Friday, September 5, 2008

Tabikarasu upgrade; introducing new feature called color tag

0 comments
this post is written in the mood of green

Unfortunately, this post has no relation with this picture
meskipun saya setuju kalo teruyo red memang lebih keren dalam mini skirt XD~~


Ada sebuah fenomena menarik yang saya perhatikan dari blog-blog yang mempunyai tema atau blog yang mengkhususkan diri untuk membahas sesuatu. Blog yang demikian tentu saja cenderung mempunyai, kalo istilah blogspot.com nya, follower yang lebih banyak dan lebih loyal daripada blog yang lebih bersifat ke journal milik seseorang, yang kecuali jika pemiliknya adalah orang yang terkenal maka blog tersebut paling hanya akan dibaca oleh orang disekitar si penulis tadi. Kembali ke tipe blog yang pertama, konsekuensi dari menulis blog seperti itu tentu saja si penulis sadar ataupun tidak dipaksa untuk menghadirkan artikel-artikel yang berkaitan dengan tema blog dia, karena tidak seperti blog yang sifatnya "diary" yang dibaca oleh orang dari berbagai kalangan (tergantung ragam commu si penulis), blog dengan tema hampir pasti pengunjungnya adalah individu dari niche yang sama. Padahal yang namanya orang kan tidak mungkin cuma punya satu hal saja yang disukai (well, kecuali jika dia otaku dalam taraf extreme), atau contoh simplenya misalnya ada sebuah blog yang pada awalnya menulis tentang Aya Hirano tapi kemudian setelah menonton geass ada beberapa entry tentang pizza hot dan pada akhirnya mungkin blognya menjadi didominasi oleh postingan tentang wisata kulinernya dia, tentu saja pada akhirnya akan terjadi perubahan pengunjung. Itulah kenapa beberapa blogger mempunyai dua buah blog atau lebih dimana salah satu blognya baru dipakai untuk benar-benar menulis journal. Atau terkadang ada juga penulis yang mempunyai lebih dari satu account, misalnya wordpress untuk membuat blog tentang anime, lifejournal untuk diary dan deviantart untuk fanart. Setiap orang mungkin memiliki style yang berbeda-beda, nah inti dari post ini sebenarnya adalah bagaimana dengan Tabikarasu?

Menghandle lebih dari satu blog ternyata bukan hal yang mudah, apalagi untuk orang dengan koneksi internet terbatas seperti saya. Saya juga tidak ingin Tabikarasu jadi mempunyai self limit dan beberapa hal jadi tidak bisa dimasukkan ke sini karena adanya batasan-batasan tersebut. Juga mood saya yang tidak konsisten seperti cuaca yang terkena pengaruh global warming membuat feel dari satu post ke post lainnya tidak sama. Memang bukan sesuatu yang crucial karena toh blog ini juga dibuat cuma karena saya senang menulis, tapi saya juga ingin ada sesuatu yang membuat pembaca juga merasakan fun yang sama, karena itu saya mencoba menciptakan sistem baru yang disebut color tag. Color tag adalah warna pada text yang merepresentasikan mood dominan pada sebuah post. Contohnya bisa kalian lihat langsung post ini, di bagian paling awal. Selain membuat kalian bisa mengantisipasi apa yang akan terjadi, color tag juga membuat postingan terlihat (sedikit) lebih keren, menurut saya sih. Berikut adalah arti dari 5 tag yang sudah saya buat.

Legend:
blue: post berwarna biru adalah kombinasi gesekan biola Senju Akira dengan vokal KOKIA, atau dengan kata lain menyayat pilu mengharu biru, tapi tidak sampai mengandung sinisme atau cipratan darah sama sekali, meskipun demikian jika kalian bukan orang yang melankolis tidak disarankan membaca post dengan kode ini.
red: merah berarti pesta, post dengan mood ini menjanjikan kombinasi kalimat dengan LOL intention yang tinggi dan full of spirits, jika kalian mencari hiburan post dengan kode inilah yang kalian cari.
green: adalah post yang kalem, biasanya berisi additional info atau journal saat saya sedang menjadi orang baik saja, atau saat saya sedang baik-baik saja, yang juga berarti bahwa post semacam ini akan sangat jarang ditemui.
deep blue: means despair, ini kategori post favorit saya karena dalam post semacam ini semua emosi dan pemikiran yang ingin saya sampaikan bisa tertuang minimal lebih dari 90 persen ke dalam tulisan. Biasanya ditandai dengan banyaknya bahasa-bahasa yang tidak normal, salah-salah ketik karena tidak diedit dan di post semacam ini juga semua sinisme saya bisa muncul bahkan tanpa saya sadari, baca hanya jika kalian benar-benar berminat dengan apa yang saya currently concerned.
deep red: is rage, ini adalah post dimana saya berusaha mencaci maki atas segala sesuatu yang telah membuat saya ke-ce-wa. Tapi saya tidak pernah membombardir karakter atau show yang tidak saya ikuti (misal: gandum, eh, gundam) jadi yang perlu kalian monitor adalah benda-benda yang saya dan kalian sama-sama punya interest. waspadalah, waspadalah.

Demikian introduction mengenai color tag, semoga bisa meng-enhance experience kalian selama membaca blog ini XD

0 comments:

Post a Comment

 
Ikemasen, Ojou-sama! © 2006-2014 DheTemplate.com. Supported by Toko Anime