Sunday, September 11, 2011

I'm back~ review first playthrough Silau-Man: The Game

5 comments
Selamat datang dan selamat datang kembali bagi pengunjung setia blog ini. Kita bertemu lagi setelah hiatus yang cukup panjang, lebih dari satu bulan. Kali ini saya akan mereview sebuah game yang baru saja saya mainkan selama weekend ini, yang original seriesnya sudah sangat dekat sekali dengan anda jika anda adalah pembaca setia blog ini. Namun sebelum itu, mengingat ini masih bulan Syawal, perkenankanlah saya dan blog ini mengucapkan selamat Idul Fitri, mohon maaf jika ada kesalahan baik lahir maupun batin, meskipun saya ragu kalau ada kesalahan lahir mengingat selama ini kita hanya berkomunikasi lewat internet :v


Mari kita langsung to the point saja dengan menyebutkan bahwa alasan saya main ini adalah ingin mendengarkan suara Cambuk Cinta dan melihat Kuncir Sakti pake bikini, yang tidak pernah ada di animenya.

Baiklah, jadi Star Driver: Kagayaki no Takuto - Ginga Bishounen Densetsu atau LEGENDA SILAU-MAN kalau anda lebih memilih versi plesetan yang saya bikin, adalah sebuah game untuk PSP yang sebenarnya sudah dirilis cukup lama ke pasaran, Maret 2011 yang lalu, namun saya baru memainkan game ini dua hari belakangan karena temen saya yang punya PSP lagi kecanduan game PC dan memutuskan untuk berbaik hati meminjamkan portable time consumer itu pada saya. Saya sendiri sebenarnya sudah jarang nge game dan malah bingung mau main apa waktu dipinjemin (sebeum dipinjamkan, temen saya sedang seneng-senengnya main BRS the game tapi saya tidak begitu minat dengan loli berbikini tersebut). Untungnya saya inget kalau Silau-Man pernah dibikin "VN" nya untuk PSP. Maka dengan modal flashdisk, saya mengcopy iso nya dari tempat [link] Blacksaber (yang entah bagaimana pernah mendownloadnya padahal sepertinya ybs tidak tertarik dengan franchise ini) karena gak kuat download sendiri. Dan demikianlah, di malam minggu yang kelabu yang sangat cocok atmosfernya untuk menenggelamkan diri ke dalam dunia otaku dan 2D waifu, saya menginjakkan kaki ke dunia SILAU-MAN YANG BERKILAUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU
ps: maaf "screenshot" nya mungkin membuat mata anda terganggu, karena saya tidak tahu gimana cara ngeprintscreen PSP


KUNCIR SAKTI \:v/

Sebagaimana yang saya tulis di atas, genre dari game ini adalah adventure (ADV) dengan sedikit porsi action yang bisa dibilang seperti minigame (akan saya bahas nanti). Ini  berarti, tentu saja, sebagian besar waktu akan anda habiskan untuk mengklik tombol, mendengarkan percakapan dan menikmati sprite dan CG yang beberapa sangat worthy (dan beberapa lainnya membuat anda can't unsee karena berbau YOAI).

Secara grafis, gambar di game ini mirip dengan animenya, termasuk spritenya, dan ini sebuah pendekatan yang bagus menurut saya karena beberapa elemen yang tidak ada di animenya, seperti pakaian baru yan dikenakan karakter atau CG dimana karakter yang memakai kacamata melepas megane nya, semuanya terasa seperti bagian dari animenya (hal yang tidak bakal anda alami jika VN favorit anda diadaptasi ke anime karena kualitas grafisnya pasti menurun, tapi karena di sini prosesnya adalah kebalikannya jadi malah terasa masuk). Begitupula dengan CG set nya yang beberapa diambil dari anime dan yang baru digambar dengan gaya sama sehingga tampak seperti potongan adegan dari animenya. Adegan saat zero jikan diaktifkan dan cybercasket take off masih tetap memakai CG tapi jadi tampak lebih halus karena animasi CG nya tampil di resolusi PSP yang lebih kecil. Sedangkan adegan BELAHLAAH DADA INIIIII KASSSSSSSSSIEEEEEEEEEEEHHHHHHHHHHH!!!! masih tetap memakai clip dari animenya, namun dengan BGM yang berbeda.


CAMBUK CINTA \:v/

Suara. Tentu saja full voice dengan didukung oleh seiyuu aslinya. Karena grafisnya masih tetap seperti anime jadi kesan animenya benar-benar masuk. Oh saya lupa menulis, di setiap percakapan, bibir sprite juga ikut dianimasikan, baik di sprite yang berdiri maupun di dalam kotak (jika karakter yang berbicara tidak tampil di layar). Untuk BGM, game ini memakai BGM yang berbeda. Saya tidak bisa bilang kalau musiknya lebih bagus atau on par dengan BGM animenya yang SANGAT IMBUAAA tapi overall still nice. BGM waktu battle nya cukup epic though jadi setidaknya anda masih merasakan aura FAABULOUUSS biarpun battlenya cuma seperti permainan ngepasin BATANG :v

Gameplay dan konsep. Bagian ini akan saya bahas along the way sambil bercerita soal plot.

Sedikit catatan untuk pertimbangan apakah anda bakal menikmati game ini atau tidak, in general bisa dibilang jika kualitas game ini sebenarnya biasa saja, hanya sedikit di atas rata-rata karena kualitas gambar dan voice nya yang terjaga, selain itu tidak banyak yang spesial (minigame nya memang moe tapi saya pikir sekarang sudah banyak yang seperti itu), DAGA! SHIKAASHI!! (dengan suara narator di Kaiji), jika anda adalah fans berat serial ini, baik cowok maupun cewek, saya bisa memastikan jika anda pasti akan terkena charm game ini dan completely absorbed dalam dunia SILAU-MAN hanya dalam beberapa menit awal permainan saja. Kenapa demikian? mari kita masuk ke bagian playthrough.


Ayo! Serang aku dibagian mana saja ASAL JANGAN PEDANGKU!

Game ini dimulai dengan opening kedua nya yang pernah saya post fansuban ngaco nya di postingan final Silau-Man. Dengan OP kedua yang dipakai anda bisa menebak jika setting game ini ada di time line yang cukup jauh, di pertengahan animenya. Dan memang begitulah, jadi game ini memang diperuntukkan bagi fans sebagai supplement.

Setelah opening, scene awal episode akan mengingatkan anda kembali dengan episode perdana. Langit malam, pantai, dan seseorang terdampar.. tapi itu bukan Takuto Silau-Man. Orang itu..  adalah ANDA.

Benar. Tepat sekali. Di game ini anda berperan sebagai anda sendiri, seorang karakter original yang akhirnya ikut berpetualang di dunia Silau-Man yang lebaee. Ini benar-benar sebuah completely shameless game dengan plot yang sekilas terlihat seperti di ambil dari sebuah fanfic amatiran yang dikarang oleh fans cewek ABG karena tidak hanya karakter anda di game ini adalah sebuah fan's self-insertion, tapi juga reeks of Mary Sue stinks. Ini seperti sebuah fanfic Harry Potter dimana author menjelma sebagai karakter yang masuk dan akhirnya menjadi anak gryffindor dan bergabung dengan trio Harry-Ron-Hermione. Seperti itulah feel nya. Tapi sekali lagi, jika anda adalah fans serial ini, anda PASTI sangat tertarik dengan skenario macem ini. Maksud saya, ayolah, sekolah di sebuah pulau tropis dengan banyak spot yang utsukushiiee (saya pernah menjawab pertanyaan tentang sekolah di anime mana yang anda ingin masuki dengan sekolah ini), dengan beragam karakter dan tentu saja hampir semua tokoh ceweknya MOE (kecuali Wako soalnya kalau saya :v) dan tiap malam bertarung dengan lebae nya. PAKAI PEDANG!

Anyway, setelah anda diselamatkan oleh trio protagonist yang kebetulan lewat di pantai itu, anda akan terbangun esoknya di mansion milik Galau-Man, tentu saja dengan pemandangan indah dua meido berkacamata Jaguar dan Tiger yang MOEHMOEH. Galau-Man, Silau-Man dan Wako pun memperkenalkan diri mereka masing-masing, diikuti dengan meido-tachi dan kemudian giliran anda untuk memperkenalkan jati diri anda tapi ternyata anda.. (bersiaplah untuk plot device yang paling lame dalam fanfic dengan karakter Mary Sue)  ...AMNESIA!!!
Bwahahahahaha, dan sebagai bonus, game ini memberikan nama opsional anda sebagai Yuu (yang merupakan pun dari "You" tentu saja). Tidak cuma itu, karena anda seperti orang ilang gaje yang terdampar di pantae tanpa suatu apapun, maka Galau-Man berbaik hati memberikan anda tumpangan kamar di mansion nya (tentu saja sudah termasuk servis dari kedua meido nya yang bermegane dan MOEH. OH. MY. GAWD!).


Sayangnya tidak ada pilihan "Kmu maniesz dech tp Aq lebih suka kalo kamyu tetep pake kachyamata  :3" jadi saya terpaksa milih opsi satu. Yappari IRL galge masih lebih imba

Setelah perbincangan sebentar andapun memutuskan untuk tinggal di pulau tropis yang menurut saya sangat cocok untuk liburan berbulan madu ini, sembari menunggu ingatan anda kembali. Setelah dapet seragam dan sarapan pagi, andapun siap untuk menjalani masa-masa paling indah, kisah kasih di sekolah, despite yang main game ini sudah tidak pantes lagi pake baju seragam. Pak Kepsek pun tidak keberatan menerima tambahan murid baru satu lagi biarpun asal-usulnya masih gaje (saya amnesia pak :v) dan gak bayar uang pendaftaran. Terlebih lagi anda dimasukkan ke dalam kelas yang sama dengan Silau-Man cs dengan wali kelas bu guru yang hawt biarpun bakal marah-marah kalo anda ngeflirt sama nyonya Watanabe di tengah-tengah pelajaran. Oh dan sebagai tambahan, menurut cerita ini, anda adalah seorang cowok yang cukup cool dan berkarisma. Anda memanggil Takuto dengan Takuto, tapi Sugata dengan Sugata-sama dan Wako dengan Agemaki-san (seiring progress cerita anda akan memanggil mereka dengan nama langsung) dan saking kerennya anda bahkan bisa merebut perhatian tokoh cewek figuran temennya Wako in instant.



APPAAAAAAAAAAAAAAAAAA???!!!!

Tapi memang begitulah, dan, hey, memangnya kenapa dengan semua itu? :v Menurut saya justru ini adalah sebuah konsep yang sangat menarik sekaligus menyenangkan, dimana anda tidak perlu memainkan tokoh utama dan malah lebih bisa fully experiencing the world of Silau-Man. Jika Blood-C dibikin game seperti inipun saya akan betah main berjam-jam hanya untuk ngobrol dengan Saya*hearts*. Well, selama nggak berakhir dengan JLEB BLEBHH CROT CRRRRUOOOOOTHHHH!!! sama Elder Bairns saja. Dan satu lagi smart move dari developernya, yaitu dengan membuat character anda sebagai cowok. Kenapa begitu? pertama, menurut analisa saya sebagian besar cowok fans serial ini adalah pervert yang memilih minum SUSU dengan tangan sendiri daripada memakai perantara tubuh cewek, jadi tidak ada gunanya memakai character original cewek di sini. Di sisi lain, fans cewek juga tidak bakal minat memakai avatar cewek karena gak bisa dijadiin YOAI. Dan alasan terakhir yang ultimate tentu saja karena untuk bertarung dengan lebae di zero jikan, anda harus PUNYA PEDANGG!!!

Setelah hari pertama di sekolah yang menyenangkan, anda akan diajak trio protagonis muter-muter pulau. Bagian ini akan merefresh memori anda tentang landmark di dunia SIlau-Man. Mulai dari pantai tempat drama-drama terjadi, Tropical Eater, cafe tempat anak-anak hangout (anda akan bertemu dengan Mastah si pemilik di sini, meskipun suaranya tidak di isi seiyuu), lalu shotengai, distrik perbelanjaan tempat beli crepes favorite Silau-Man dan tempat reparasi jam, juga karaoke dimana Kuncir Sakti part time, dan terakhir ferry boat tempat orang-orang ngilang atau kabur dari pulau penuh NTR ini.

Hari kedua anda mulai bisa memilih tempat yang akan dikunjungi. Basically ada 4 timeline di sini; pagi, siang, sore, malam. Setiap timeline anda cuma bisa mengambil 1 kali pilihan event/tempat. Khusus time line siang anda cuma bisa mengambil pilihan yang ada di sekolah. Beberapa event cuma muncul di waktu tertentu saja, misalnya jogging hanya ada di pagi. Meskipun begitu, jika anda tidak mengambil event itu, biasanya hari berikutnya di timeline yang sama pilihannya akan keluar lagi. Beberapa event juga ada yang tidak tergantung waktu, jadi percakapannya tetap sama cuma BG nya saja yang beda. Yang menyenangkan dari event ini, setiap pilihan memiliki ikon character yang berpartisipasi dan preview topic, jadi anda ada gambaran event yang terjadi tentang apa. Misal jika lokasinya di mansion sugata dan ada icon sugata dan 2 meidonya, berarti 3 orang itu akan terlibat dalam percakapan. Anda juga diperkenalkan dengan GBP (yang sepertinya kepanjangan dari Ginga Bishounen Point). Setiap selesai 1 event anda akan diberi 10 GBP. GBP bisa dipakai untuk mengakses pilihan event yang berbayar (biasanya ada minigame nya) atau menjawab pilihan dengan jawaban spesial, and later, memfinishing move musuh yang HP nya tinggal dikit dengan gerakan yang lebaee (GINGGAAAAA JYUMONNNJIEEEEEEEEEE TEBASAN PEDANG XXX!!!)


Futsuu no kisu, iie, FRENCH KISU SHITAI!


Setelah beberapa hari anda akan mulai memahami the gist of it, dimana anda berinteraksi dengan berbagai character dari animenya, mulai yang central sampai figuran. Dua hal yang mengasikkan di sini, pertama, anda bisa melihat keseharian character favorit anda lebih dekat, seperti Keito dengan jas lab nya yang jarang diperlihatkan di anime (IS SO MOE!!) atau datang di pesta di atas kapal yang BESAR milik nyonya Kanako, dimana semua datang dengan swimsuit dan setelah ngobrol beberapa lama, karena kualitas voice actingnya yang imba, anda memutuskan untuk taking a break sebentar sambil mengambil selembar tissue dari dalam kotak dan.. ya gitu de. Tapi yang paling never seen before adalah kedua maidnya Sugata dalam mode sebagai murid sekolahan. Tiger satu angkatan dengan anda, sedangkan Jaguar adalah senpai satu angkatan di atas anda. Dalam mode seifuku anda bisa melihat karakter mereka di luar formalitas seorang meido. Jaguar-senpai (anda akan memanggilnya begini saat di sekolah) benar-benar critical hit jika anda fetish onee-san megane yang calm and composed. Tiger lebih cheeky dalam seifuku mode, juga karena tangannya lebih sering di belakang daripada waktu meido mode dimana tangannya di depan, anda akan sadar kalau boobsnya lebih besar daripada Jaguar :v Tentu saja untuk memuaskan para fangirls, anda juga bisa berinteraksi dengan banyak character cowok, dan melakukan banyak hal seperti makan siang bersama atau mandi bareng Takuto dan Sugata (OHSHIETT saya jadi inget lagi orz).


Ahh.. iya.. pijat sebelah situ.. ohh
(ps: saya langsung sengaja kalah biar cepat keluar dari penderitaan ==)


Jangan salah pijat, yang dipijat adalah pundak, bukan PEDANG


Setelah pijet-pijet, mandi bareng





APPAAAAAAAAAAAA???!!


Takgendong kemana-mana..




NOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO!!!!!!!



Untung menghilangkan ingatan yang barusan maka saya pasang gambar ini


Jaguar-senpai~~

Charm kedua adalah pada bagian conversation dan tanya jawabnya. Banyak hal yang trivial maupun serius yang bisa anda dapatkan. Kadang opsi jawabannya benar-benar variatif seperti menanyakan apakah ada lowongan part time di kafe atau karaoke. Yang menjurus tentu saja seperti waktu Cambuk Cinta bertanya bagaimana pendapat anda tentang married woman, tentu saja dengan nada yang begitu dan akhirnya bu guru dan ketua kelas mengakhiri percakapan yang imba tersebut. Juga ketika anda ditanyai tentang kissing tru the glass yang fenomenal, jika anda menjawab 'fuutsu no kisu shitai' reaksinya akan hilarious, "ma.. ma.. suteki da wa, anata no LIBIDO wa IMBA" or something like that. Anda juga bisa menggombali banyak orang, dengan result yang berbeda-beda. Tiger akan tertawa jika anda pilih bilang 'you have a nice body!' tapi Jaguar akan tersinggung dan mengatakan 'please don't be such a playboy' saat anda ngomong 'you looks sexy in that sailor uniform, senpai". Dan yang imba dari game ini adalah banyak opsi yang pervert atau gombal \:v/ bukan romantis lho, tapi benar-benar pervert, seperti jawaban 'I think the girls in this school are hot!'. Tentu saja ada opsi jawaban yang gentleman and cool, seperti waktu anda tidak sengaja melihat Jaguar-senpai lagi ganti baju, ada bisa pilih 'utsukishikatta' (lolwut) 'ayamaranai kudasai' (karena malah dia yang minta maaf) dan 'gochisousma deshita' (ngakak.jpg). Topik yang serius juga ada banyak, dan beberapa menjawab atau memperjelas hal di animenya, misalnya tentang "sekai no koe" yang sering diomongkan Silau-Man. Satu hal yang koplak di sini adalah jika anda mencoba menggombali Sarina alias si ketua klub drama. Tentunya anda tahu jika eksistensi gadis yang satu ini terselubung oleh misteri (maybe she's even not human), jadi jika anda mau mencoba melakukan sesuatu yang gaje, DIA AKAN MEMBACA PIKIRAN ANDA! saking lebaenya sampai keluar tulisan bold hitam di layar dan rekasi anda juga bakal seperti Battler (GAN!!!). For the fujoshi, tentu saja anda disediakan pilihan yang menjurus ke YOAI, seperti 'ore.. omae no chikara ni naritai' HOEKK.JPG 'jangan GALAU, Galau-Man, I'll be always with you' HOEKHOEK.JPG 'why are you touching me? are you swing that way?' HOEKLIMAMENITNONSTOP.JPG Ah btw Sarina juga akan membaca pikiran YOAI anda, para fujoshi sekalian :v or in this case, Wako. Well, overall, atmosfer ngakak koplak lebae, serius dramatic fabulous imba animenya masih terbawa di sini.


"Silau-Man, celanamu melorot tuh!"
"Lha kamu malah gak pake celana, Galau-Man"




MAI EYEESSSSSSSSS!!!!!


UOOOHHHHHHHHHHHHH!!!! 
INI HARUSNYA YANG DIPIJETIN!!!




PEMANDANGAN INI MEMBUAT SAYA 
MENETESKAN AIR MATA BAHAGIA
(dan air yang lainnya)

Mulai hari ke 10 anda akan diperkenalkan dengan SALAM CLING-CLING~~*!! aka KBBBBB meskipun cuma sebatas potongan scene atau anda bertemu dengan anggota mereka (yang bukan murid). 'Hai, saya adalah seorang pelukis dan apakah anda suka di NTR??' Anda juga akan bertemu si JENGGOT YANG IMBA MANLYTEARS.JPG dan tentu saja ibu Midori penggemar popcorn di ruang UKS. Bahkan Marino dan Mizuno pun ada. 'Ah lihat, ada anak BURUNG yang IMUT!!' dan 'ngomong-ngomong apakah kamu suka eskrim? :3' Yes, its bring all that memories back.


Salam cling-cling~


UWOO!! \:v/


Halo, bolehkah saya berkenalan dengan pacar anda dan kemudian menggambarnya dalam keadaan telanjang lalu merebutnya dari anda supaya anda jadi zetsubou lalu mencongkel mata anda?

Anda juga akan menemui minigame yang OHWAAAAOWWW seperti ciuman via kaca, yang 'yahkokcumagitu' seperti waktu anda mengcomfort wako (cuma boleh mengarahkan pointer ke tangan ==a) dan yang HOEKLAGI.JPGseperti mijetin Galau-Man dan Silau-Man di atas. Kadang ada juga pilihan TRAP yang costnya tinggi sampai 100GBP seperti 'I want to kiss you' tapi teryata gak ngefek ==a Seiring progress, anda akan menyadari jika banyak penjelasan yang penting ada pada event dengan Sarina. Pertanyaan-pertanyaan dari dia juga semakin tricky. 'what do you think would happen to Takuto and others if you weren't coming to this island?' Puncaknya adalah ketika anda ingat bahwa anda juga punya mark (lolwut? ya lolwut banget memang, kan saya sudah bilang kalo Mary Sue :v) Sarina bilang ingin melihat tanda anda dan andapun buka baju and BEHOLD NAO MAI SEXSEH BODEH!!


Aww, jadi malu saia :3

Dan apakah itu berarti.. ya! tentu saja anda bisa mengakses zero jikan dan mulai hari ke-20 anda akan mulai perang terbuka dengan KBBBBB. Dengan PEDANG. YA. DENGAN PEDANG (man, I just love writing that after a long time). Jadi ucapkan BELAHLAH DADA INIIIII KASIEEEEEEH!!! karena anda adalah MOU HITOTSU NO SILAU-MAN!!



APPPPAAAAAAAAAAAAA??!!

Lawan pertama yang anda hadapi adalah pasangan BankerXSimone dengan kombo persis seperti yang anda lihat di anime. Banker MEMASUKI cybody nya Simone dan kekuatan PEDANGNYA jadi berkali-kali lipat. Silau-Man terdesak tapi anda berserk dan menjadi Silau-Man dengan Tauburn berwarna biru dan pertempuranpun dimulai.


TAHU BAKAR! AKU ADALAH KLONENGANMU!
TAHU BACEM!!!
(kalau nama cybody ini di gamenya sih Unknown)


DAN AKU JUGA PUNYA PEDANG!!

Di battle perdana ini, sebenarnya cukup mudah tapi bisa sangat bikin raegquit kalo gak mudeng strategynya. Di tiap turn, anda akan diberi 3 opsi, attack (strong), attack (weak) dan pass (sampai sekarang saya gak tau apa gunanya kecuali membiarkan kematian berjalan semakin dekat). Jika anda memilih attack, sebuah lingaran akan muncul. Untuk menyerang anda cukup menekan O  dan sebuah lingkaran kecil akan muncul dan berputar di sekeliling lingaran besar dan anda harus menekan O lagi untuk menghentikan lingkaran kecil tersebut di zona yang dihighlight, jika kena damage anda akan besar, jika tidak kena anda masih akan tetap menghasilkan damage namun tidak begitu besar. Yeah, basically ini cuma main refleks dan timing saja, namun semakin lama semakin susah karena lingkaran nya berputar semakin CEPAT sementara LUBANG, eh, area attacknya semakin SEMPIT, eh, kecil maksud saya, bahkan kadang MLENGSE SEDIKIT SAJA MISS, dihitung NGGAK MASUK. Oh lol sasuga Silau-Man, benar-benar seperti BERTARUNG dengan PEDANG.



Strong attack menghasilkan damage besar namun musuh anda juga membalas dengan damage yang besar (atau bahkan critical). Weak attack damagenya lebih kecil namun serangan balasan musuh juga kecil atau bahkan miss. Tapi memakai weak attack terus-menerus juga tidak menjanjikan musuh untuk tidak melakukan critical attack, dan sekali anda kena critical kadang langsung game over karena damage nya IMBA. Oh satu lagi, di sini Wako melarang Galau-Man mengeluarkan pilar keGALAUan jadi tak ada bantuan di sini.

Setelah berulang-ulang raegquit dan gameover akhirnya saya berhasil mengalahkan duet pembantu nyonya direktur perusahaan BAKPAO itu. Melihat turns of event yang diluar dugaan itu (bahkan di luar dugaan yang main juga), KBBBBB memutuskan untuk merombak ulang strategy. Mulai di bagian ini saya gak begitu paham, tapi sepertinya mereka mengubah cybercasketnya supaya lebih dari satu cybercasket bisa diluncurkan saat battle. Gelap-Man juga berbicara tentang eksistensi tokoh utama dengan si jenggot tapi saya gak begitu paham orz.

Setelah melewati battle perdana, anda balik ke rutinitas keseharian, sampai muncul event melawan KBBBBB lagi. Seperti biasa, anda masuk ke zero jikan dan BELAHLAH DADA INIIII KASSIEEEEEEEEEHHHH!! Battle kedua anda melawan partai Filament, yang dipimpin oleh Duri Beratjoen yang biarpun pettan tapi memiliki bibir yang sexy~ Tapi dia tidak sendirian, si Kerbau Gila dengan Serudukan Penuh Nafsu yang dulu dikalahkan Silau-Man di eps satu pun ikut bertarung, bersama dengan Anak Pengonthel Kecepatan Cahaya. Pertarungan menjadi 2 lawan 3 dan sekali lagi, jangan harap masih bisa hidup setelah kena PEDANG nya Duri Beratjoen.


RASAKAN PEDANGKU!
RASAKAN PEDANGKU!
RASAKAN PEDANGKU JUGA!
Biarpun gamenya simple tapi ucapan-ucapan sepanjang pertarungan yang lebae seperti di animenya membuat tidak bikin bosan

Setelah daily life lagi selama beberapa hari, siapkan PEDANG anda, karena kali ini anda akan bertarung melawan Partai Bank Dewasa yang dipimpin oleh, siapa lagi kalau bukan, CAMBUK CINTAAA \:v/ Untungnya karena cybody nya Simone sudah anda PEDANG duluan di battle pertama jadi yang menemani Cambuk Cinta cuma Banker. Tapi biarpun 2 lawan 2, jangan remehkan JURUS BADAI PEDANG dan TINJU DELAPAN BAKPAO SURGAWI. Setelah gameover berulang kali dan mengabsen semua penghuni kebon binatang, akhirnya saya bisa memenangkan pertarungan ini ==


TINJU DELAPAN BAKPAO SURGAWI!


JURUS BADAI PEDANG MENYAMBAR KABEL LISTRIK SEHINGGA PEDANGKU JADI TERALIRI LISTRIK SERIBU VOLT AWAS KESETRUM LOH!!!

Daaaaaaaaaan, siapakah partai terakhir yang akan anda lawan di tanggal 30 yang sepertinya juga hari terakhir petualangan anda? tentunya anda bisa menebak. Benar! KAMI ADALAH PRIA-PRIA KESEPIAN. MISKIN BANDWITH DAN DITINGGALKAN CINTA. COBA DENGAR KEGALAUAN KAMI..



BATANG BERCABANG! PEDANG MELAYANG! ULAR KENYAL! DI BAWAH PIMPINAN PUTERI KIPAS YANG TETEP PAKE KIPAS BIARPUN RUANGANNYA BER-AC! KAMI! PARTAI PRIA-PRIA KESEPIAN!! SUDAHKAH ANDA MINUM SUSU HARI INI? SAYA MINUM DUA! KANAN DAN KI-
- pesan ini dipersembahkan oleh Wedang Jahe Kalengan. Wedang Jahe Kalengan tjap WJK, baik untuk diminum di malam yang dingin dan gelap sepi benakku melayang pada kisah kita. Terpercaya sejak terakhir kali anda putus/di NTR.


Kalahkan Silau-Man dan Silau-Man klonengan, pria-pria kesepian. Jika berhasil, kalian boleh pilih salah satu dari kami sehingga tidak perlu menghabiskan malem minggu dengan main pe es pe.

Sayang sekali meskipun Puteri Kipas menyinggung-nyinggung soal AYINNGOT SI MATA SETAN PENCARI PERAWAN tapi pada akhirnya yang turun battle cuma dua, BATANG BERCABANG dan PEDANG MELAYANG. Sebenarnya bakal lebih epic kalau melawan mereka bertiga sekaligus, tapi dijamin bakal tambah stress dan raeg karena cybody nya pria-pria kesepian HP nya hampir dua kali lipat (saya berharap Ayingott bisa dilawan di arc yang lain). Tapi akhirnya saya menang juga dan langsung event dimana GELAP-MAN turun tangan langsung dengan cybody biru nya yang fenomenal karena pernah membuat PEDANG SILAU-MAN MENGHILANG. Sampai sini saya masih kesusahan mangalahkan Gelap-Man karena HP nya 9000 (kurang satu lagi udah OVER NINE THOUSAAAND) dan sekali critical NTRRRRRRRRRRRRRRRRRR!!! langsung instant kill tidak peduli berapapun HP anda. WTH memang. Untungnya game ini continue nya tak terbatas dan PSP bisa dihibernate kapan saja, jadi saya bisa mengulang lawan Gelap-Man kapanpun, soalnya jika harus meload gamenya, maka mulainya dari melawan Pria-Pria Kesepian tadi.


JANGAN PERCAYA OMONGAN GELAP-MAN!
PERCAYALAH PADA PEDANGMU!
PEDANGMU ASLI 100% DARI BAHAN ORGANIK!
BUKAN BARANG TIRUAN MAUPUN BUATAN PABRIK!
KALAU TIDAK PERCAYA COBA COPOT SAJA, PASTI TIDAK BISA!

Demikianlah review dari playthrough (yang benernya belum tamat, kurang sedikit lagi) dari game yang diadaptasi dari salah satu serial anime favorit saya yang tidak akan pernah terlupakan kan kukenang seumur hidupku. Yang saya mainkan ini adalah arc default, yaitu arc nya Silau-Man, karena memang cuma itu arc yang bisa anda dapatkanwaktu pertama kali main. Sebenarnya sampai melawan Gelap-Man itu semuanya sudah jelas, tentang asal muasal dan identitas karakter utama, karena Gelap-Man menjelaskan soal fake ginga bishounen dan seterusnya tapi banyak bagian yang saya nggak paham orz.

Jika anda mengincar rute yang lain, anda baru bisa menikmati setelah menamatkan game ini satu kali. Melihat di rute default ini banyak sekali adegan YOAI bermunculan, sepertinya game ini memang diperuntukkan buat pasar fangirls, tapi buat anda para cowok yang juga ingin memainkannya, jangan kecewa, setelah penderitaan memijet Galau-Man, Silau-Man, dan kena PEDANG, eh, pedangnya Galau-Man sampai pingsan dan digendong, di game selanjutnya anda langsung bisa memilih rute para cewek pimpinan partai KBBBBB yang fanservice nya bikin anda gak gak gak kuat, gak gak gak kuat. Berikut ini adalah list rute dan ending yang saya dapatkan dari browsing-browsing (yang tidak ada keterangan berarti cuma satu ending)

Ginga Bishounen/Silau-Man Route

Silau-Man (normal and good end)
Galau-Man (normal and good end)
Wako Route (normal and good end)
Tiger Route (normal and good end)
Jaguar-senpai Route (normal and good end)
Sarina

--available after clearing one of the above--

Night Flight Drama Club Route

Sarina (normal and good end)
Mizuno (normal and good end)
Wako (normal and good end))
Silau-Man
Galau-Man


Bunkasai Route

Kuncir Sakti (normal and good end)
Perban Ijo (normal and good end)
Mami (cewek yang bisa zummon zombie figma)
Silau-Man+Galau-Man+Wako


Glittering Crux Brigade/Kiraboshi/KBBBBB Route

Cambuk Cinta (normal and good end)
Simone (normal and good end)
Duri Beratjoen (normal and good end)
Puteri Kipas (normal and good end)


--available after clearing Kiraboshi Route--

True Glittering Crux Brigade/Shin Kiraboshi Route

Gelap-Man
Sakana-chan
Anda sendiri (yuu)

IMBA sekali bukan percabangannya == jumlah CG nya juga tidak kalah banyak. Well,s ampai sini dulu reviewnya, saya tidak tahu apakah akan mempost reportase lanjutan saya man game ini karena saya juga tidak tahu kapan punya waktu dan mood lagi buat nerusin (yang jelas saya masih tergoda untuk mendapatkan endingnya Cambuk Cinta dan Kuncir Sakti :3   ..dan sakana-chan orz tapi kayaknya susah banget itu harus namatin rute KBBBBB dulu) Sampai jumpa lagi di post berikutnya.


Kamus dunia Silau-Man klonengan


AURA LANGIT PEDANG DEWA

Konon jika anda berhasil melakukan CF (charged fap) selama 30 siang 30 malam, maka PEDANG anda akan memancarkan aura dewa seperti ini. Aura ini sangat IMBA sekali, bahkan konon bisa membuat anda TERBANG dengan menggunakan PEDANG anda. Namun sampai saat ini, belum ada laporan mengenai orang yang berhasil melakukannya. Kami pernah mengadakan kontes saat bulan puasa kemarin di group FB namun semua kontestan tumbang sebelum hari ke-30.


Ketika PEDANG DEWA yang BERAURA tadi diLEPASKAN SERANGANNYA maka hasilnya akan menjadi sebuah AIR MANCUR DEWA yang sangat kuat. Konon pancuran AIRnya bisa muncrat hingga ke MATAHARI dan membuat suhunya menurun sekitar lima ratus derajat celcius.

5 comments:

Sekiguchi-DH said...

Galau-man ga pakai celana kya~ sutekii!!~

Zepar and Furfur said...

sebenarnya ada plugins di psp buat screenshot..
tapi reviewnya!!! membuat saya jadi niat untuk download silauman di psp :tkp:

Fallendevil said...

wtf, screenshute gawe mata kanker om!

tapi ndak papa!

Anonymous said...

om klo mau liat walktroughtnya dimana ? susah dapetin route sakananya

Neohybrid_kai said...

coba ini
http://ninteenpointzerofour.wordpress.com/2011/03/14/star-driver-psp-game-dump/
tapi tidak komplet, cuma review
kalo mau walktrough ada tapi sitenya bahasa jepang (linknya lupa ^^, tapi di link di atas ada kalo gak salah, browse aja post tentang star driver psp)

Post a Comment

 
Ikemasen, Ojou-sama! © 2006-2014 DheTemplate.com. Supported by Toko Anime