Friday, February 26, 2010

Petunjuk menginstal VN Umineko untuk yang benar-benar tidak tau

19 comments
Karena adanya permintaan dan mungkin sebentar lagi kopian VN episode 5 bakal nyebar ke banyak orang yang mayoritas newbie, jadi saya memutuskan untuk menulis ini. Seperti yang tertulis di judulnya, guide ini ditujukan buat yang sama sekali belum pernah mempunyai pengalaman dalam menginstal VN atau program-program yang memakai bahasa jepang.

Alrite, pertama saya tulis dulu dengan tinta merah.

1) Guide ini hanya mengcover instalasi untuk windows XP (dibaca windows eks pe, bukan emoticon saya lagi melet ke anda sambil merem).
2) Meskipun saya bilangnya VN Umineko (atau yang lebih tepat seharusnya SN atau Sound Novel), tapi yang dibahas di sini adalah bagaimana menginstal EPISODE 5 nya, karena yang saya mainkan memang cuma Umineko episode 5 (Chiru).

Sudah? paham? dengan kata lain, jika anda merasa terkena usaha anda tidak bakal terpenuhi karena statement di atas, misalnya anda memakai Vista atau hendak menginstal episode 1-4, maka silahkan mencari tiang pasak paling besar di dekat anda lalu tancapkanlah diri anda dengan pose yang lebay. Oh, satu lagi, saya sengaja nggak ngeblur isi pc saya karena, well, what's the point? silahkan liat isi hd saya, tapi tidak ada yang bisa anda ambil dari tanah kami (apa ini? film tentang suku Indian? lol).

Baiklah, mari kita mulai.



Step one: Installing east asian language

Pertama, yang harus anda check adalah apakah windows xp anda bisa menginstal language pack untuk bahasa jepang. Ini sangat esensial, karena kalau di step ini anda sudah gagal, maka tidak ada harapan lagi untuk membaca VN dan menginstal game-game dengan bahasa jepang lainnya, kecuali dengan menginstal ulang windows xp anda.

Caranya, pergi ke Control Panel, lalu pilih Regional and language option. Atau jika anda pakai control panel yang gaya baru, pergi ke Date, time, language and regional option, baru pilih Regional and language option. Setelah keluar, klik tab Languages lalu coba check kotak dengan tulisan instal files for east asian language.

Anda akan diminta memasukkan master cd windows xp anda. Biasanya hanya dengan memasukkan cdnya, maka otomatis instalasi akan berjalan sendiri, tapi terkadang anda diminta untuk membrowse file yang diperlukan, saya lupa di bagian mana tepatnya file languagenya, tapi jangan khawatir, klik saja browse dan ubek-ubek foldernya satu persatu, pasti ketemu kok. Dan tidak memakan waktu lama (coba cari folder Language, LANG, dan sejenisnya).

Jika semuanya berjalan dengan benar, maka pada tab Advanced, pilih Japanese dari menu, klik apply lalu OK. Selamat, anda telah membuka gerbang keramat untuk memainkan game, VN, eroge, galge, otomegame, BLgame, dan benda-benda wtf lainnya dari Jepang.

TAPI! jika setelah anda klik apply yang muncul adalah "cannot... administrator blablabla.." saya lupa tulisan lengkapnya, berarti sejak dari awal instalasi, windows xp anda memang tidak diinstal support untuk menginstal file-file bahasa jepang. Tidak ada jalan lain selain menginstal ulang, seperti kata Maria.
Uuuu~~~ harus instal ulang, uuu~~uuu
Maria! Berapa kali mama harus bilang! Hentikan uuuu mu itu!
Uuu~~~ windowsna harus diinstal ulang uu~~~ ngga support huruf jepang uuu~~~ UU~~~
Mariaaaaa!!! tampartampartampartamparinjekinjekinjekinjekbantingbantingbanting
Atau setidaknya itu yang saya rasakan tiap kali harus menginstal ulang. Anyway, saya tidak bisa membantu banyak kalo soal ini, yang jelas pada saat menginstal, pastikan anda juga memilih instal file for asian language atau sejenisnya. Jika sudah, lakukan prosedur tadi lagi, ke tab language, check instal file, dst. Jika anda menginstal ulang dengan benar, harusnya tidak ada masalah lagi.

Untuk mengecek apakah anda berhasil coba ke tab language lagi, sekarag clik details.. Di bagian setting anda harusnya menemukan pilihan Japanese Microsoft IME. Anda tidak perlu memilih itu, karena nanti tiap kali ngetik tulisan anda bakal jadi huruf jepang, tapi sepengetahuan saya, sepertinya sih ada beberapa game yang baru bisa kalau pake settingan keyboard IME. Well, apapun settingan pilihan anda, minumnya tetep teh botol SUSUU!!! ups, maksud saya apapun settingan pilihan anda, anda masih bisa merubahnya sewaktu-waktu lewat toolbar IME di pojok bawah.


Bagaimana? Bisa? kalau sudah bisa, saatnya menyanyi seperti mbah Surip (alm), "aku bisa~"

Aku bisaa~~~

Aku bisaaaaa....

:bergema:

Sekarang kita ke step dua.

Step two: installing virtual drive

Karena file yang anda terima hampir pasti berbentuk ISO atau NRG, anda butuh program untuk menjalankannya sebagai CD/DVD. Saya pakai virtual daemon untuk ini, coba search di indowebster. Biasanya sih setau saya program ini biarpun udah diinstal tapi kadang nggak muncul di list program files, jadi coba anda cari di folder program files, di C: lalu cari folder D-Tools, lalu dobel klik daemon.exe Nih saya kasih screenshot sekalian buat pamer settingan folder saya yang feminim, lol.

Jika sudah, maka di pojok bawah akan ada icon gambar petir dalam lingkaran. Klik kanan, lalu set number of drive nya jadi satu. Like this.

Intinya, virtual drive adalah seperti cd/dvd room virtual. Jadi anda bisa pilih lebih dari satu drive kalau ada banyak game yang akan diinstal. Sekarang, saatnya minum susu. Ah, maksud saya, saatnya membaca file iso nya menjadi dvd. Click kanan lagi di icon daemonnya, pilih virtual cd/dvd room, device 0, lalu mount image.

Anda akan membrowse window secara otomatis, browse ke folder dimana anda menyimpan file nrg nya, lalu pilih open. JREEENGGGG! kalo anda benar melakukannya, maka anda akan langsung disambut dengan windows instalasi umineko episode 5.

step three: installing umineko chiru

Pilih pilihan yang paling kiri (インストール), proses instalasi akan berjalan seperti instalasi program pada umumnya. Normalnya, anda tidak akan menemui hambatan sama sekali dalam proses ini karena semuanya berjalan dengan otomatis, kecuali terjadi mati lampu (jika anda tidak punya UPS) atau komputer anda tiba-tiba meledak sendiri dengan lebay.

Sekarang sumber air sudah dekat.. maksud saya, sekarang anda sudah bisa mulai membaca umineko eps 5... dengan bahasa jepang. Tentu saja, anda tidak akan bisa ngakak dengan maksimal kalau anda main versi jepangnya. Jangankan ngakak, paham aja nggak. To fully experienced the ngakakness of umineko, anda harus mempatchnya dengan patch bahasa inggris terlebih dulu.

step four: installing umineko chiru english patch

Sebelum anda menginstal patchnya, ada yang harus anda cek terlebih dulu. Pergi ke folder BGM yang ada di folder instalasi umineko, lalu klik kanan dan lihat propertiesnya. Jumlah file BGM yang ada dalam folder itu harus 136 buah dengan total size 650 MB. Saya akan mengatakan dengan red text;

Patch bahasa inggris Umineko eps 5 tidak akan berjalan jika file BGM anda tidak lengkap.

Jadi bagaimana kalau tidak lengkap? well, anda mungkin harus menginstal VN dari episode 1. Saya sendiri dapat file-file yang kurang dari mengopi punya temen, tapi jika ada permintaan dan koneksi internet sedang bersahabat kapan-kapan akan saya uploadkan.

Proses patchnya sendiri cukup mudah sebenarnya, yang perlu anda perhatikan adalah pastikan anda mengekstrak folder isi zipnya ke folder instalan umineko.

Selanjutnya anda tinggal mengklik onscripter-en.exe yang ada di dalam folder patchnya, dan selamat, dengan ini anda sudah siap untuk ditroll habis-habisan oleh Bernkatro dan rekan-rekannya. Jangan lupa, sampaikan salam saya buat BEATORIICCCHIEEEEEEEEEEEEEEEEEE ya.

19 comments:

Anonymous said...

ini kebo desuu~~

ah, gila gila gila gila gila gila gilaaaaaaaaaaaaaaaa

baca petunjuk instalasinya ja udah bikin ngakak
( ==)

Neohybrid_kai said...

lol, masa sih? padahal cuma masang joke susu sama maria XD

Anonymous said...

ehem, ngakak disini =
ngakak karena kelainan jiwa ( ==)

gila,( baru ) baca petunjuk i8nstalasinya aja udah bikin mata keriting... apalagi maennya O_O

jangan lupa DVD anime-nya juga lho. tanggal 7 jam 10 di JEC ( waktu bisa berubah sesuai keinginan saya )

Anonymous said...

cara nginstall buat org males cukup dicopi isi DVDnya \(^0^)/
"fullsrc" -> "" masukin semua file yang ada di luar folder ke folder ini
"BGM" -> "BGM"
"BGM0" -> "BGM0" (Episode 6 only)
"BGM2" -> "BGM2" (Episode 6 only)
"movie" -> "movie"
"ME" -> "ME"
"screenshot" -> "screenshot"
"SE" -> "SE"
"sys_se" -> "sys_se"

tinggal dimaenin deh

rex said...

....
*facepalm*

Neohybrid_kai said...

Oh I c, bisa begitu ya? tapi proses instalnya emang sama dengan ngopi sih, dan cuma ngeklik next, jadi ya sama aja

Kana said...

Aneh, gue kok nggak ada ya .nrg filenya? Gimana ini uuu uuuuu

Neohybrid_kai said...

Bukan nrg? lalu apa? ^^
setau saya ISO juga sama, coba jelaskan ekstensi anda dulu

Kana said...

Aku download file yang sama kayak Kai, bentuknya .zip 'kan? Tapi di luar folder "(C76) Umineko..." nggak ada file Umineko eps 5.nrg

Tapi abis dicek tiap folder, ga ada image yang bisa di-mount

Neohybrid_kai said...

Ah iya saya lupa, itu file .nrg karena ngopi dari DVD original punya temen langsung, kalo di udah ada setup nya ya tinggal klik aja, mungkin .exe

Kana said...

Jadi nggak usah di-mount, apa harus teteup? Soalnya pas klik yang buat Install, tulisannya ga jelas dan nge-freeze

Neohybrid_kai said...

bentar, tulisannya nggak jelas? jadi kotak2? berarti mungkin japanese font nya belum keinstal. Kalo udah keinstal jap language tanda "\" di drive (misal C:\) berubah jadi simbol yen.

fallendevil said...

ubah non-unicode dulu jadi japanese terus restart.

Kana said...

Kalo masalah Bahasa Jepang sih, udah di-install dan bisa nulis. Masalahnya apa ya?

Neohybrid_kai said...

hmm coba screencap isi filenya apa aja

Kana said...

http://i655.photobucket.com/albums/uu277/heartfeltfancy/kucinglaut.png ini.Sisanya kan OP movie, BGM (650 mega), sound effect, etc

Neohybrid_kai said...

ack, itu windows seven ya? nggak tau kalo gitu, soalnya saya juga pernah instal game jepang di laptop yang pake 7 tapi nggak jalan, padahal filenya yang pake tulisan kanji/kana bisa kebaca

Kana said...

Nggak kok, XP tapi skin Vista. Aneh ya :|

Neohybrid_kai said...

XP? hmm kayaknya ada yang salah dengan instalasi jap languagenya, harusnya kalo XP di explorer "\" nya berubah jadi yen, lihat screencap terakhir.
Aneh +_+ jadi di instal aja juga gak bisa?

Post a Comment

 
Ikemasen, Ojou-sama! © 2006-2014 DheTemplate.com. Supported by Toko Anime