Sunday, February 28, 2010

Bongkar-bongar gudang, postingan tanpa gambar

11 comments
OK, beberapa hari yang lalu saya sedang bongkar2 blog lama dan menemukan beberapa postingan yang cukup ngakak (dan lebih banyak lagi postingan yang cupu -red: postingan cupu adalah istilah saya buat postingan yang kata ganti pertamanya pakai "aku"), tapi kita tidak akan membahas soal itu, kalau anda mau browsing2 saja ke blog lama saya, tapi ntar ya, sekarang baru dipugar. Yang jadi topik di post ini adalah setelah saya bongkar2 post lama, saya jadi keterusan bongkar2 isi hardisk dan menemukan banyak script2 dan draft vn, ln, bahkan eroge(!) yang ditulis pada saat saya masih muda, ya mungkin sekitar satu atau dua ribu millenia yang lampau lah. Kalo di bahasa otaku, ini disebutnya kuro rekishi atau era kegelapan XDDD Yah, anyway, saya merasa kalo script2 itu daripada mengendap jadi residu di hardisk mending saya exhibit saja di sini, mungkin ada yang tertarik atau setidaknya anda yang masih punya semangat 45 untuk membuat light novel atau VN bisa menggunakanya sebagai referensi.

Dengan ini, saya menyatakan pameran barang-barang usang resmi dibuka :tepuktangan:

Baiklah, pertama akan saya list semua judul yang pernah ditulis (tentunya tidak ada yang selesai semua, ahahaha.wav). Dan satu lagi yang perlu anda ketahui, saya lebih sering menulis bukan dalam bentuk skrip, tapi sinopsis. Ya, jadi cerita-cerita yang ditulis kebanyakan bentuknya malah seperti review. Tentu saja ini jadi tidak bisa disebut cerita, tapi menurut saya ini adalah cara yang cukup efektif untuk membuat garis besar cerita sampai selesai, tanpa membuat plot jadi keluar jalur (masukan buat kouhai, kalau anda tiba-tiba dapat ide, coba jabarkan ide itu dalam bentuk "review", atau saya menyebutnya dengan istilah draft, jadi anda bisa punya pandangan cerita dari awal sampai selesai). Ok, sekarang listnya. Jangan kaget kalo jumlahnya lebih dari projectnya kouhai saya, lolol. Justru ini membuktikan (Sekaligus memperingatkan) kalau pada saat produktif, ide bisa membludak tak terbendung, tapi kalau tidak dihandle dengan baik semuanya akan terbengkalai. Oh dan satu lagi, saya menulis semua cerita ini (kecuali White Ranbow) secara manual! karena waktu itu belum punya pc (dan waktu awal-awal punya pc, saya masih cepet nulis daripada ngetik).


I. HALF-PAIR TRILOGY

HALF-PAIR I
HALF-PAIR II : GARDEN
HALF-PAIR III : A PLACE TO RETURN

genre: action, fantasy, rpg
vintage: 2003
completion: draft completed, no script.

Ya anda tidak salah baca, dua ribu tiga, dan saya tidak sedang jualan celana dalam, dua ribu tiga.. dua ribu tiga..

Ini adalah cerita yang pertama kali saya tulis, karena itu tentu saja sangat idealis, emooooo angsteeehhhhhh dan lololol cupu bangetlah kk. Tapi karena Makoto Shinkai juga kalo dipikir-pikir karya awalnya sangat lebay (kau dan aku, terpisah antara bumi dan pluto...) jadi saya berpikir positif saja, mungkin ada yang suka. Toh seandainya ternyata nggak ada dan mau diinjek-injek juga nggak papa.

Anyway, regarding Half-Pair (HP) sendiri, influence yang paling besar waktu itu adalah Gensou Suikoden II dan Final Fantasy VIII, jadi ya.. bisa anda bayangkan sendiri kaya apa isinya. Konsep sekolahan magic waktu itu benar-benar keren di otak saya (ya sampai sekarang juga sih), bahkan sebelum saya kenal Harry Potter atau Atelier Series. Bersetting medieval fantasy di sebuah sekolahan yang kelasnya terbagi-bagi menjadi swordian, magician, dan job-job RPG umumnya, lalu karakter utama yang (awalnya kalem tapi ntar jadi) emo, yang mempunyai kekuatan yang menentukan nasib dunia, yang dia harus melindungi sang heroine, yang ternyata heroine nya menyukai cowok lain yang mmffttt ahahaha, yah setidaknya ada dua alasan kenapa HP masih tetap saya banggakan, pertama karena draftnya sudah lengkap, jadi biarpun bentuknya cuma seperti paragraf review tapi ceritanya ada dari awal hingga akhir (dan itu menghabiskan TIGA buah notebook ukuran setengah A4, dengan tebal sekitar 50 halaman BOLAK-BALIK). Dan yang kedua, karena ini adalah basis untuk cerita selanjutnya, kalau anda tau Nasuverse nya TYPEMOON, atau dunianya CLAMP, dunia di HP adalah dunia yang sama dengan cerita-cerita yang saya tulis selanjutnya, termasuk asal nick NeohybridKai saya juga dari cerita ini. Oh, dan biarpun terkesan RPG standar, tapi karakter utamanya berbeda dengan kebanyakan, karena elemen yang dia pakai adalah air.


II. UNTITLED

genre: drama, fantasy
vintage: 2004
completion: completed

Cerita pendek yang sampai sekarang tidak ada judulnya, saya menghabiskan satu notebook untuk menulisnya. Bercerita tentang seorang cowok yang terbangun di dunia yang gersang dan berkabut, lalu bertemu seorang gadis dan berusaha menemukan jalan keluar (tidak, tidak sekeren yang anda bayangkan, lagian ini bukan trailer, tapi drama, termehek-mehek dan tidak ada verbal sparringnya sama sekali).


III. M

genre: action, urban fantasy
vintage: 2006
completion: draft 60%, no script

Ditulis pada saat saya benar-benar lagi depresi, cerita paling gila, dengan gore dan violence, manipulation, bahkan rape scene, meskipun tidak (begitu) explicit. Bercerita tentang battle royal antara para pengguna accent, semacam kekuatan esp, you know, ada yang mengendalikan elemen, strengh, speed, hampir seperti X nya Clamp, cuma ini individu dengan individu. Kalau sekarang mungkin mirip Heroes, tapi mayoritas karakternya adalah remaja. Perang bebas, liberal, present day, dengan damage yang lebay, untuk mendapatkan satu kekuatan absolut yang tidak diketahui, yaitu "M". Nyambung dengan HALF-PAIR. Tokohnya banyak buanget btw, karena semua substory yang nggak masuk ke HP dimasukin ke sini. Dan semakin ke belakang semakin lebay, karena ada pasangan cowok bisu dengan cewek buta, lalu ada cowok yang tidak punya accent tapi hingga meninggal dianggap sebagai user accent paling berbahaya karena detail kekuatannya tidak ada yang tahu (padahal dia hanya pandai memanipulasi orang, ini mirip dengan pelakunya memakai sihirrr! lol) sampai ojousama yang tinggal dalam mansion yang melayang dan di sisi-sisinya ada kanon yang bisa menghujani lawan dengan tembakan.


IV. WHITE RAINBOW

genre: drama
vintage: 2007
completion: draft completed, script ch 1-5, ch 8-9(END)

Setelah sindrom emo berlalu, saya mencoba sesuatu yang kalem dan down to earth, dan terciptalah White Rainbow. Di sini sudah mulai ada verbal sparring yang kita semua cintai. Ceritanya juga simple. Cinta pertama. Selain itu ada juga short story RED CANVAS yang merupakan prolog WHITE RAINBOW. Kemungkinan ini yang akan saya upload kalo tidak ada permintaan yang lain. Nyambung dengan M (ya, anda tidak salah baca).


V. CONTROL PANEL

genre: action, urban fantasy
vintage: 2007
completion: completed

Another short story, kalo ini saya bikin buat contest cerita, jadi 100% bahasa inggris. Kalo dulu mungkin saya agak susah jelasinnya, tapi kalo sekarang gampang, ini mirip Pandora Hearts, pasangan utamanya. Cuma cowoknya tidak shota, tapi bishie yang (terlalu) serius (dan jaim tsundere). Seperti biasanya, karena mulai ke sini saya lebih suka urban legend, jadi inipun settingnya urban, dengan monster2 yang harus diburu dan beda dengan tipikal cerita shounen, di sini ceweknya yang bisa berubah jadi beast mode.


VI. ALTERNA SYNCHRO

genre: action, urban fantasy
vintage: 2007
completion: draft completed, no script

Bisa dibilang ini adalah pengembangan dengan Control Panel sebagai prototypenya. Karakternya beda semua, sekarang karakternya adalah figuran dari White Rainbow, dan konsep memburu monster di tengah kota masih ada. Background storynya juga sudah jelas, dan akhirnya malah jadi nyambung dengan Half-Pair. Kalau ada yang bertanya-tanya kenapa di semua cerita bisa nyambung, itu karena di HP ada seseorang yang bisa berpindah-pindah waktu dan tempat, yang terobsesi membangkitkan seseorang yang dicintainya (bukan, bukan BEYATORIICHHIEEEE, meskipun orangya sama gilanya dengan Kinzo). Selain itu dua Ancients dari jaman HP yang bisa hidup sampai akhir jaman juga masih bertarung lewat permainan catur mereka dengan memanipulasi keinginan manusia (OH DESIREEE... ) sekarang anda paham kan kenapa saya suka Umineko.


Ok, in general, itu yang sudah tergali. Masih ada Nova Arcana, certa yang saya bikin waktu diminta bikin cerita untuk anak-anak (not bad, I think, dengan gaya semi tokusatsu) dan Beach Restoran yang dulu sempat jadi legenda di circle saya, yaitu cerita punya temen saya yang dulu mau dibikin eroge, tapi endingnya saya kacaukan wakakakak, dan akhirnya semua orang akhirnya mengacaukan isi script malang tersebut. Mungkin kalo empunya setuju akan saya pasang di sini.

Lalu banyak konsep one-shot yang juga terbengkalai atau kalau tidak sudah terimplementasikan dalam cerita lainnya. Ah iya, bicara soal ini, ada satu masukan, terutama kalau anda kadang suka kebanjiran ide. Daripada membuat satu cerita baru lagi dengan resiko cerita yang lama tidak terurus, lebih baik anda masukkan karakternya dalam cerita yang sudah jalan, atau jadikan konsep cerita itu sebagai arc baru dalam cerita yang sudah jalan.

Last, tentu saja, mana cerita yang ingin anda baca lihat draftnya?




11 comments:

fallendevil said...

gila kelihatan emo sekali

hmhmhmhmhm masukan masukan yang bagus *tulis2*

saya juga waktu pertamax juga bikin yang emo2 lol

yah, sejak Suzumiya Haruhi no Yuutsu baru emo2an saya mereda,

yang udah ada scriptnya post aja tapi yang pling gila kayaknya M sm Alterna Syhncro :hmhm:

Kokuritsu_ShouneN said...

Wih keren, ternyata dulu mas Kai juga suka buat script ato draft2 seperti ini yah, kalo aku sih nggak jago bikin yg beginian (padahal udah ngidam----eh mau bikin dari dulu).

Kalo kawanku sih juga suka bikin script ato draft2-------yah sekarang udah jadi komik sih, tp dia suka banget gabung2in banyak genre dalam satu cerita, mulai dari emoh-love-story, battle shounen anak2 seperti narucok ato blich, supranatural ala The Da Vinci Code, Drama yg standard(tp ngena banget), perang geng(ya, perang para berandalan), life that controlled by a gamble(mirip2 umineko), sampe yg benar2 aneh seperti konsep karma manusia, perpindahan waktu(wih, kalo ini mah udah pasti biasa banget sama orang2), serta dosa manusia(dimana manusia terlahir atas nama dosa), serta mimpi manusia yg tiada batas, oh dan tokoh utamanya ada banyak.....mirip2 baccano gitu.

Dan waktu kutanya bagaimana dia bisa membuat cerita yg kata teman2nya "aneh" ini, dia bilang, "Sebenarnya bikin cerita itu jangan di rencanain dulu bagusnya, maksudnya jangan dibuat dulu melalui script ato semacamnya, tp langsung aja keluarin semua imajinasi kita langsung tanpa direncanain terlebih dahulu, jd nanti semua tokohnya bisa bergerak bebas tanpa hambatan dan bisa dekembangkan terus sampai manapun",yah kata dia sih.

gecd said...

WOW
lebih keren dari yg saya bayangkan.
waktu SMA saya juga bikin cerita2 kaya gitu
tapi karena saya orangnya males nulis jadinya ya cuma disimpen di kepala dan datanya dah corrupt 20% an. Yg masih ada sampai sekarang malah chara desainnya ( yg kebanyakn digambar di buku paket ) LOL

Fallendevil said...

Kokuritsu_ShouneN said...

[Dan waktu kutanya bagaimana dia bisa membuat cerita yg kata teman2nya "aneh" ini, dia bilang, "Sebenarnya bikin cerita itu jangan di rencanain dulu bagusnya, maksudnya jangan dibuat dulu melalui script ato semacamnya, tp langsung aja keluarin semua imajinasi kita langsung tanpa direncanain terlebih dahulu, jd nanti semua tokohnya bisa bergerak bebas tanpa hambatan dan bisa dekembangkan terus sampai manapun",yah kata dia sih.]

OBJECTION!!

ada yang namanya closed room. Gila susah lho keluar dari closed room yang dibuat sendiri.

pertama pikirkan problem lalu pikirkan kunci.

blacksaber said...

dan akhirnya cerita saya yg dipilih @_@

oohh.. saya sungguh bahagia.. >.>

trimakasih sudah memilih dan menghancurkan novel malangku >.>

Neohybrid_kai said...

@gecd:
sepertinya tiap otaku pasti punya cerita sendiri yang pernah dia tulis, atau setidaknya pengen tulis.

@k.s:
temen anda tipe yang impromptu berarti

@f.d:
betul, salah-salah bisa kaya haruhi ntar

@b.s:
wkwkwk ah anda berlebayhan

Neohybrid_kai said...

@gecd
sepertinya emang tiap otaku pasti punya cerita yang pernah dia tulis, atau setidaknya pengen dia tulis.

@k.s
temen anda terlalu impromptu, tapi kalo ceritanya bukan model yang pake banyak mikir, bisa sih

@f.d
betul, ntar jadi seperti haruhi

@b.s
lolol, anda terlalu berlebayhan

Kokuritsu_ShouneN said...

Hmmm........sepertinya ada yg kelupaan......
OMG, Final Turnamen Basketnya 2 hari lagi!!!!!!!!.....

hiks......gugup banget nih........hati ini belumlah terlalu siap.....belum lagi DRRR!! episode 8 belum ditonton(lah, emang ada hubungannya)

@Kai-san
yah, waktu aku baca komiknya, nggak terlalu banyak ngomong sih, fighting scenenya tergolong banyak(kata dia, fighting scenenya terinspirasi ama kara no kyoukai, tsukihime, gurren lagann, ama hayate no gotoku(lho?), storynya juga berkembang terus, dari yg tujuannya mencari tangan iblis sang tokoh utama(haha, klise banget ya, vol1 nya emang punya cerita yg standarrrrrrrrrrrrr banget, alias, kalau nggak salah kata dia..."Fake Paradox"), sampe antara mimpi dan kenyataan yang tak terkejar(weleh2 bahasanya)........

hamiechi said...

control panel kayaknya saya pingin lihat deh, sekarang ini saya gak pernah bisa baca cerita berbahasa indonesia dengan sirius ;__;

Neohybrid_kai said...

dulu pernah saya upload sih di forum VN lokal,
dan kalo dibaca-baca lagi dialognya banyak yang awkward orz

hamiechi said...

hoooh? ada di indo? *plak* well...lihat dong?

Post a Comment

 
Ikemasen, Ojou-sama! © 2006-2014 DheTemplate.com. Supported by Toko Anime