang saling melengkapi, and not to mention si cowok ternyata memang ada bakat latent jadi uke, maka makin klop lah mereka. Dan setelah sang cowok mendapat PEDANG yang imba sugiru (dan bisa ngomong!), pasangan underdog itupun MENGGUNCANG DUNIA (setidaknya dunia maya, karena referensi S&M di anime ini kadang cukup eksplisit sampai sempat jadi fenomena).


Itu semua terjadi di season pertama yang tayang 2006 lalu. Konsep yang bagus, bukan? sayangnya pengaruh moe semakin menguat di cerita ini. Mulai dari teman sekampus mistressnya, lalu sang ratu, lalu pelayannya, lama-lama formulanya berubah jadi tambahkan satu karakter cewek baru, dengan BAKPAO lebih besar dari karakter baru sebelumnya, dan karena satu dan lain hal jatuh hati pada hero, dan seterusnya sampai jadi harem anime. Sure the relationship progress, and this series also has its serious moment yang imba, tapi untuk saat ini saya sedang tidak berminat. Mungkin akan saya tonton lagi menjelang eps terakhir untuk memuaskan rasa penasaran seperti apa endingnya (which I doubt will have a surprise).

Inu X Boku Secret Service 
aka LAYANAN RAHASIA ANJING GUE

Saat membaca premis awalnya, sepertinya ini type anime yang bakal saya ikutin. I mean, ojou-sama! buttler! I shall watch this or my blog name is not ikemasen, OJOU-SAMA! But then, trailer dan character sheet nya keluar and I was, like, ..okay. Sepertinya bakal lebih ke moe, dan dengan desain tokoh ojou-sama type standar loli pettan long hair tsundere, saya bisa menduga kalau si ojou ini pasti bakal lebih ke type angst ridden apathetic tsundere loli seperti Alice nya Kamimemo. And then comes her butler, or guardian, or whatevs, and he's, like, soo bishiieee. Ok, I dont mind with that.. but, wait, why are there fantastic and magical creature all over the place? so this is not somekind like Mei-chan no Shitsuji?


Lalu episode perdana nya keluar dan saya nonton selama beberapa menit.. and then I gave up. Ugh, its like totally opposite with the ideal butler and ojou-sama pairing yang saya dambakan. First, the ojou. Whiny and weak. Well, soal whiny memang itu part of the charm (this wont make me satisfied desu wa~) but that apathetic tsundere, ugh.. I've enough of that. Also, she doesn't have boobs! :v lol. Ok, actually that one is not an important point. Intinya, this ojou-sama has no quality that I see enough to make me want to sacrifice my life for. She.. lack of wll power. Yea, I think that. And also a skill. And dignity that ojou character should have. I'd rather have semi-annoying ojou like Renge (ouran host club) or Saya (shugo chara), at least they have more expression and hilarious to hang with.


And the butler. Ueerghhhh.. he's not human. ..well, he IS. But my point is that that person is too totally devoted, even a furniture like Kanon (umineko) or Hiiragi (natsume) is still have his own desire. Usually in this kind of story I can picture myself in the butler's character, but in this case, I can't. And he doesn't have sense of humor! Even worse, he's CRYING. UEEGHHHH! everyone know a bishie is better to have some koplak moment. But this person is designed like to be a perfect servant. Well, what can you say? he's LITERALLY A DOG!

This series should be a good material for Yami ni Ugomeku doujin though, because it would matched so well. Serve your ojou-sama like a good doggie you are. Yeah, I'm bashing this title too harsh, trololol. Really, the entire eps 1 looks like an adaptation from otome game. Meh, I'm outta here. The pairing doesn't catch my attention. Here, let me show you a better example of awesome butler and ojou-sama pairing.


And that's all for the review, masih ada Aquarion tapi saya putuskan untuk tidak ikut post ini karena biar cepet terpublish dan bisa jadi bacaan di malam minggu, lagipula saya juga belum pasti apakah akan direview panjang atau ikut di glimpsing kedua bersama anime winter lain yang belum tayang.

9 comments:

Zetsudou Sougi said...

hmmm
semakin lama saya semakin paham karakteristik ideal anda untuk chara ojou-sama

Neohybrid_kai said...

ahaha, begitukah? well, more or less gabungan antara ojou, iinchou dan himekishi sih

Roach said...

lol Sara, anime space pirates terbaik sepanjang masa

minoru said...

Haha saya masih ingat postingan epic "dua puluh menit bersama nona kepiting", sejak baca itu saya jadi pembaca tetap blog ini :D

rmat2004 said...

menanti review:
-Symphogear
-Lagrage
-Aquarion Evol

versi ikemasen!

Fallendevil said...

dafuq.., Saya juga inget postingan bakemonogatari yang mindfuck back then...

yuji said...

wedang jahe kalengan sudah ada lebih lama lagi kok

http://1.bp.blogspot.com/-b3xbYnSctEc/TxeyutPcfSI/AAAAAAAAAE0/94pi_mHOzi4/s1600/03.mp4_snapshot_19.45_%255B2012.01.18_22.37.34%255D.jpg

*saya gak bisa ngedit

Kencana said...

Soal Inu x Boku:
Saya baca manganya dan cukup suka. Saya lebih menyukai karakter sampingannya kayak Nobara (si cewek lesbi), Karuta (cewek aneh yg suka makan) dan Watanuki.

Neohybrid_kai said...

yuji: lol, iya itu juga

kencana: whoa, kalau saya tidak salah orang, anda pengunjung lama blog ini ya? nice to see your comment again. InuXboku memang cuma soal preferensi saja

Post a Comment

 
Ikemasen, Ojou-sama! © 2006-2014 DheTemplate.com. Supported by Toko Anime