Friday, January 29, 2010

Laskar SOS rilis Bungaku Shoujo (movie teaser 17 minutes) dengan sub indo

3 comments
Yeap, kali ini saya mensub sebuah anime pendek yang, mengutip lagunya Ratu, baik-bai~k saja~~ LOL. Bungaku Shoujo, atau terjemahan bebasnya, Gadis Sastra, adalah anime movie garapan studio I.G, studio yang sudah tidak perlu dipertayakan lagi kehebatannya dalam membuat anime-anime kelas atas, yang rencananya bakal tayang tanggal 1 Mei besok, pada saat liburan golden week. Sebagai catatan, film-film yang diputar pada Golden Week dijamin lebih bersahabat dan dapat dinikmati dengan nyaman sebagai sebuah entertainment karena targetnya memang lebih untuk khalayak umum (buset, bahasanya, lol). Dengan kata lain, Bungaku Shoujo akan bersanding dengan judul-judul anime movie mainstream seperti Detektif Conan, Doraemon dan Crayon Shinchan. Jadi bisa dibilang jika Bungaku Shoujo adalah wakil perdana film adaptasi dari serial light novel (yang mayoritas pembacanya adalah otaku) yang (diharapkan) dapat menembus, dan kalo bisa, menyita, perhatian pasaran publik.

Sebagaimana formula light novel pada umumnya, Bungaku Shoujo memiliki dua tokoh sentral dengan kombinasi cewek uke dan cowok seme (kenapa bisa begini? tentu saja karena sudah rahasia umum jika cowok yang suka menulis jadi novelist light novel adalah cowok uke).

Yang pertama adalah Amano Toko, cewek maniak literatur yang tiap hari makanannya buku (beneran). Yap, cewek aneh ini bisa merasakan enak tidaknya sebuah cerita sebagaimana manusia mencicipi makanan (makanan biasa malah tidak mempunyai rasa sama sekali di lidahnya -mungkin bagi dia rasanya seperti kertas-). Diisi suaranya oleh seiyuu yang kalo istilah saya, punya karakter suara yang otherworldly imut, Hanazawa Kana (Sengoku Nadeko - Bakemonogatari, Zange - Kannagi, Sharon - Pandora hearts, Sonohara Anri - Durarara!), membuat versi anime Toko menjadi sangat pas, ditambah lagi di bawah nama besar Production I.G, animasi dalam movie ini tetap terjaga fluid dan smooth, sangat mendukung dengan karakter cewek aneh ini karena ekspresinya yang sering berubah-ubah dan kebanyakan gaya-gaya nggak penting tapi imutnya setengah mati.

lapeeeeeerrrrrrr~~~~~ pengen maem bukuuuuwwww~~~~~

Tokoh kedua adalah Inoue Konoha. Adik kelas Toko (yep, Toko onee-saaa~n) yang karena kepiawaiannya menulis cerita akhirnya dipaksa dilantik menjadi koki. Setiap harinya cowok yang beruntung ini harus berpegel-pegel berduaan dengan kakak kelasnya yang cantik di dalam satu ruangan, menulis cerita untuk disantap. Terdengar familiar? benar, saya juga merasa jika premisnya jadi mirip kisah seribu satu malam, ahahaha.

Panas-panas gene disuru nulis cerita? cwappe dweee~~~

Tapi Bungaku Shoujo sendiri genrenya bukan ke arah drama, karena seiring dengan berjalannya cerita kalian akan sadar bahwa ternyata serial ini adalah serial detektif. Atau setidaknya yang saya dengar begitu, karena dari short anime ini sisi misteri/detektif nya sama sekali belum kelihatan. Meskipun demikian, kadar misteri dan kasus-kasusnya (lagi-lagi ini juga dari yang saya dengar) juga tidak bisa dibilang sekompleks atau serumit, katakanlah, Conan atau Kindaichi. Apalagi sampai seedan dan se wadehellygbenerajawakakakgajesbener Umineko. Jadi kalau dugaan saya sih mungkin yang membuat beda dari serial misteri lainnya adalah karena di dalam seral ini akan banyak dijumpai referensi karya sastra.

Sayang, dengarkanlah puisi curahan hati ini
kalau kau jadi harem
aku kan jadi fanservicenya
kalau kau jadi eroge
aku kan jadi patch englishnya
kalau kau jadi torrent
aku kan jadi seednya
kalau kau jadi blog
aku kan jadi rss feednya
kau bagaikan save point dalam castlevania
aku mencintaimu lebih dari otaku mencintai hardisknya
cintaku padamu lebih luas daripada
INTERNEEEEEEEEEEEEEEEEEEETTTT

muuv, Qm bcr ap si, Q g ngerti, da2h~
heee?

TIDDAAAAAAKKKKKKKK HATIKU PATAH
UAGH, AKU MATIEE LOOOOL

Erhm, ya memang kalo adegannya sedang menarasikan tentang karya sastra yang diferensikan, memang bakal jadi lebay kaya gitu (nggak, nggak selebay yang di postingan ini kok). Tapi tetep bagus kok. Yep, langsung saja link nya buat yang mau download

MKV subs indo (150 mb) di sini
kalau sudah punya yang versi gg, download subnya di sini

Ok, seperti biasanya, sedikit catatan tentang translasi, sebelum kalian menonton dan ber-haaah? nggak banget deh terjemahannya- saya akan tulis duluan di sini:

1) Bungaku Shoujo, jika diterjemahan memang gadis sastra, tapi catchphrase nya Touko "tada no Bungaku Shoujo yo~" jadi aneh jika diterjemahkan jadi "aku cuma gadis sastra kok" jadi saya terjemahkan ke "aku cuma cewek yang suka sastra kok"
2) Senpai terpaksa dihilangkan. Kalau Konoha adalah tipe adik kelas yang menghormati senpainya, saya akan tetap pakai Kak Toko, tapi karena pasangan utama serial ini kalo ngomong sama-sama sakpenake dhewe jadi senpainya lost in translation.

That's all. Enjoy it :3

Reaksi saya pada saat pertama kali melihat kepang dua nya si Toko. Emang bisa setipis itu? well, kata temen saya sih bisa, kalau rambutnya benar-benar halus. Oke, ada yang mau cosplay?

3 comments:

gecd said...

LOOL jahat juga mbak Tokonya disamain sama mr coro

Fallendevil said...

You said : Sebagaimana formula light novel pada umumnya, Bungaku Shoujo memiliki dua tokoh sentral dengan kombinasi cewek uke dan cowok seme (kenapa bisa begini? tentu saja karena sudah rahasia umum jika cowok yang suka menulis jadi novelist light novel adalah cowok uke).

I said : well yeah, can't deny it = =a

Dan puisi itu! Lol^^
Saya jadi inget puisi fisikawan 'itu'

Neohybrid_kai said...

@gecd:
LOL padahal kalau ahoge lebih masuk lagi ya?

@fd
puisi apa bro? malah belum pernah denger saya

Post a Comment

 
Ikemasen, Ojou-sama! © 2006-2014 DheTemplate.com. Supported by Toko Anime