Tuesday, October 30, 2007

A mahou shoujo that's deeper than mojo

1 comments


Gila! Anime ini baru 3 episode tapi impresi yang dihasilkan benar-benar mengesankan. Mulai dari visualisasi yang apik sampai cara penceritaan yang mengalir dan dapet banget feel fun dan shoujonya. Personally, setelah Ouran berakhir, aku belum menemukan tontonan shoujo yang fun dengan drama comedy yang seimbang seperti ini. Ditambah lagi genre mahou shoujo yang sekarang sudah mulai diambil oleh bishoujo anime. Yang menyenangkan dari menonton shoujo adalah kita (baca: cowok) tidak perlu susah-susah menebak isi pikiran karakter cewek karena cerita mengalir dari sudut pandang ceweknya sendiri (sesuatu yang refreshing karena di luar dunia anime hal seperti ini amat sangat susah untuk dilakukan, lol)



Tapi bukan hanya karena itu aku nonton anime ini (juga bukan hanya karena Amu-chan yang kawaii) menurutku konsep shugo chara sendiri cukup menarik. The "would be you" atau "naritai jibun" yang direpresentasikan oleh telur dalam anime ini menerangkan konsep dimana SETIAP orang (ya! termasuk anda yang sekarang sedang membaca tulisan ini, lol) mempunyai potensi untuk bisa melakukan perubahan pada kepribadian anda SECARA DRASTIS. Lupakan kata-kata seperti "tidak bisa" atau "tidak terlihat seperti saya" dalam anime ini setiap orang mempunyai "an egg within their soul". Potensi yang dimiliki untuk berubah menjadi lebih baik SAMA BESARNYA dengan potensi untuk menjadi lebih buruk. Masalahnya di anime ini diceritakan hanya anak-anak yang mempunyai telur dalam jiwa mereka ('duh! anime banget). Jadi pada dasarnya setiap orang anak mempunyai potensi untuk berubah, tapi hanya anak-anak tertentu saja yang bisa memanggil shugo chara atau guardian character mereka untuk melakukan chara change. Menarik kan? Jadi ingat dengan game persona dimana setiap orang mempunyai potensi untuk mengubah kepribadian menjadi kekuatan, namun hanya mereka yang sadar akan hal itulah yang bisa menggunakannya.



So, apa yang kita dapat dari anime yang cutecutecutecutecutecutecute ini? bahwa satu, setiap orang punya potensi untuk berubah instantly kalo mereka sadar dan mereka mau , dan dua, "for some reason" sepertinya hal ini hanya berlaku untuk anak-anak. Hahaha. Interesting, huh?

1 comments:

Anonymous said...

kalo soal chara yang terbatas pada anak-anak, itu bukannya hampir sama saja dengan manga Homunculus ? itu loh yg tokoh utamanya di bor batok kepalanya terus bisa lihat berbagai sosok psikologis orang-orang di sekitarnya. (iya, "bor" seperti "giga drill breaker")

di manga itu ada penjelasan(?) tentang perkembangan psikologis manusia yang terkait erat dengan pertumbuhan badan di masa-masa awal kehidupan orang.

btw, tentu saja Homunculus nggak moe :-p

-scr

Post a Comment

 
Ikemasen, Ojou-sama! © 2006-2014 DheTemplate.com. Supported by Toko Anime