Sunday, October 9, 2011

Welcome Fall 2011! Impresi awal untuk anime musim gugur tahun ini

10 comments
Selamat datang di blog yang akhir-akhir ini sering hiatus dari updatean. Seperti yang bisa anda tebak dari judulnya, postingan ini membahas first impression dari line-up anime baru yang tayang untuk periode musim gugur dua ribu sebelas. Sudah menjadi semacam ritual bagi seorang otaku untuk ikut dalam riuh-rendahnya kegembiraan menyambut season baru, yang membuat perpus tokyo dan meoong.us seakan-akan menjadi alun-alun untuk festival ini, meskipun pada akhirnya tidak semua serial akan diikuti. Personally, ini juga merupakan tolak ukur pribadi bagi saya sendiri, karena sebagai seorang penikmat (atau tepatnya, pada akhirnya cuma bisa menikmati) anime (karena tidak ada konsol/waktu buat nge game, dan sudah tidak update dengan manga/LN/galge), jika saya sudah kehilangan spirit of joy saat musim baru tiba (males/capek/gak sempat/bosen/gak minat lagi), maka status ke'otaku'an saya patutdipertanyakan.

Ada tiga belas (14 jika iklan figurine mecha musume nya Konami ikut dihitung) judul yang sudah saya tonton sejauh ini, berikut peta persebarannya.

Hijau adalah series yang belum tayang (atau saat tulisan ini dipublish, sudah tayang namun saya belum nonton).
Biru adalah serial kontinuitas atau bagian dari franchise yang tidak saya ikuti



Baiklah, mari kita mulai saja dari yang pertama kali tampil dari deretan, season kedua dari serial komedi favorit saya yang tak lain dan tak bukan adalah..


INVASI GADIS SOTONGG!!!


Mari kita selamatkan laut kita
pesan ini disampaikan oleh si cewek Sotong! Daripada Sotoy, mendingan SOTONG!
ps: brosur di atas itu beneran saya yang desain, untuk kegiatan adik saya di MAPAGAMA

Masih dengan spirit dan atmosfer yang sama, season dua dari Ika Musume terasa bagaikan episode lanjutan yang tertunda berbulan-bulan. Tentu saja hal ini tidak masalah mengingat nature dari serial ini yang terdiri dari beberapa short story dalam satu episode seperti doraemon. Dengan tetap konsisten pada kombinasi komedi koplak dan heartwarming drama, bersih dari fanservice yang berlebihan, serial ini adalah satu dari sekian kecil anime yang saya tetap bisa sempatkan nonton di sela-sela kesibukan kapanpun itu, untuk menggantikan penat dan kegalauan dengan ngakak tak tertahankan.

Dengan berat sebesar itu, pasti sotongnya bisa buat makan orang se-RT!!


Beralih ke judul berikutnya, sebuah anime dengan judul yang imba tapi ternyata biasa aja tuch

TEKA TEKI DEWA! Otaknya Mr. P
(Bukan Mr. P yang sering ada di majalah urban lifestyle lho)


Ini adalah anime dengan konsep 'lebay-kan tema X' yang sudah sangat biasa bagi kita. Di sini tema X yang diangkat adalah puzzle, awalnya saya kira ini adalah anime yang memfeaturekan puzzle dan brain game, tapi ternyata kita hanya dikasih lihat bagaimana si protagonist memecahkan puzzle dengan sangat lebae.

itu banjir mas


Meskipun demikian, mengingat ini adalah anime tentang puzzle dan yang namanya teka-teki itu bentuknya bermacam-macam, ditambah kreativitas orang jepang dalam mengeksplorasi tema, anime ini tetap bisa anda nikmati sebagai tontonan yang berbeda. Setidaknya ada kemungkinan di episode-episode selanjutnya trik-triknya akan semakin imba dan lebay.

Meskipun demikian, tokoh utama anime ini tetap tidak bisa memecahkan puzzle paling imba dalam kehidupan.




wakakaka, apa gw bilang :v

pada akhirnya dia berkesimpulan

tapi Ange tidak setuju


APPAA??

SASUGA ADEK GW!!!

Ngomong-ngomong, bicara soal puzzle, kira-kira orang ini kalo ditarungin sama pak prof Layton gimana ya jadinya.


Lanjut ke serial selanjutnya, kali ini kita memasuki wilayah action. Sepertinya season ini memang didominasi dengan action dan moe, dan apa yang lebih efektif untuk merebut perhatian otaku daripada action dan moe? tentu saja ACTION YANG MOE. Dan sebagai pelengkap tambahan, season ini juga mensupply stock karakter onee-san untuk penggemar non-loli. Maka dari itu, untuk merayakannya, marilah kita bersulang segelas SUSU!

Maken Ki

Mungkin judul asli anime ini sebenarnya adalah Makan Ni, namun terjadi typo dalam penulisannya. Makan Ni adalah kependekan dari kalimat MAKAN NIH FANSERVICE! yang banyak ditemui sepanjang anime ini.

MAKAN NIH PANTYSHOT YANG KENA CORETAN BRUSH PHOTOSHOP!

Apakah anda cewek atau cowok? jika anda sedang mengalami krisis identitas gender,
anda bisa mengujinya dengan melihat gambar ini.
jika anda cewek maka komentar anda adalah: wah, tas nya lucu yah.
jika anda cowok maka komentarnya adalah: wah, TAS nya BESAR ya \:v/

GOOD LUCK MOODO

dan bukan cuma mode itu saja, tapi juga ada

OYASHIRO MODE

dan lebih up to date lagi

GAMBAR DI VN UMINEKO YANG BIKIN JANTUNGAN TIAP KALI KELUAR


Plot dan character yang generic memang, tapi jika anda suka atau kebanyakan waktu luang untuk menonton, well, kenapa tidak. Setidaknya anime ini punya onee-san dan SUSU. Tapi sayangnya anime ini hanya punya sedikit sekali benda yang kita suka menontonnya. Ya, benda itu adalah..


PEDANG!!

YA! PEDANGG!!!

Mediocre at its best, itu kesan yang saya dapat setelah menonton episode pertama Majikoi. Tawuran dinasty warrior moe, namun pace nya tertata dengan bagus, bahkan adegan fighting nya pun digarap dengan sangat well done. BGMnya pun cukup menggugah dan terasa sekali aroma epic war nya. If not for the graphic, dan kekhawatiran saya akan episode selanjutnya yang bakal turun tingkat intensenya (apalagi kalo malah jadi school life slice of life! OH NOOO. Tapi semoga saja tidak), anime ini cukup worth to watch.


Nee-san! ketika perang ini usai, aku akan.. NOOOOOOOOOOOOO
death flag triggered.jpg

APPAAAA???!!! DIA MEMBUAT PEDANGKU TIDAK BISA BERGERAK HANYA DENGAN DIJEPIT PAKE JARI?!!

ROBO-GALAU KNIGHT!!

JURUS GELOMBANG DEWA PEDANG!!

MAHAAAAABARATAAAAAA!!!

ciung ciung ciung.wav
terus dua panah bertemu dan ciung ciung, salah satu nya ilang
terus zoom ke wajah panglima yang shock
JENG JENG!!!
(filem india lawas yang dulu diputer di TPI)

PEDANGNYA kecil BUT IT PENETRATES SO DEEPLY!!!!

Tapi bahkan PEDANG-PEDANG dan SUSU di anime ini pun masih belum seberapa dibanding dengan anime selanjutnya yang tidak cuma MOE dan ACTION, tapi juga mengandung FANTASY dan EPIC SAGA. Sebuah kombinasi genre yang tentunya sangat masuk sekali dengan selera otaku umumnya. Ayolah, otaku mana yang di masa muda nya tidak pernah kepikiran membuat sebuah cerita dengan setting RPG fantasy? (kalaupun tidak ditulis, minimal pasti dalam pikiran pernah terlintas). Memang benar kata pepatah, di atas GUNUNG masih ada langit (apa maksudnya?).

Pabrik SUSU di Cakrawala

SUSU!

DAN PEDANG!

GILA!! BARU KALI INI SAYA LIHAT ADA PEDANG YANG BENTUKNYA ANEH BANGET KAYA GITU!!

dan MECHA!

dan PISTOL!

dan SUSU LAGI!

dan PEDANG (atau TOMBAK?)
oh well, make it TOMBAK PEDANG!

dan BAKPAO!

dan...

umm....

...


dan BAKPAO LAGI! ..tunggu, ini bukan BAKPAO, meski bentuknya sama..

dan BAKPAO LAGI!

dan BAKPAO LAGI!!


dan BAK-- lho, kok? ...AAARGHHH SEKARANG MALAH SAYA YANG JADI BINGUNG!!!
Kalo ini BAKPAO, terus yang tadi itu apa??!!!


Diadaptasi dari (yang saya denger) sebuah kisah yang sangat PANJANG, dengan jumlah karakter yang lebih banyak dari jumlah tempat duduk dalam bis kota, dan element yang menggabungkan banyak tropes dan genre favorit otaku seperti yang telah saya tulis tadi, tidak heran jika anime ini diprediksi akan menjadi salah satu racun yang cukup kuat. Saya sendiri cukup menikmati episode perdananya yang fast paced dan full packed action, dengan pesona techno-classic-magic dan sebagainya.

TEMBAK TERUS SAMPAI GAK BISA KELUAR LAGI!! (apanya?)

Jika episode berikutnya masih akan tetap terjaga kualitasnya saya mungkin masih akan tetap mengikuti serial ini just for the fun ride.

Baiklah, mungkin pabrik SUSU di Cakrawala punya banyak PEDANG, tapi apakah serial tersebut juga berhak atas gelar serial dengan PEDANG yang paling IMBA? well, its hard to judge, karena ada satu pesaing lagi dalam genre action. Sebuah franchise dengan follower dan fanbase yang sangat kuat, yang dengan sangat mudah melampaui semua series di season ini menjadi serial terpopuler.

BAHKAN NAMANYA SENDIRI KALAU DITERJEMAHKAN SUDAH BERARTI PEDANG!!!

Saya tidak akan berkomentar panjang lebar tentang Takdir Hampa atau Takdir di Titik Nol ini. Rasanya seperti melihat teman saya yang paling rajin dan disukai dosen mengikuti ujian pendadaran. Lancar jaya nyaris tanpa hambatan apapun. Everything went as expected. FATE ZERO IMMMBAAAAAAAA!!!!! Tuh, udah saya tulis. PUAS?? PUASSS??? *pake gaya toekoel* Dan mungkin itulah yang dirasakan para type-moon fags saat ini. Euphoria. Bersenang-senanglah sementara saya duduk di pojokan meratapi nasib anime Umineko Chiru yang tak kunjung tiba.


Dan dengan ini berakhirlah line-up dari genre action (nope, Persona itu bagi saya drama :v), kita sekarang beralih ke anime-anime yang mempermainkan perasaan. Aku bagai debu diii padang pasiierr...


wad.. the..
kenapa di atidak makan PISANG? dia seharusnya makan PISANG!!


..ok, lanjut.


Heee? orang-orang pada ketiduran waktu nonton anime ini?

Heeeeee? twintailku yang moe ini mau dipotong?

Heee? Heee? Heeeeeeeeeeeeee?


The slice of life, healing anime. And not only that, but also featuring moe moe girls. Meskipun saya tipe orang yang kalem dan lebih menyukai ketenangan, tapi dari dulu saya malah tidak bisa menikmati genre anime penyembuhan seperti ini. Mungkin karena atmosfer terlalu sedative nya. Beberapa orang beropini jika absolute healing environment yang seperti ini memang disengaja dan justru diperlukan untuk membangun sebuah contrast sehingga membantu proses escapism dari hiruk pikuknya dunia nyata ke kedamaian absolut yet temporary di dalam anime yang bersangkutan, tapi kalau saya malah tidak bisa mempertahankan willing suspension of disbelief jika dalam sebuah anime semuanya terlalu teratur dan tidak ada satu elemenpun yang bisa direferensikan dengan kondisi IRL. Ah tapi cukup teori dan filosofinya. Bagaimana jika anda juga ingin healing anime tapi yang ada PEDANG nya? ini jawabannya.


Loe Gw END aka Kowe Karo Aku

This is SO WROOONG!! :swt: Too soft! too kyoot!! WRONG.ON.MANY.LEVEL! siapapun yang bikin original material ini pasti punya halusinasi tentang circle of friend cowok. Ketika serigala (atau buaya, terserah anda mau pakai yang mana) berkumpul, mereka tidak akan duduk-duduk bergosip atau bertukar bekal makan siang. Heck, they won't even bring lunch kecuali sudah menikah atau otaku yang sedang ngirit dan nabung buat beli barang seperti saya. Makan di luar ftw. Broke? mie instant ftw till death (or at least gajian). Bahkan cowok yang paling kalem pun jika berkumpul dengan cowok lain maka akan beresonansi dan ikut jadi seperti cowok pada umumnya.

I'm awfully HARD this morning!

Oh well, mungkin memang ada circle cowok yang rare seperti ini atau mungkin anime ini memang ditujukan untuk fangirls yang punya bakat laten jadi stalker atau voyeour. Satu lagi. Suara trapnya bikin MERINDING! Ampun dah.

LISTEN, GIRLS! INILAH BAGAIMANA PARA COWOK SINGLE BERKUMPUL YANG SEBENARNYA!!!
(not pictured: laptop dan hdd external yang sedang mengcopy JAV, hentae, doujin, eroge, galge, gravure, idol video, photobook dsb bergiga-giga)


Baiklah, kita pindah ke zona otaku lagi. Kali ini sepertinya adaptasi dari galge yang dikonsep dengan oh so pure and innocent. Mengutip kata-kata yang sering diucapkan cewek kalo cowok yang disukainya melakukan hal yang membuat dirinya bahagia: SO SWIIIIIIIIIIIIIIEEETTTTTT!! (soalnya kalo yang melakukan hal yang membuat dirinya bahagia cowok tapi tidak disukainya, respon nya cukup 1 kata pendek: makasih.)







AND IT'S REALLY WHITE!!
TERBUKTI, SODARA-SODARA!!!

YESH!!! saya paling suka menghancurkan cerita yang naif \:V/
UWOOOO!!
nyanyi lagunya Saykoji: Berontak dalam sempak
Semakin lama kurasaaa Semakin aku dewasaaa~~~


Kalau dulu, mungkin sekitar 5-6 tahun yang lalu saya nonton anime ini, saya pasti akan teriak MOEEHHH seperti otaku-otaku pada umumnya. Tapi semua berubah sejak negara api menyerang! \:V/

Hasrat semakin meledaaaak, berontak dalam sempaaaaak.. sempaaak.. SEMPAAKK
(srsly kalau anda belum pernah denger lagu ini, youtube/googling sekarang juga!)


Perkumpulan orang ronery yang tak punya teman kasian dee..

I'M NOT FAPPING! I'M MAKING LOVE WITH MY AIR WIFE!!!!

FVCK YEAH!! AIR-WIFE FTW!!!!

Sebenarnya karena provokasi seseorang yang mirip sekali dengan tokoh cewek serial ini (termasuk, erhm, washboard nya) saya dulu sempat mengikuti scanlation manganya. Pada awalnya memang konsepnya menarik dan saya bisa mengapresiasi baik humor maupun satire nya, namun seiring dengan perkembangan kehidupan sosial saya yang semakin hectic, perlahan-lahan saya merasa tidak bisa merelate dengan apa yang terjadi dalam serial yang penuh dengan absurditas orang-orang jablay ini. Mungkin jika ada spin off atau gaiden sebuah klub lain dengan judul Boku wa Kanojo ga Sukunai, saya akan mengikutinya dengan sepenuh jiwa dan raga.

having no friend = bad
having no girlfriend = WORSE
EAAAAAAAAAAAA.WAV

And that makes two title left to review. Yang pertama adalah serial dari franchise yang saya bangga menyatakan diri sebagai fanboy nya. Kita sambut sajaaa...

PEEEEEERUSOONAAAAAAAAAAAAAAAAAAA 4

Setidaknya itu yang akan saya teriakkan dengan penuh gembira pada khalayak ramai yang tidak pernah berkenalan dengan Persona series sebelumnya. Tapi kepada sesama fans internal saya akan menjerit raeg DAMMITTT ATLUUSSSSS Y U SO ANAK EMASIN P4??!! P4 Golden untuk PSVita! Mayonaka Arena untuk PS3! dan sekarang TV series anime?!! Personally kalau bagi saya P4 adalah persona yang paling lemah 'greget'nya. Settingnya pelosok, aroma urban dan urban legend nya jadi kurang kental, tak ada sesuatu yang grand nan imba, tak ada smu swasta dengan ce dan co borju, insight on kesemrawutan remaja urban dan sebagainya. And not to mention dari line-up persona nya sendiri yang mengambil mitologi timur/Jepang, padahal yang lain campuran barat dan timur. Oh well, karena generasi sekarang lebih dekat dengan setting P4, tidak mungkin Atlus mengadaptasi P3 (yang sudah dapet Trinity Soul tapi sangat tidak memuaskan nafsu) atau lebih jadoel lagi, P2, untuk mengangkat popularitas serial ini. Saya cuma bisa prihatin, eh, berharap semoga dengan semakin populernya Persona series, Atlus akan membuat Persona 5 dengan bonus nostalgia untuk generasi lama.

Velvet Room cabang jogja WHERE?

Siapa lagi yang ngakak/shock/swt/facepalm/dll waktu lihat bagian ini? HAHAHAOHWOW
Despite meta-rage saya di paragraf atas, saya literally bilang es we teee dan instant lol waktu adegan ini muncul. AWAS! OJO LALI DI SAVE DHISIK!!!

temen saya: seperti biasanya jagoan gak butuh manual buat ngeluarin jurus
saya: memang apa susahnya? kan cuma tinggal pencet O :v

Sebenarnya saya masih kurang mantep review ini pas di episode satu soalnya di tengah cerita nantinya akan ada seseorang yang punya hubungan dengan Vincent di Catherine dan saya sudah menyiapkan ini:
Vincent: LHO?!! LHA KUWI RAK BOJOMU THO? KOK ISO NING KONO?
?? (spoiler): Dudu, kuwi MANTAN bojoku.
Vincent: OPPOO?! KOWE WES PEGATAN?!! JENGJENGG.WAV
Sayang gadis yang bersangkutan masih belum muncul (dan bahkan saya gak tau apa bakal dimunculin nggak, soalnya dia termasuk tokoh minor orz)


Slot review untuk title terakhir saya simpan special untuk serial yang di luar dugaan sangat bagus sekali hingga menempati urutan pertama dalam daftar anime season ini versi saya (masih ada kemungkinan tergeser oleh Guilty Crown though)

KARUTA NINJA GIRL!!


TARGET FANBOYING FALL 2011: LOCK ON!!
SILAU, MEEEEEEEEEEN!!!
INCOMING SPAM PIC SPAM PIC SPAM PIC SPAM SPAM SPAM SPAAAMMM

(y) x99999!



Srsly man, SRSLYYYYYYY!!!!!!!!!
Saya sadar kalo cewek itu dewa nya rahasia dan kontradiksi level IMBA! Jadi setiap kali melihat scene seorang ice queen bisa tertawa lepas seperti ini...
THIS IS THE TRUE MOE OF ALL

AAAAAAAAAAAAAAaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa







MADHOUUUUUUUSEE AKU PADAMUUU!!!!!!!!!!!
Setelah empat season mereka menggambar bibir-bbir ndower kaya gini :V dari adaptasi comic-comic Marvel, musim in imereka menghandle shoujo manga dengan hasil yang bahkan J.C staff saja bisa dibilang kalah (meskipun tipis). The lines! The visuals! The atmosphere! AAAAAAaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
Mungkin saya sudah pernah bilang, tapi akan saya tulis ulang lagi kalo saya paling lemah sama manga shoujo yang tidak ngoyo, yang tidak featuring protagonist cewek lemah tanpa kelebihan kecuali baik hatinya (owh pleaze) dan bishie CAKEPTAMPANPINTARKAYATAPITSUNDERE dan segala keklisean ala impian cewek remaja ababil, yang saya sukai adalah manga shoujo down to earth dengan segala pernik emosional dan konflik batin yang D'AAAAAAAAAAWWWWWWWWWWW. Pesona serial ini sedemikian kuat sampai saya bahkan tidak menghiraukan tema karuta nya yang notebene saya gak tau sama sekali (saya bisa main hanafuda though). Heck, dengan line-up character, chemistry dan charm atmosphere seperti ini, kalaupun ini serial tentang main gangsingan, benthik, dhakon atau gobag sodor AKAN TETAP SAYA IKUTI!!!


I ACTIVATE MY SPELL CARD!!!
#salah

Overall, season ini memang tidak bisa dibilang cukup variatif menu nya, karena sebagian besar didominasi oleh moe, atau mungkin lebih tepatnya action moe. Meskipun demikian, sebagian besar eksekusinya cukup bagus sehingga bisa dibilang worth to follow. Tentu saja semuanya kembali pada pribadi masing-masing. Personally, saya memasang Chihayafuru dan Fate Zero di slot utama, Ika Musume degeso di slot casual dan P4, Horizon serta Majikoi di slot sekunder. Bagaimana dengan anda?

10 comments:

Zepar and Furfur said...

maji koi

i love you neesan!!!


pabrik susu di cakrawala :lol:
btw ada yg [s]mau di rusak[/s] review di season ini?

Neohybrid_kai said...

Hmm pabrik SUSU seems interesting, tapi saya nunggu Guilty Crown dulu

B_S said...

did you forgot jewel(ko)pet sunshine and ben-to dude? \ :v /

minoru said...

Nice BAKPAO pic you got there, sir.

Zetsudou Sougi said...

tonton eps 2 CxCxC
mungkin anda akan berubah pikiran

Feischmaker said...

Agreed with zetsudou sougi above, c3 eps 2 is much better than the first (karena dari apa yg saya baca, c3 harusnya emang seperti yg di eps2, lebih dark)

bwat saya yg awam persona series (I played only SMT), P4TA is Imba as well :v And glad u liek Chihayafuru, which I also liked the most so far :v

kirayume said...

saia milih chihayafuru sebagai anime utama yang kudu ditonton. penasaran uta-garuta , dulu pernah main tapi meski bukan kayak uta garuta, tapi setidaknya sistem permainannya agak mirip.

Zetsudou Sougi said...

mungkin anda ga bisa nikmati tamayura gara2 dah kenal umineko~

Neohybrid_kai said...

Tamayura dan Masshiro Symphony tepatnya
perkecualian kalau itu shoujo yang down to earth seperti Chihaya, karena saya tidak merasa ditipu :v

Anonymous said...

buset..
baru kali ini liat review kayak gini...

Post a Comment

 
Ikemasen, Ojou-sama! © 2006-2014 DheTemplate.com. Supported by Toko Anime