Thursday, December 8, 2011

Just another souvenir from 2003

3 comments
Well, sepertinya ini adalah yet another nostalgia post. Berawal dari picture yang diupload salah satu member The Otaku Network, saya jadi teringat dengan manga yang menjadi sauce gambar tersebut. Sebuah cinderamata dari jaman sebelum pergantian milenium, yang juga merupakan salah satu artifact awal yang saya punya saat pertama melangkah menuju dunia di balik gerbang nonmainstream.


Short Cuts adalah manga 2 volume hasil karya salah satu mangaka favorit saya hingga sekarang, Usamaru Furuya. Manga ini dirilis pada tahun '98 namun versi Inggrisnya baru keluar di bawah bendera Viz pada tahun 2003, tahun-tahun awal kuliah saya. Versi "scanlation" nya dirilis oleh salah satu group fenomenal pada masa itu, manga-sketchbook (MS) yang kalo tidak salah semboyan nya adalah "100% illegal manga". Kenapa saya bilang "scanlation"? karena versi uploadan tersebut adalah versi scans dari manga yang sudah diterbitkan secara resmi, namun berkat mereka jugalah saya jadi bisa menikmati beberapa judul manga dengan kualitas editing dan translasi profesional. Along with Kotonoha (yang sekarang sudah bubar dengan terhormat) dan Lililicious, rilisan mereka lah yang waktu itu menjadi panutan saya yang masih berstatus otaku emo antisosial.


Kembali ke Short Cuts, manga ini bisa dibilang unik karena terbentuk dari potongan-potongan cerita dimana 1 cerita umumnya hanya 1 atau 2 halaman. Tidak ada cerita inti, namun beberapa karakter dan setting sering keluar kembali. Benang merah utamanya tentu saja tema manga ini, yaitu tentang kogals. Fenomena yang boleh dibilang sedang nge-hits pada waktu itu. Lupakan loli-loli moe yang sekarang merajai chart penjualan merchandise otaku, waktu itu its all about sexy high school girls! dan hingga sekarangpun saya masih tetap mengakui kalau cewek sekolahan itu lebih moe daripada loli, hehehehe... *pasang emoticon om-om mesum di sini* Lalu bagaimana dengan kualitas contents nya sendiri? well, jika anda belum tahu tentang Usamaru-sensei, anda harus siap-siap dengan segala ke-wtflol-an beliau. Usamaru Furuya awalnya bukan mangaka, namun seorang seniman. Ini menjelaskan kenapa anda akan menemukan banyak style gambar dan berbagai macam visual artistik di dalam manga ini. Latar belakang itu jugalah yang menyebabkan konsep manga ini menjadi terpecah dalam mini-story, karena beliau tidak biasa membuat sebuah cerita panjang dan melayout panel (anda bisa membaca dalam artikel tanya jawab yang ada di dalam manga ini). Anda juga akan menemukan manga ini penuh dengan intriguing things, witty stuff, satire level imba, perverted jokes dan nostalgia, heart warming dan melancholia yang silih berganti, salah satu ciri khas yang membuat saya langsung jatuh hati dulu waktu pertama kali mengenal karya-karya beliau. Bahkan bisa dibilang postingan saya terinfluence dari gaya humor yang mencampuradukkan kemesuman dan pemikiran yang bijak. Di manga ini anda juga bisa melihat contoh eksekusi breaking the fourth wall yang menarik, yang kadang saya, entah secara sadar atau tidak, juga melakukannya.


Sebagai penutup, mungkin manga ini memang sudah outdated (kogals? ha! its all about alay and koreans now), namun ada sense of nostalgia yang akan anda dapatkan saat membacanya. Dan kalaupun anda tidak peduli dengan semua itu, at least the girls in this manga are HOT AND CUTE! Selamat menikmati.


Btw, menjelang akhir tahun ini saya kepikiran buat mengupload concept dan cerita-cerita ala VN/LN cupu yang dulu pernah saya bikin. Hitung-hitung bersih-bersih tumpukan kertas digital. Mungkin beberapa dari anda yang masih muda dan punya impian dan waktu bisa mendapat inspirasi atau hal lainnya yang bisa dipelajari. What do you think?

3 comments:

Zetsudou Sougi said...

sudah saya tunggu sejak lama

rmat2004 said...

lol kogals.... it has been a longggg time there

kotobuki ran bukan?

minoru said...

Haha Short Cuts ya.. Salah satu manga Usamaru Furuya favorit saya yang bikin saya wtflol tapi harus diakui bener-bener menghibur.

Post a Comment

 
Ikemasen, Ojou-sama! © 2006-2014 DheTemplate.com. Supported by Toko Anime