Friday, April 16, 2010

Cara main Hanafuda (Koi Koi)

7 comments
Kalau anda nonton Summer Wars, pasti anda kenal sama game satu ini. Biarpun waktu nonton animenya anda mungkin nggak dong sama game nya, tapi melihat dari permainannya kerasa kan kalau game ini seru dan rame? sutradara Mamoru Hosoda rupanya ingin mengangkat semangat permainan tradisional ini lewat film anime beliau. Dan sepertinya beliau cukup sukses. Dengan presentasi yang keren, siapa yang tidak tertarik main Koi Koi seperti di Summer Wars? nah, kalau anda mau merasakan bagaimana 'pertarungan' Nona Natsuki waktu melawan Mesin Cinta, anda coba saja main game ini.

Anda bisa memainkan Hanafuda, atau yang lebih populer dengan Koi Koi, versi flash nya di website ini.

Petunjuk mainnya bisa dilihat di halaman ini.

Pertama, yang perlu anda lakukan adalah kenali dulu deck kartunya. Perhatikan gambar ini:


Tidak sulit kan untuk menghapalnya? yang perlu anda perhatikan adalah gambar/motif bunga nya, namanya juga hanafuda (hana = bunga). Ada 12 motif bunga dalam satu set kartu. Untuk mengambil kartu yang di tengah, anda harus menggunakan kartu yang sama motifnya.

Yang sebaiknya diperhatikan soal deck kartu hanafuda

Umumnya per motif punya kombinasi seperti ini: 2 kartu biasa, 1 kartu puisi, 1 kartu special (bisa ko/terang atau tane/binatang), kecuali motif berikut :
- pampas (rumput, yang mirip gundukan): 2 kartu biasa, 1 binatang, 1 terang
- willow: 1 kartu biasa, 1 puisi, 1 binatang, 1 terang (kartu biasanya yang ada gambar petir, jadi kartu petir itu kartu biasa nya willow, bukan special)
- paulownia: 3 kartu biasa (ya, yang ada warna kuning nya itu kartu biasa juga) dan 1 kartu terang (itu gambar burung phoenix btw)
- chrysanthemum: kartu binatangnya (yang gambar cawan sake merah ada puisinya) disebut juga bake-fuda (wild card) karena bisa selain bisa jadi binatang juga bisa sebagai kartu biasa.

Selanjutnya, yang perlu dihafal adalah kombinasi yaku (jadi) nya. Ini yang cukup sulit, terutama yaku yang memang harus dihafal kartunya (sanko, shiko, goko)

Tabel Yaku bisa anda lihat di sini

Kasu (1 POIN)
10 kartu biasa, poin bertambah 1 tiap kali anda koi koi dan dapat 1 kartu biasa lagi

Tanzaku (pita/kertas untuk menulis puisi) (1 POIN)
5 pita, warna bisa beda, poin bertambah 1 tiap kali anda koi koi dan dapat 1 pita lagi

Tane (binatang) (1 POIN)
5 kartu binatang

Ino Shika Cho (5 POIN)
babi hutan, rusa dan kupu-kupu

Akatan (puisi merah) (6 POIN)
3 kartu puisi merah (kartu pita merahnya harus yang ada tulisannya)

Aotan (puisi biru) (6 POIN)
3 kartu puisi biru

Sanko (3 terang) (6 POIN)
3 kartu terang (Ono no Michikaze [gambar orang bawa payung] tidak dihitung)

Ame-Shiko (4 terang dengan Ono no Michikaze) (8 POIN)
4 kartu terang, salah satunya Ono no Michikaze

Shiko (4 terang) (10 POIN)
4 kartu terang, tanpa Ono no Michikaze

Goko (5 terang) (15 POIN)
semua kartu terang

Tsuki Fuda (kartu bulanan) (4 POIN)
Satu set (4 kartu) yang ditentukan (yang ada di samping)

Oya-ken (6 POIN)
Jika kedua pemain tidak ada yang jadi sampai kartu habis, pemain pertama dapat 6 poin


Ok, sekarang ke mainnya.

1) Cara mainnya benernya simpel, anda cuma harus bikin yaku, setiap turn anda harus membuang satu kartu, sekaligus mengambil kartu yang di tengah, jika motifnya sama.

sekali lagi, yang dilihat gambar bunga di belakangnya

- jika kartu yang di tengah tidak ada satupun yang motifnya sama dengan kartu yang anda buang, maka kartu anda akan ditaruh di tengah.

- jika kartu anda sama motifnya dengan salah satu dari kartu yang di tengah, maka kartu itu dan kartu yang di tengah yang sama tadi akan ditaruh di sudut kanan bawah,

- jika kartu anda sama motifnya dengan lebih dari satu dari kartu yang di tengah, maka anda bisa memilih kartu mana yang mau anda ambil, kartu itu dan kartu pilihan anda akan ditaruh di sudut kanan bawah,

nah kartu-kartu yang di kanan bawah itulah yang bisa jadi yaku (kombinasi)

Kalau anda punya dua kartu sama, anda bisa mengambil kedua kartu itu, buang dulu satu, lalu di giliran berikutnya, pakai kartu yang motifnya sama untuk mengambil kartu yang anda buang tadi, ini kalau nggak keduluan diambil sama lawan tentunya.

2) Setelah anda membuang satu kartu tadi, anda mengambil satu kartu dari tumpukan,

-jika kartu yang anda ambil itu motifnya sama dengan salah satu kartu yang di tengah, maka secara otomatis kartu itu akan dipakai untuk mengambil kartu dari tengah

-jika kartu yang anda ambil itu motifnya sama dengan lebih dari satu kartu yang di tengah, maka anda diminta memilih kartu mana yang mau anda ambil

-jika kartu yang anda ambil itu tidak sama motifnya dengan kartu yang ada di tengah, maka kartu itu akan anda pegang

setelah mengambil satu kartu, giliran anda berakhir. cuma begini kok mainnya, gampang kan? nah, sekarang ke bagian KOI-KOI nya! XD

Koi-koi

Ini yang bikin permainan ini rame. Koi-koi bisa dibilang seru karena melibatkan adu nyali (dan menaikkan taruhan kalau dipake judi, tapi saya tidak merekomendasi main judi), jadi kartu anda sudah membentuk satu yaku, katakanlah kasu (10 kartu biasa), anda akan ditanya apakah mau koi-koi atau tidak, sayang di game versi flash ini, istilah yang dipakai adalah continue? jadi kesan kerennya berkurang.

- Jika anda koi-koi!! (continue) maka skor anda akan dihitung, TAPI anda belum dinyatakan menang.

- jika anda bisa dapat yaku lagi, maka poin nya akan ditambahkan, misal anda dapat tanzaku (5 pita/puisi), maka skor anda +1 lagi

- beberapa yaku bisa terupgrade/akumulasi lewat koi-koi, misal anda jadi yaku kasu (10 kartu biasa, nilai 1 poin), anda koi-koi, anda ambil kartu lagi, dapet kartu biasa, maka yaku kasu anda bernilai 2 poin, anda koi-koi lagi, ambil kartu lagi, dapat kartu biasa lagi, maka kasu anda sekarang 3 poin, dan seterusnya.

- hal yang sama juga berlaku untuk sanko (3 terang). jika anda koi-koi dan dapat kartu ko, maka sanko anda akan berubah jadi shiko (4 terang), koi-koi lagi, dapat ko lagi, maka jadi goko (5 terang) tapi ini kemungkinannya kecil sekali.

- untuk kasus yaku yang upgrade atau kumulatif seperti di atas, di penghitungan terakhir, yang dihitung adalah yang poinnya paling besar. Misal anda jadi sanko (8 poin), lalu shiko, yang dihitung terakhir adalah shiko (10 poin)

- TAPI, jika anda koi-koi!! dan anda belum dapat yaku lagi malah keduluan lawan anda yang yaku nya jadi, dan lawan anda tidak koi-koi, berakhir sudah. skor anda hangus dan lawan anda menang.

ilustrasi gampangnya gini

- anda sudah jadi sanko (8 POIN), anda koi-koi karena mengincar shiko. ternyata lawan anda punya 9 kartu biasa di tangan, anda belum dapat kartu ko, lawan sudah dapat kartu biasa, jadi dia punya 10 kartu biasa, yaku nya jadi kasu (1 POIN), jika lawan tidak koi-koi, anda kalah, skor anda nol, lawan anda menang dengan skor 1.

- TIPS: karena itu, jangan lihat kartu sendiri terus, lihat juga kartu lawan, apa dia mengincar yaku tertentu? sudah hampir jadi atau belum?

XDDDD menarik kan? bisa dibayangin ramenya gimana, sayangnya game flash yang saya temukan tidak bisa untuk multiplayer, padahal koi-koi bisa dimainkan hingga 4 orang, 2 lawan 2, asik juga ya kalau buat game pas double date (single date aja belum apalagi double orz)

7 comments:

minoru said...

looks interesting.
i'll give it a shot.

furei kinoko said...

ada yang jual hanafuda card set di indonesia, nggak?

zetsudou sougi said...

great!!!!!!!
kebetulan saya lagi nyari ini
karena terkena doktrin summer wars : Koikoi lebih keren dari YUGIOH

Neohybrid_kai said...

wkwkwk, koi koi di SW emang lebih keren dari YUGIOH

@kinoko
nggak tau, tapi bikin sendiri kan bisa, tinggal print. tapi katanya kalau kartu asli, pas dilempar dan kena kartu lain ada bunyinya, mungkin bahannya beda

Anonymous said...

wahh...pengen punya kartuna, gak enak terus main ama kompie, pgn main ama temen juga >.<

asik said...

hanafuda ini kayak tokoh di anime naruto
tokoh shikamaru-ino-chouji
bersumber dari mashasi kisamoto

Neohybrid_kai said...

benar, nama karakter itu memang terinspirasi dari istilah dalam permainan ini

Post a Comment

 
Ikemasen, Ojou-sama! © 2006-2014 DheTemplate.com. Supported by Toko Anime