Wednesday, October 17, 2007

Presenting: The New KyoAni's Narcotic called [CLANNAD] first impression

0 comments
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Suki tooru yume wo miteita,
Melihat mimpi sebening kristal,
yawarakai eien..
merasakan keabadian yang begitu lembut

Kaze no youna, kasuka na koe ga
Bagaikan angin, suara yang lemah itu
Takai sora kara boku wo yondeiru
memanggilku dari belahan langit yang tinggi

Kono mama, tobi tateba
Saat ini, jika aku bisa terbang
Doko ni datte yukeru
Aku akan pergi kemanapun yang aku mau

Kasaneta te to te no naka ni
Saat kita saling menyatukan tangan
Chiisana mirai ga mietara
Secercah masa depan akan terlihat di dalamnya
Hikari no naka yurameita
Berhamburan di dalam cahaya ini,
Kotoba mo, omoi mo, zenbu
Kata-kata, perasaan, semuanya

Harukana kimi made nokosazu tsutaete
Akan kuberikan semuanya padamu yang berada jauh di sana
kitto..
pasti..

Setelah sekian lama menunggu Ra-ki su-ta selesai, akhirnya penantian saya terbayar sudah XD
Finally, Kyoto Animation merilis anime yang diangkat dari kinetic novel buatan KEY ini. Episode pertamanya sudah aku tonton sekitar dua minggu yang lalu, tapi selain animasi yang istilah Kyon-nya "looks so good that its almost a crime", aku masih belum mendapat impact yang aku harapkan. Meskipun overall, eps 1 sudah memberi impresi yang bagus, tapi ya itu, punch-nya masih tidak mengena. Seperti masih ada sesuatu yang kurang, ada yang nanggung. Barulah di episode dua, KyoAni membuktikan kekuatannya dengan memasang killer-scene yang sebegitu deadly nya sampai aku bilang, if I don't make a post about this, I would not forgive myself. Onward!

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Menonton anime ini, jadi inget seperti saat pertama kali nonton AIR. Kenapa? well, karena dibanding Kanon yang pernah aku tonton versi lamanya, I'm totally new to Clannad. Cuma pernah main gamenya, itupun enggak sampai tamat. Rasa "haloo~ what's going on here?" nya saat nonton eps 1 AIR akhirnya kerasa lagi, cuma sekarang efeknya baru terasa di eps 2. Excitement yang aku dapet dari chemistry nya YukitoxKamio juga balik lagi. I'm not an Ayuayu fan, jadi agak kesel juga karena di Kanon porsi untuk YuuichixNayuki lebih sedikit. Dengan opening song yang catchy dan irama yang enak didenger ala "tori no uta" serta ending song yang asyik buat di hmm-hmm.. kan, Clannad adalah kandidat terbaik untuk mengantikan tontonan mingguan setelah Roemo (yang subnya belum nambah-nambah) selesai.

Aku tidak tahu mau dibawa ke mana plotnya, jadi yang akan aku tulis adalah impresi terhadap karakternya saja. As always, please note that I'm going to review each character subjectively. Main theme "Clannad", seperti arti dari judulnya sendiri, adalah "keluarga", jadi seperti dalam ending clipnya, ada banyak tipe relationship yang ada di anime ini, friends, family, lover, menonton anime ini seperti melihat dorama PLUS cerita surreal yang sedikit melayang (bukan tipe yang down to earth tapi tidak terlalu nonsense sampai terasa stupid juga). A great combination of a show for a both drama fans and a dreamy person like me.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Okazaki Tomoya
The main character. Tipikal single fighter guy khas KEY. Cowok yang keren karena dia masih bisa menyembunyikan ke-emo-annya di depan orang-orang dan masih sempat hangout bersama temannya yang tidak jelas. Punya masa lalu yang gelap dan (sayangnya, tidak seperti Aizawa Yuuichi) dia tidak amnesia soal hal itu. Nggak punya cewek tapi punya banyak temen cewek. Sepertinya punya sindrom suka membantu ngurusin masalah orang lain untuk melarikan diri dari masalahnya sendiri (heh, bagoes, lol). Bisa maen basket (dulu) dan punya segudang monolog yang angsty di kepalanya. Jika KyoAni bakal pakai arc nya Nagisa (and I veryvery hope so) aku penasaran bagaimana kedua karakter ini bakal disambungkan. Cowok seperti Tomoya bisa dapet girl friend sebanyak apapun yang dia mau dengan karakternya yang terkesan "oh, nothing's wrong with me. Take it easy aja" tapi aku ragu kalo dia bisa punya girlfriend, dengan segala sinisme di belakang personanya. Overall, karakter yang tidak mengecewakan untuk sebuah main-lead. Semoga kesialannya terus bertambah sepanjang episode. Wakakaka.
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Btw aku masih belum bisa mengukur kekuatan ekonomi anak ini. Kalau Clannad adalah anime harem biasa, I'll just throw away this question into a garbage can, tapi melihat record dari karakter utama sebelumnya; Yuuichi yang notabene numpang dan cuma bisa mentraktir taiyaki, Kyon yang bisa mentraktir seluruh member SOS-DAN karena uang sakunya yang jadi tumbal dan Yukito yang ... yah, beli ramen set aja nggak kuat. Aku harap KyoAni tidak akan mebikin drama ini kelihatan stupid dengan membuat Tomoya melakukan hal-hal di luar kemampuan finansialnya (melihat fakta ayahnya tidak bekerja dan kemugkinan mereka hidup dari asuransi ibunya).

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Tomoya's Dad
Apakah bapaknya Tomoya ini seorang loser? iya. dan tidak. Setelah kematian istrinya, beliau menjadi seorang alcoholic dan pengangguran. Tapi aku juga melihat beliau berusaha memperbaiki hubungannya dengan Tomoya, meskipun entah karena caranya salah atau memang karakter mereka tidak nyambung, semuanya tetap jadi berantakan. Ini pertama kalinya aku melihat masalah keluarga dibahas dalam bishoujo anime, karena dalam anime remaja eksistensi ortu memang biasanya ditiadakan karena mengganggu kebebasan cerita. Bravo to Jun Maeda.
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
V! Nihaha~ Gaoo.. ups, wrong person, lol
Furukawa Nagisa
hm...... tidak tau apa yang mau ditulis, mungkin ini perfect formnya Kamio Misuzu (karena rambutnya pendek dan tidak pirang, ahaha). But seriously, siapa yang tidak bersimpati pada cewek cute satu ini? dengan mindset yang simple dan willpower yang kuat (dan wajah yang imut, tentunya) I'd fall in second even if she's a real girl. Em, actually I would fall even more if she was a real girl, lol. Dan entah dia bodoh atau memang tulus, tapi karakter seperti ini menurutku memang yang paling cocok dengan si tokoh utama. Berharap saja semoga kali ini tidak ada adegan goal, hahaha.
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Fujibayashi Kyou and Fujibayashi Ryou
Kakak beradik ini, dilihat sekilas mengingatkan pada Kaori dan Shiori dari Kanon. Kecuali sekarang adiknya bisa meramal dengan kartu (apa dia juga mengoleksi boneka dinosaurus?) dan kakaknya adalah bi, hahaha. But still, I'd say Kaorin is hotter, mungkin karena Kyou rambutnya biru. Other than that, aku belum bisa ngasih komen karena plotnya masih belum jelas.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Sakagami Tomoyo
Seperti biasa, tipikal cewek cool yang akan mempunyai banyak fanboy (disukai otaku maksudnya). I know nothing about her, tapi melihat arcnya yang sampai dibikinin satu game khusus buat dia (Tomoyo After) I hope some complex within her arc. Itu, dan adegan action yang real. Scene fighting nya Mai di Kanon kemaren sudah keren banget, kalau diaplikasikan di sini pasti bakal tambah keren (pertama, Tomoyo pakai martial arts, which is cool, dan kedua, dia tidak melawan monster ilusi, which is a lot cooler. So, Tifa from FFVII, anyone?)

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Ichinose Kotomi
Um.. no, just no. Kecuali jika arc cewek ini ternyata lebih kompleks dari yang aku duga. Kotomi mungkin dibuat dengan resep yang sama seperti Minagi (cewek genius yang suka melakukan hal-hal aneh) cuma sayang dia kayaknya jadi produk gagal. Show me some attitude, girl, then probably I would change my comment on ya.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Ibuki Fuko
Oh, waw! Look what we got here, a crafter girl! She's a bit clumsy, tough. Tapi nggak papa, Kalo ada yang mau liat Ayuayu dengan cutter dan benda aneh di tangan (what's that star for anyway?) instead of taiyaki hasil curian, then worship her.
Personally, Fuko adalah tokoh fave kedua di anime ini. Frenzy mode nya yang penuh bintang-bintang memang agak norak, tapi karakter cewek kayak gini emang cocok untuk dijadikan korban buat dikerjain, lol. I'd say, as a girl friend, Tomoya and Fuko's relation is very (kalo nggak boleh pakai kata perfectly) reasonable.
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Sunohara Yohei
Dibilang teman baik kayaknya Yohei bukan tipe orang yang bisa diandalkan. Entah kenapa aku dapet feel kalo Tomoya bisa hangout dengan orang ini karena prinsip "selama lu nggak nyenggol gw, gw sih fun-fun aja". kalau tidak percaya, coba aja bandingin reaksi antara pas Yohei menantang Tomoyo dengan pas dia ngomong soal basket dengan Tomoya. Aku harap dengan perkembangan plot mereka bakal jadi temen beneran (bukan yaoi ato gar, tolong yah, lol) I really need to learn about true friendship these days.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Furukawa Akio
oh, look. Papa Itsuki, lol. Stereotype ortu kaya gini jadi inget sama ibunya Misuzu. Akio is da man of da house. He loves his wife and has a sweet daughter. Apa lagi yang kurang coba? Furukawa family is everyone's dream, isn't it? meskipun anggota keluarganya nggak ada yang normal, but they can get along very well.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Furukawa Sanae
Nagisa's mom. Remind you to Nayuki's mom, doesn't she? Nope, I'm not into that milf thing, jadi sejauh ini masih belum ada impresi yang keren. Satu hal yang udah jelas, sekarang kita tahu begonya Nagisa nurun dari siapa, haha. Tapi seperti yang aku bilang, keluarga Furukawa adalah the dream family, jadi aku tunggu nyonya furukawa ini mengeluarkan skill yang sesungguhnya. So give me some wisdom, my mother in law! XD

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Mysterious girl(?)
Hm.. the idea of someone in somewhere waiting to take you somewhere, isn't it romantic? lol, maybe yes, if you're into shoujo. Entah kenapa saat melihat ini jadi ingat kalau di shoujo ada pangeran berkuda putih, mungkin ini versi shounennya, cewek berbaju putih, lol. Jadi kalau ada yang suka dengan scene ini, well, mungkin perasaan kalian sama dengan Kuu saat si Kyoshiro ngomong "ikkou, isshouni.." wakakakaka.. XD

Btw ada satu hal lagi yang menarik saat aku menonton anime ini. Sehabis mabuk nonton eps 2, iseng aku nyoba mengcapture semua event yang melibatkan Nagisa dan Tomoya dari episode 1;
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Ada yang sadar apa yang sama dari semua gambar di atas? well, semua adegannya SIMETRIS! Coba amati bagaimana penempatan Nagisa dan Tomoya dengan backgroundnya. Apa ini kebetulan? entahlah, yang jelas aku pernah membaca tentang bagaimana hubungan antara komposisi simetris dengan efek membuat perasaan lebih tenang (misalnya di tempat ibadah) Hm.. apa karena ini semua adegannya jadi terasa lebih heart warming yah?

0 comments:

Post a Comment

 
Ikemasen, Ojou-sama! © 2006-2014 DheTemplate.com. Supported by Toko Anime