Friday, May 27, 2011

Laskar SOS rilis Lampu Minyak Kakek (Young Animator Projects 2010)

4 comments
Project kecil-kecilan yang saya kerjakan di sela-sela combo liburan hari kejepit beberapa minggu lalu. Baru sempat diupload sekarang karena sering kelupaan waktu ke warnet buat upload mkv nya (untung saya nemu versi yang sudah lowres jadi tinggal di swap subtitlenya).

Rilis ini juga sebagai kado balasan buat yang sudah mengucapkan Happy Bday buat Laskar SOS, yang saya sendiri malah lupa kalau sudah memasuki tahun kedua (habis sudah hampir gak pernah rilis apa-apa lagi sih, hahaha). 


Mengenai animenya sendiri, Oji-san no Lamp, adalah 1 dari 4 anime pendek hasil karya para animator muda Jepang yang terpilih memperoleh "beasiswa" dari Agency for Cultural Affairs (mungkin kalo di sini kayak Depdikbud gitu ya?) untuk merealisasikan animenya di bawah bimbingan sutradara dan studio anime yang sudah berpengalaman. Hal ini diadakan karena kepedulian pemerintah yang khawatir melihat kebanyakan anime saat ini lebih banyak dikerjakan oleh studio/staff luar negeri (outsourcing). Agency for Cultural Affairs juga lah yang memberikan award kepada Mamoru Hosoda untuk Summer Wars nya yang fenomenal, jadi singkatnya anime-anime yang dihasilkan dari program Young Animator Projects ini ditanggung memiliki rasa yang fresh, original dan tidak tersentuh oleh tuntutan pasar yang menghendaki moemoe/fanservice/yoai/dan sebagainya. Tahun ini pun diadakan program yang sama dengan 4 animator muda yang sudah terpilih dan mulai memasuki masa traning, dimana karya mereka bisa kita lihat builan Januari tahun depan. Dari empat anime yang keluar sebagai pemenang saya memilih ini buat di sub, karena paling masuk dengan selera (bukan berarti yang tiga tidak masuk selera), sebuah kisah tentang penjual lampu minyak yang luar biasa.

Baiklah, tanpa banyak prakata lagi, selama menikmati.

Download mkv lowres (400px)
Download subtitle only (compatible with gg release)


Oh, satu lagi. Saya merekomendasikan anime ini untuk anda kenalkan pada rekan-rekan anda, bahkan yang bukan penggemar anime sekalipun. Kemungkinan besar persepsi dan penilaian mereka terhadap anime akan semakin terbuka.

4 comments:

minoru said...

Wah ternyata anda nge-sub ini. Ada rencana nge-sub juga buat tiga judul lainnya?

Neohybrid_kai said...

Hmm sepertinya tidak, ini lebih seperti project dadakan karena impact nya waktu nonton sangat mendalam. Mungkin kalau ada anime pendek serupa bakal saya sub lagi.

Which remind me, perhaps I should release Baby Blue

Murtee said...

bentar,, ini perasaan saia aja apa emang linknya kebalik?

Neohybrid_kai said...

ahahaha, ternyata kebalik
thanks pemberitahuannya, sudah saya benerin

Post a Comment

 
Ikemasen, Ojou-sama! © 2006-2014 DheTemplate.com. Supported by Toko Anime