Monday, December 21, 2009

Makoto Shinkai mengumumkan proyek barunya!

10 comments
Sebenarnya saya merasa kalau mengupdate blog dengan 3 post sekaligus dalam sehari adalah tindakan yang berlebayhan, tapi sebagai fans berat (seberat jumlah emasnya mbah Kinzo) Makoto Shinkai, saya merasa wajib membuat post tentang pernyataan beliau sehubungan dengan karya barunya.

Dalam pidato tidak resminya kepada penonton, Makoto-sensei yang muncul secara tidak terduga dalam acara konser Eminence Symphony Orchestra di Tokyo hari Minggu kemarin, beliau mengatakan jika memang sudah lama berlalu sejak karya terakhir beliau (5 cm/s; 2007) namun saat ini beliau dan teamnya tengah mengerjakan karya baru.

Karya baru ini akan menjadi film terpanjang beliau dengan tokoh utama seorang gadis yang periang dan bersemangat. Dalam pernyataannya, beliau mengakui jika karya-karyanya memang selalu bercerita tentang orang-orang yang berpisah atau kehilangan seseorang yang dicintai. Kali ini beliau akan mencoba menggali tema tersebut lebih dalam lagi terutama yang berkaitan dengan bagaimana cara mengatasi setelah fase kehilangan itu.

sumber: ANN

Penikmat anime pada umumnya memang banyak yang menyayangkan bagaimana kualitas visual Makoto Shinkai yang seakan-akan jadi mubazir karena tema cerita yang diulang-ulang. Namun bagi beberapa fans, hal tersebut justru menarik, karena jika diamati lagi, tema utama dari ketiga film Makoto-sensei memang perpisahan dan kehilangan, tapi detailnya berbeda dan, menurut saya, ada sebuah progress yang pasti, yang baru akan terlihat jika anda melihat tiga-tiganya dan membandingkan.

Hoshi no Koe, sebagai sebuah awalan, terasa sekali aura dreamy, penuh mimpi dan segala hal-hal yang tak realistis. Tentu saja ini wajar, namanya juga karya pertama, pastilah idealis dan meluap-luap. Bayangkan, cerita tentang dua insan yang terpisah ruang dan waktu, satu di Bumi dan satu lagi di luar galaksi Bimasakti. Saling terhubung lewat SMS. Yang semakin lama membutuhkan waktu semakin panjang untuk tersampaikan. Perih, namun diakhiri dengan sapuan lembut yang manis berupa harapan jika mereka akan dapat bertemu kembali. (Tentu saja itu bohong, tapi setidaknya itu akhir yang cukup manis).

Btw diantara seabreg gambar beliau di hardisk saya, ini favorit saya
mengingatkan saya pada Chobi dan dia (dari She and Her Cat)
entah kenapa kalo lihat gambar ini jadi pingin nangis (lebay)

Di Kumo no Mukou, kali ini lebih mulai realistis, terpisah namun masih di Jepang. Alasannya juga cukup membumi, karena waktu dan jalan hidup yang menggariskan pasangan film ini menuju tempat yang berbeda. Meskipun tetap ada balutan fantasi di sana-sini, perang antara Jepang Utara dan Jepang Selatan, dan menara yang berhubungan dengan kehancuran dunia. Dan meskipun film ini berakhir dengan manis, namun bagi mereka yang jeli, sebenarnya epilog film ini justru berada di bagian awalnya. Ya, pada akhirnya [spoiler] Sayuri meninggal [spoiler]. Hal ini dijelaskan dengan lebih "terang-terangan" dalam versi novelnya.

Terakhir, 5cm/s. Di sini Makoto-sensei sudah melepaskan segala elemen fantasi, mimpi dan harapan. Meskipun masih melekat sedikit (adegan pembuka bagian 2), tapi tidak ada lagi yang namanya pemanis. Semuanya bagaikan paku dan jarum yang dilempar begitu saja ke jantung penonton. Tentang bagaimana dua orang berpisah, bagaimana waktu melunturkan semuanya, satu orang tetap menapak ke depan sementara satu orang lainnya tidak bisa melangkah keluar dari kenangan dan akhirnya hancur dengan perlahan. Makoto-sensei sendiri pernah berkata jika dia sempat terpikir untuk membuat ending yang lebih sedikit melegakan, namun beliau mengurungkannya karena bukan itu yang ingin beliau perlihatkan, apa bedanya dengan film drama romantis pada umumnya kalau begitu? Jadilah ending 5cm/s ini ending yang mengenaskan seperti yang anda tonton. Tapi memang begitulah 5 sentimeter per detik, begitu jujur, begitu apa adanya.

Dan selanjutnya adalah proyek ini. Saya pikir ini mungkin seperti obat penawar buatan beliau setelah air mata kita dikuras habis-habisan di 5cm/s (terutama bagi yang punya pengalaman sama, pasti sampai tidak bisa bernafas saat menonton bagian ketiganya). Seperti apakah "overcoming the pain of loss and the suffer of parting" dari sudut pandang seorang Makoto Shinkai? itu yang benar-benar ingin saya lihat di project terbaru beliau.

10 comments:

gecd said...

IYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
( ini bukan lebay mode, saya memang suka gini kalo teringat byousoku )

Neohybrid_kai said...

hahaha, kalo saya nonton byosoku serasa baca diary "orz

lingga said...

Kok ketoke kehidupan romance mu mengenaskan sih Bro? Di gawe sinetron payu ketoke. Opo teenlit.

Neohybrid_kai said...

=_= eh.. no comment. nek aku komentar mesti bakal tambah ditanggapi aneh2

Ferdinand said...

Penggemar Makoto Shinkai ya? Kalau misalnya belum tahu, tolong masuk ke sini ya

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1475481

Di sana banyak penggemarny karya agung dari makoto shinkai. Ditunggu kehadirannya kalau belum ikut di sana. ramai loh. BTW, Merry Xmas&Happy new year^^

Neohybrid_kai said...

I see, saya biasanya di IDWS, tapi akhir2 ini lagi nggak into foruming lagi ^^

Anonymous said...

Ya... gpp. Pokoknya kalau penggemar makoto shinkai pasti kita tunggu kehadirannya di sana kok:) Thx:D

Ferdinand said...

Maaf. ada yang kelupaan sampai post 2x. coba kalau mau download proyek terbaru punya shinkai (promise) saya kasih link-nya nih

http://www.kaskus.us/showpost.php?p=147634864&postcount=261

Juga dengan trailer dari promise di youtube

http://www.kaskus.us/showpost.php?p=135242751&postcount=225

Kalau mau lihat galeri cd original dr salah satu penghuni sana

http://www.kaskus.us/showpost.php?p=124715408&postcount=197

Novel 5 cm per second juga ada di beberapa hlmn pertama tapi lupa di halaman berapa. silahan aja dicari sendiri. Ditunggu kehadirannya di sana :)

Neohybrid_kai said...

oh, itu yang Eminence Orchestra itu ya? iya, udah download juga sih ^^ kalo menurut saya sih nggak begitu spesial, masalahnya terlalu banyak solo piano, kurang terasa orchestranya

Anonymous said...

Iya itu yang eminence orchestra. yah, cuma kabarin aja seandainya belum tahu :)BTW, thx partisipasiny kalau sudah ikutan :D

Post a Comment

 
Ikemasen, Ojou-sama! © 2006-2014 DheTemplate.com. Supported by Toko Anime