Saturday, January 2, 2010

Postingan awal tahun

7 comments
Hai hai hai, halow semuanya. Sebelumnya, tentu saja, happy new year, slamet taon baru buat semua yang membaca tulisan ini. Semoga.. ya gitu deh, standar ucapan pada umumnya, intinya semoga banyak terjadi hal yang baik-baik dan menyenangkan. Kalopun ada problem dan trouble (pasti bakal ada lah) semoga bisa terselesaikan. Amin.

Dan untuk semua yang baca post ini, kalian berhak mendapat satu ciuman awal tahun dari Beatorichuu.

wow, kembang api!

Alrite, akhir-akhir ini sepertinya blog saya makin rame pengunjung saja (pede mode on) wakakaka. Buat semua visitor-san, arigatou, jangan bosan mampir sini ya XD

Yak, sebenarnya saya memang berencana mau membuat post yang cukup berbobot untuk memulai tahun ini, namun ternyata memang cukup sulit. Bukan berarti nggak jadi, cuma butuh waktu agak lama untuk merangkai dari point-point dalam draft menjadi sebuah postingan. Jadi untuk kali ini, saya akan membuat post yang, entahlah mungkin tidak begitu banyak berguna buat setiap orang yang membaca, tapi saya memang dari dulu pingin menulis ini sekali-sekali.

Ok, judulnya adalah

Bagaimana cara membuat postingan review anime Ikemasen, Ojousama style! nyahahaha

Bukan, ini bukan bermaksud mau sok menggurui, tapi saya cuma ingin menshare bagaimana cara membuat postingan yang (kelihatannya) ribet dengan paragraf yang panjang-panjang dan gambar sampai puluhan (bahkan kadang seratusan) dengan gampang dan simple. Lagipula yang akan saya bahas lebih ditekankan pada teknisnya bukan isi. Kalo-kalo ada diantara kalian yang pingin membuat review anime seperti blog ini.


Ok, langsung saja. Pertama-tama, yang perlu kalian persiapkan adalah:

1) Player yang bisa membuat screencap/screenshot.

Jika anda biasa memakai media player classic bawaan dari K-Lite codec pack, player tersebut sudah punya fitur untuk melakukan hal di atas. TAPI, MPC biasanya ada lag (terhenti sebentar) saat anda melakukan screenshot. Meskipun anda melakukannya dengan tombol shortcut. Hal ini kadang mengganggu konsentrasi menonton anda, apalagi jika anda seperti saya, membuat screencap sekaligus menonton sebuah episode untuk pertama kalinya.

Karena itulah saya memakai (jadi serasa iklan, lol) The KMPlayer. KMPlayer sama sekali tidak ngelag saat proses mengambil screencap, bahkan jika dilakukan pada saat animenya sedang terplay. Anda cukup mengeset folder dimana screencap akan disimpan, menemtukan shortcut keyboard untuk menscreencap dan thats it. Anda bisa menonton sambil menscreencap saat ada adegan yang menurut anda menarik untuk bahan blog. Bahkan, jika refleks anda terlatih, anda bisa menscreencap tepat saat ada momen-momen yang muncul hanya sekelebat saja, misal: adegan pantyshot yang hanya muncul sepersekian detik. Yah, anggap saja seperti fotografer, mata harus jeli menonton sambil mengamati.

Oh dan seperti yang saya tulis tadi, disarankan anda menscreencap saat pertama kali nonton episodenya. Terutama jika anda ingin membuat review yang subyektif dan bombastis seperti blog ini. Kesan pertama sangat menentukan. Karena bisa jadi saat anda menonton sebuah episode untuk kedua kalinya, adegan yang tadinya kereeeeeeeeeeeeeeeeeeeen banget sudah turun jadi keren banget saja.


2) ACDSee

Setelah semua tercap (dan otomatis anda juga pasti selesai nonton animenya), sekarang saatnya anda mengecheck hasil "foto-foto" anda. Saya biasanya membuat screencap banyak banget. Apalagi kalo adegannya sangat impresif di mata saya. Misal adegan pas Beato ketusuk dan hoeeek hoekkk hooooooooeeeeeeeeeeeeekkkkkkkkkkkkkkkkkkkk kemaren. Toh anda nggak rugi apa-apa, cuma tinggal mencet2 tombol screencap kaya maen game (acara menonton animenya juga nggak terganggu karena nggak ada lag). Screencap yang telah terambil tadi lalu dipilah-pilah, mana yang bakal anda pake, mana yang dibuang. Sama kaya foto gitu de, cari yang ekspresinya bagus, angle nya bagus, etc. Setelah semua fix, buka ACDSee dan lakukan hal ini.

Pertama, resize semua foto, eh, screencap menjadi seukuran yang akan anda pajang.
Karena Ikemasen, ojou-sama adalah blog yang kere ngirit dan ekonomis maka saya tidak pakai sistem thumbnail-thumbnailan untuk mereview anime (sistem thumbnail: mengupload gambar ukuran besar, lalu yang tampak di post adalah thumbnailnya, yang kalo di klik baru buka ke gambar yang ukuran asli). Coba anda hover (erm bahasa indo nya apa ya?) tikus anda ke atas screencap yang ada di postingan review anime, nggak ngelink kemana-mana kan?. Itu karena memang ukuran screencap yang saya pakai ya memang segitu.

Back to ACDSee, biasanya saya resize screencap menjadi 400px untuk panjangnya (lebarnya akan otomatis menyesuaikan skala). Dan nggak satu-persatu pastinya. Pakai batch resize supaya anda bisa membiarkan pc anda bekerja keras meresize ratusan file itu.

Nah setelah itu, langkah kedua, merename file screencapnya. Ini juga pakai batch pastinya. Rename filenya menjadi misalnya seperti ini

judul-episode-nomer.jpeg
contoh: umineko-24-001.jpg

Seperti yang saya bilang, kalo anda pakai batch, anda cukup menulis ## untuk menggantikan nomer, anda tinggal menentukan mulai nomer berapa filenya (pastinya nomer satu) dan ACDSee akan otomatis membuat file itu jadi seperti ini

umineko-24-01.jpg
umineko-24-02.jpg
umineko-24-03.jpg
umineko-24-04.jpg
umineko-24-05.jpg
...
umineko-24-77.jpg

kalo anda pas lagi membuat postingan special dengan jumlah screencap banyak, tambahkan satu # di depan, biar jadi seperti ini

umineko-24-001.jpg
umineko-24-002.jpg
umineko-24-003.jpg
umineko-24-004.jpg
umineko-24-005.jpg
...
umineko-24-107.jpg

ok, sekarang bahan gambar sudah siap, berikutnya yang anda perlukan adalah

3) account di photobucket.com

Jangan memakai uploader gambar blogspot untuk mengupload screencap jika jumlah screencap anda diatas 10. Uploader gambar blogspot cuma cocok anda membuat post dengan gambar sedikit, misal postingan berita, jangan pernah memakainya untuk review anime. Kenapa? karena jika memakai uploader dalam blogspot, anda harus mengupload manual. Tangan anda bakal keriting jika anda mengupload seratus gambar secara manual satu persatu. Simpan tenaga tangan anda untuk mengetik isi post (dan "hal-hal" lainnya).

Nah jika anda sudah memiliki account photobucket, anda tinggal login dan membuat folder screencap atau apalah terserah namanya (karena toh intinya folder itu cuma buat gudang penyimpanan screencap dan tidak akan dishare/edit/semacamnya). Photobucket bisa mengupload ratusan file dengan sekali klik, anda tinggal browse ke folder screencap, select all atau ctrl+a, tunggu koneksi internet anda mengerjakan semuanya, selesai de. Skip saja proses tagnya, karena yang anda perlukan cuma link file gambarnya.

Link yang anda dapat awalnya akan panjang banget, tapi karena kita tidak butuh thumbnailnya, jadi pakai saja yang langsung untuk menampilkan gambarnya
misalnya begini
(img src="http://img.photobucket.com/albums/v628/Neohybrid_kai/screencap/umineko-24-01.jpg" /)
note: tanda () harusnya <>

4) notepad

Kalo ini sih pasti anda semua udah punya. Ya benar, artinya, mulailah menulis. Untuk yang satu ini, semuanya terserah pada anda benernya. Tulislah dengan gaya/konsep yang anda mau. Saya tidak bilang kalo review yang bagus itu harus menggila seperti blog ini. Anda bisa menulis review yang cukup objective dan kalem seperti Random Curiosity atau Memento. Semuanya sah-sah saja. Kalo anda merasa tidak bakat atau tidak ingin membuat postingan yang lucu, lebih baik jangan memaksakan diri untuk melucu. Soal style, kalo saya lebih cenderung menulis seperti ngomong jadi hasilnya ya.. kaya gini. Tapi anda bebas memakai gaya yang anda suka. Satu hal yang penting menurut saya, anda harus punya ciri khas yang beda. Dan jangan langsung menulis semuanya, tulis saja point-point yang anda anggap penting dulu, setelah itu baru dikembangkan. Satu point bisa jadi satu atau dua pragraf.

Nah sekarang soal tekniknya, ini berhubungan dengan link gambar di photobucket tadi. Jika anda ingin menambahkan gambar pada post, anda cukup menulis nomer gambarnya saja. Lalu tambahkan inisial atau karakter di depan dan belakang nomer tersebut. Inisial sebaiknya berupa karakter yang jarang dipakai atau ada di dalam post

contoh: (animenya nggak ada btw, saya cuma ngarang)

@001$
oh.. sepertinya mereka hendak berciuman...

@002$
yak, sedikit lagi..

@003$
sedikit.. lagiiii...

@004$
WTF? kenapa ceweknya tiba-tiba berubah jadi monster kacang ijo?! =___=

Tulislah sambil melihat-lihat gambar di folder screencap, jadi anda tahu kalimat/paragraf apa mau dikasih foto yg mana dan sebaliknya (foto nomer berapa mau dikomentari apa). Kadang ada screencap yang sampai akhir tulisan tidak terpakai, anda bisa membuangnya atau menambahkannya di tengah post sambil dikasih komentar gak jelas. Anda juga tidak harus memajang fotonya urut nomer (tapi cuma berlaku kalo anda mau bikin review gila, kalo review serius adegan di animenya jangan dibolak-balik).

Nah kalo post sudah selesai, lakukan hal ini

Pergi ke edit, replace atau tekan ctrl+H lalu replace all
1) karakter di depan nomer dengan kode http sebelum nomer
kalo dari contoh di atas berarti
'@' direplace dengan '(img src="http://img.photobucket.com/albums/v628/Neohybrid_kai/screencap/umineko-24-'
2) karakter di belakang nomer dengan kode http setelah nomer
kalo dari contoh di atas berarti '$' direplace dengan '.jpg" /)'

Lalu.. tadaaa~ semua nomer gambar di postingan akan berubah jadi link untuk mendisplay gambar di blog. Anda tinggal ctrl+a semua tulisan di notepad lalu copy paste ke post editor di blogspot, selesai deh. Jika anda melakukan semuanya dengan bener, semua gambar akan muncul tepat pada letak yang anda inginkan. Anda sudah bisa mempublish postingan anda di tahap ini tapi ada baiknya anda lihat-lihat dulu, mungkin ada yang perlu diedit sana-sini, mungkin paragrafnya, style font, dsb. Setelah semua ok, publish dan tunggu komentar dari pembaca.

And that's how I make my blog post :3
Ada yang mau nyoba juga?

7 comments:

Kokuritsu_ShouneN said...

WAOW!!!!C----C----CIUMAN DARI BEATORICHUUUU!!! I WANT IT, I WANT IT, I WANT IT!!!! GIVE MEHHH!!!!

Ehem, Sasuga Kai-senpai---iya, Kai sensei~~~*ditonjok karena sok bahasa jepang*

Tutorial yg mengesankan sekali tuan. Sepertinya saya yg selalu punya keinginan buat ngeblog, tp punya kesibukan yg ruarr biasa banyak(ya iyalah SMA, udah ngurusin band, Osis, Tim basket, hah, cape deh!!!)jd tidak sempat buat nge-blog. Ditambah saya nggak pandai nge-blog(lah blog sayah aja nggak keurus sampe sekarang)

Wih itu gambar beato ama---hmmmmm....batora yah?
kok kepalanya jadi kembang api---eh maksud saya merah gitu? Fan-art kah? Official kah?
*Tanyakan pada rumput yg bergoyang, alah lebay*

Wakakakak itu kok mau ciuman malah jadi monster kacang ijo, sungguh cerita yg sangat cerdas.WAKAKAK!!!(udah tau boongan masih juga di komen)

*sedang maling teknik kk Kai, wakakakak*

Oh ya ampir lupa, happy new year for you too, senpai!!!! Coklatnya mana wahaahaha UORGHHHH...

Kokuritsu_ShouneN said...

ah permisi, dompet saya ketinggalan,
BEATORICE NYA MOEEEEEEEEEEEEEEEEEEE BGTTTTTTTTTTTT
ARGHHHHHHHHH!!!!!!!!!!

sekian terimakasih

Fallendevil said...

wakakakaka aliran Ikemasen Ojousama di sebar luaskan. Hati-hati penghuni pakem nambah XDD

minoru said...

facepalm.jpg

SUGOI SUGOI SUGOI

Neohybrid_kai said...

@kokuritsu:
hoo, anda anak lapangan ternyata. hebat juga bisa merangkap sebagai otaku XD

@kouhai:
XDD ya bagus kan membuat orang tertawa kan ibadah

@minoru:
LOL, kenapa facepalm bro? XDD

Utysama said...

wakakaka tutorial yg sangat obvious!

2 thumbs up untuk anda~ pembaca setiamu~ gg

Black_Saber said...

teknik kita hampir sama kai, entah anda yg ngajari duluan ato aq yg ngajari duluan (ikutan sombong).

Tapi jelas, awal mula yg suka ngancurin anime kan saya dulu =))
Dulu anda sampe marah2 kalo lagi nonton saya ganggu dengan lawakan2 ga jelas yg kubuat dari anime2 yg kau tonton XD

Eh akhirnya malah ketagihan dan jd lebay kayak gini lol, saya jd sedikit merasa bersalah

Post a Comment

 
Ikemasen, Ojou-sama! © 2006-2014 DheTemplate.com. Supported by Toko Anime