Saturday, October 20, 2007

Wonderland versus Neverland: The Melancholy of Alice against The Outrageous of Peter Pan

0 comments

eeh.. I hope I'm not making someone feel offended, lol
Jadi gila habis ngerally novelnya terus pengen bikin post kaya gini xD
terlebih lagi saya barusan nemu blog yang bikin saya "omg.. ada juga yang bikin tribute site kayak ginian"

Sama seperti Misuzu atau Haruhi, dua karakter ini juga berasal dari fiksi yang punya impact pada saya xD Meskipun karakter mereka beda, tapi keduanya sama-sama punya potensi kekuatan yang hebat dan sama-sama punya dunia yang meskipun terpisah tapi masih sedikit berhubungan dengan dunia nyata. Dan, kalo mau lebih maksa lagi, kedua buku yang aku punya ternyata sama-sama cetakan Oxford University Press (oh, wow, there's no coincidence in this world, you know!! lol)
So, tidak ada salahnya kalo aku coba bikin personal insight dan perbandingan antara mereka berdua. Langsung saja kita panggil, dari sudut merah, Peteeeeer.. Paaan!!















Pan, "the rebel shota"

teritori: neverland
powered by: imagination
skill: flying, sword fighting, awet muda xD

dan dari sudut biru, kita panggil... Aaaaliiiice!!















Alice, "the dreamy loli"

teritori: wonderland
powered by: dream (tukang tidur sih)
skill: manner, size change (lol), kayaknya selain itu gak ada xD

let's begin!

*background character*
Pan lebih angsty masa lalunya! woohoo! XD ceritanya juga lebih emo XD ahahaha. Sedangkan Wonderland cuma berisi impian absurd seorang cewek yang tidak bisa ngendaliin imaginasinya. Meskipun kalo diliat dari sisi nostalgianya, Alice menang karena ceritanya selalu berakhir dengan balik ke realita, sedangkan Pan kembali ke petualangan baru di dunianya. Dua-duanya sama-sama solitaire, di dunia nyata Alice tidak punya banyak teman sedangkan Pan punya banak teman, tapi beda dunia. Tapi tetep aja, emo ftw! lol
+1 buat Pan

*looks and appearance*
Um, bukannya saya loli, tapi memang Alice yang menang kalo dari segi penampilan. Dari keluarga kaya, lebih terawat lah (oujo-sama gitu loh) kalo dibanding Pan yang memang udah dari sononya penampilannya acak-acakan. Taaapi, tunggu dulu, setelah baca sequelnya, keadaan jadi hampir imbang. Di Scarlet, Pan (yang biasanya cuma pakai tunic dengan tempelan daun tanpa alas kaki) tampil lebih rapi, rambut disisir ala bangsawan dan sepatu bot dengan jubah warna merah beraksen emas plus dasi putih , cocok sama karakternya yang semakin arogan dan meledak-ledak. Well, kalo sekarang dibandingin lagi, Alice dengan baju putih birunya jadi terlihat kayak maid sekarang (and you know I hate maid) xD
+1 buat Pan, hohoho..

*personality*
Peter itu childish (banget!) sedangkan Alice kebalikannya, sok pengen cepet dewasa, tapi pada intinya mereka berdua sama-sama nggak ada yang dewasa. Peter lebih liar dan semaunya sendiri, sedangkan Alice, meskipun tsundere tapi masih punya manner karena seperti cewek victorian kelas atas umumnya, dia diajar tata krama.
Di sisi lain, Peter punya banyak teman dan jiwa pemimpinnya juga kuat. Selain itu, dibanding Alice yang kepengen cepet pulang terus, Peter justru lebih suka berpetualang. Jadi intinya?
Bouken deshou deshou?! +1 buat Peter lagi

*the world*
Tidak ada yang tahu siapa yang membuat dan bagaimana neverland berasal, sedangkan kita tahu jika wonderland adalah (istilah suzumiyanya) closed spacenya Alice. Tapi jika dilihat dari sisi conqueror-nya Neverland adalah milik Peter, dia bisa melakukan apapun yang dia mau dan terbang kemanapun yang dia suka, sementara wonderland, meskipun diciptakan oleh Alice, tapi dia sendiri tidak bisa mengontrolnya (kasian deeh).
Well.. untuk yang satu ini, aku lebih suka dunianya Alice yang totally absurd. Di neverland, kalau salah jalan, nyawa taruhannya, sedangkan di wonderland, seekstrem apapun daerahnya, masih fun-fun aja buat di eksplore.
+1 buat Alice yg punya dunia keren tapi malah pengen cepet2 keluar.

*the world commu*
Well, Pan punya banyak teman yang normal buat hangout bareng. Sedangkan wonderland sepertinya tidak bisa dimasuki orang lain kecuali Alice (well, kecuali di fanfic saya, "the girl with plastic of mind" yang dari dulu baru ketulis separo dan gak jadi-jadi >_>)
Tapi kekuatan Peter juga sekaligus kelemahannya. Tanpa teman-temannya, Peter tidak punya sesuatu yang bisa dikomando, membuatnya seperti raja tanpa rakyat di neverland, sedangkan Alice, setelah menjadi queen tentu saja dia mendapat respect mutlak dari seluruh penguhuni dunianya.
+1 buat Alice.

*real world connection*
Neverland masih bisa dijangkau semua orang, bahkan orang dewasa pun sebenarnya bisa. Sementara wonderland ekslusif cuma buat Alice. Jadi..
+1 buat Peter

*skill*
Pada dasarnya, Alice cuma cewek biasa yang kesasar, jadi dia tidak punya banyak kemampuan. Peter di sisi lain, punya skill survival yang tinggi. Selain itu dia bisa menciptakan apapun hanya dengan imajinasinya, bahkan tanpa harus mengucapkan mantra "I am the bone of my sword.. etc dst" lol (untungnya dia terlalu bodoh dan cuma terpikir buat menciptakan makanan).
+1 buat Peter

*social skill*
bwahaha, ngapain juga poin ini ikut ditulis yah? cuma buat rame-rame aja kayaknya, soalnya hopeless smua sih dua-duanya XD Tapi dibanding Peter, Alice masih lebih mendingan sih.
+1 buat Alice

*intelligence*
ok, kalo yang ini Alice menang telak. Si Peter nggak pernah sekolah soalnya. Nggak bisa baca dan berhitung juga. Alice sebaliknya, kayaknya murid yang rajin dan cukup pinter karena hafal puisi dan lagu yang diajarkan di sekolah (ya iya lah, yang ngarang ceritanya lulusan matematika dan satra dari Oxford biarpun lolicon)
+1 buat Alice

*love interest*
Sekeren-kerennya fanfic dan theory serta pernah nemu doujin ero yang hot tentang hubungan Alice dengan Madhatter, tapi toh di karya aslinya Alice tidak punya crush dengan siapapun. Sedangkan Peter, meskipun hint nya tipiiiiiiiiiiiiiisss banget, tapi bisa dilihat jika dia, sebagai cowok, menyukai Wendy. Hubungan mereka kadang bisa seperti lady dan guardian beast nya (kereen xD)
Peter win, tapi cuma +0.5 aja, soalnya saya juga cinta mati sama konsep AlicexMad Hatter biarpun cuma hasil imajinasi fans ^ ^;;

*weak point*
Hm.. apa yah? Peter tidak bisa terbang tanpa bayangannya. Peter juga tidak punya will yang kuat jika tidak ada teman-temannya, terutama wendy. Sementara Alice sama seperti gadis normal biasa yang bingung kalo salah jalan dan gampang ditipu orang. Ahaha. sayangnya peter punya kelemahan yang cukup gawat, dia tidak mau menjadi dewasa. Jadi dengan berat hati..
+1 buat Alice.

so, bagaimana hasil akhirnya?
well, let's count.
Peter: +5.5
Alice: +5

What the? Sumpah, saya nggak memanipulasi datanya. Sumpah!! *kaget shock terkejut*
Post ini dibikin dengan membuat kategori apa yang mau diperbandingin terus aku tulis opini tiap karakter dan akhirnya membuat result nilainya tanpa mikirin hasil akhirnya siapa yang menang.

Gilaaa, kok hasil akhirnya bisa cuma beda tipis gini ya? well, apapun yang terjadi Peter lah yang menang. Bagaimana? ada yg mau protes? atau membela diri, mungkin? XD

.::UPDATE::.

Hm, sepertinya memang tidak mantap kalau cuma menang setengah point. Lagipula saya menemukan fakta yang cukup menarik sehuungan dengan 2 cerita ini.

So, mari mainkan babak tambahan.

*Fate* (weiss, keren kan kategori penentunya? xD)
Alice Lydell, cewek yang menjadi model karakter Alice, adalah anak dari sahabat sang penulis, Lewis Caroll. Setelah dewasa dia menikah (bukan dengan Lewis Caroll tentunya) dan berkeluarga. Intinya, hidupnya normal-normal saja. Sementara Peter Llewelyn Davies, anak laki-laki yang menjadi model Peter Pan, pada akhirnya membenci identifikasi dirinya sebagai image model Pan dan memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.
So, melihat fakta di atas, siapakah yang paling pantas untuk mendapat point dari kategori ini?

W-w-weeeeell... semaniak-maniaknya saya pada hal-hal yang emo dan suicidal, tapi ada satu aturan main yang tidak boleh dilanggar. Apapun yang terjadi, never kill yourself. Aah padahal tadinya yakin saya mau nambah score si Peter, tapi setelah dipikir-pikir lagi.. tetep saja, I hate suicides (mungkin sama seperti para nijicon yang tidak suka dengan real loli).
And so the winner is......


congratz to the winner, sayang sekali pertandingan ini nggak ada hadiahnya, hohoho...

0 comments:

Post a Comment

 
Ikemasen, Ojou-sama! © 2006-2014 DheTemplate.com. Supported by Toko Anime