Sunday, September 2, 2007

Anima mundi ~ The Dark alchemist; yes, I'm playing an otome-game >_>

3 comments
harus diakui, layar pembukanya aja udah bikin banyak otaku mundur duluan ^ ^

Aku tidak bilang bishoujo game sucks, and not that I'm into boys love now, satu hal yang pasti, di tiap genre selalu ada gem atau harta karun yang keren yang kita tidak pernah tau kalau belum pernah mencoba. By the way, yang akan aku tulis di sini adalah sekilas impresi dan komparasi setelah memainkan game ini selama satu hari. Aku tidak jamin kalau gamenya ternyata bagus atau aku bakal main sampai tamat, tergantung apakah ada aura yaoi-nya atau nggak.

Plot
Dari sekilas melihat screenshots atau sekedar mencoba beberapa menit memainkan game ini sudah bisa ditebak jika setting ceritanya pada abad pertengahan, dengan karakter utama seorang aristokrat. Selain background yang elegan, kalian juga akan sering berjumpa dengan hal-hal yang gothic habis, seperti alchemy, funeral, sampai devil summoning dan witch hunting.
Dalam game ini kamu akan berperan sebagai Georik, seorang dokter yang "baik" dan "benar" (pada awalnya) dengan seorang imouto yang memanggilmu Nii-sama bernama Lilith.

Lilith memiliki semua elemen yang kayaknya bikin semua fans gothloli tergila-gila. Spoiled tsundere imouto oujo-sama, iinocent and fragile, but strong when it comes into loving someone. Belum lagi takdirnya yang tragis yang membuatnya dibunuh karena dianggap seorang majou (witch). Dengan membuat sebuah contract dengan akuma terkuat bernama Mephistopheles, kamu berhasil membuat Lilith bertahan hidup, meskipun hanya kepalanya saja. Selanjutnya kamu akan mulai berpetualang, mengumpulkan material, membuat alchemy untuk membuat tubuh Lilith kembali, sambil memecahkan misteri yang bertebaran di sekelilingmu. As the story progress, kamu akan dihadapkan dengan puzzle dan pilihan-pilihan yang akan menentukan kemana karaktermu akan bergerak dan efeknya pada cerita.

Character
Bishounen bertebaran dimana-mana, jelas. No prob sih kalau buatku, lol. I only dislikes BL, not bishounen. Tokoh utamanya sendiri mirip-mirip Lelouch (Code Geass) karakternya, dengan karakter yang lain punya background yang variatif. Jumlah karakter ceweknya sedikit, sudah jelas juga. Also, love interest si tokoh utama (kalau dia, semoga, bukan yaoi) cuma satu, adiknya sendiri, si Lilith. Menjengkelkan? nope, personally, daripada mengumpulkan harem dengan 5 cewek level C atau B ala bishoujo game, aku lebih suka konsep otome game yang setia pada satu cewek dengan level A+++++++++++++++++++++ muahahaha.

Musik
Dari segi musik, game ini punya kualitas yang di atas standar. Lupakan musik standar ala bishoujo game, animamundi punya satu set BGM dengan aura gothic full orkestra dan choir yang keren mirip aura OSTnya Castlevania.

kayak maria-sama ga miteru xD siapa niru siapa yah?
Plus
Ada beberapa hal yang menarik perhatian yang aku coba komparasikan dengan beberapa game dan kinetic novel yang pernah aku mainkan.

(+) Storytelling
Hm, entah kenapa aku suka gaya penceritaan di otome game. Mungkin karena tokoh utamanya bukan "cowok baik hati dan polos yang beruntung dan semua cewek di dekatnya bakal tertarik seperti kena magnet" dan menurut temenku, katanya sih literatur sastra untuk target pembaca cewek memang harus lebih tinggi levelnya daripada buat cowok. Personally, aku memang merasa kalau di game ini bahasa dan kata-kata yang dipakai memang lebih puitis ala storybook.
(+) Puzzle and Question
Pada saat memulai permainan kamu akan ditanyai hal-hal yang akan mempengaruhi alur cerita. Semua pertanyaan yang diajukan pada dasarnya mengukur seperti apakah karaktermu, apakah kamu orang yang lebih sering berpikir atau bertindak, menyukai light atau darkness, mementingkan kepentingan dirimu atau orang banyak, dan semacamnya. Yeah, beberapa game RPG yang pernah aku mainkan ada yang memakai sistem seperti ini juga. Di beberapa part dalam game akan ada scene dimana kamu harus memilih lagi.
Uniknya, semua pertanyaan yang ada selalu menjurus pada psikologis dan sikap yang kamu ambil. Bukan sekedar pertanyaan yang sifatnya trivial, tapi pertanyaan yang seperti apakah kamu akan berbohong atau tidak, apakah kamu akan membunuh orang atau melepaskannya. Asiknya, setiap jawaban yang kamu ambil akan berpengaruh terhadap perkembangan cerita. Dan kerennya lagi, saat menjawab pertanyaan kamu hanya diberi waktu sekitar 10 detik untuk berpikir dan menentukan pilihan.
Di beberapa bagian juga akan ada puzzle yang lumayan bikin mikir. Tipikal permainan yang jawabannya pakai logika. Personally, aku lebih suka ini daripada mini game yang ada pada bishoujo game, di bagian puzzle ini juga ada waktu yang terbatas untuk menyelesaikannya.


(+) Dialog vs narration
Setelah bermain cukup lama, aku juga menyadari satu hal, di bishoujo games, kebanyakan text yang ada adalah narasi atau penceritaan detil-detil yang kadang cukup bikin bosen. Misalnya saat akan memasuki rumah, text akan bercerita panjang lebar dulu soal keadaan sekitar, bagaimana kondisi rumah atau bagaimana karaktermu melangkah satu step per step berjalan mendekati pintu, memutar kenop, membuka daun pintu, daaan seterusnya. Sedangkan di game ini, untuk "memaksimalkan" playing time alias biar tambah lama mainnya, text yang diperpanjang adalah bagian ngobrol dan monolog. Entah bagaimana bisa begini, apa mungkin karena cewek lebih suka ngobrol daripada menganalisa, yang jelas aku pikir sih imbang. Kebanyakan adegan ngobrol nggak jelas juga eneg, tapi mengobral tulisan hanya untuk mendeskripsikan bagaimana karaktermu membuka pintu lemari es juga sama enegnya juga.

Minus
(-) I know its subjective but..
Yup, selama bermain aku ngerasa no prob dengan game ini dan enjoy saja, kecuali satu hal, kemungkinan kalau game ini bakal ada BL scene nya. >___> Kalau ada dan eksplisit aku bakal langsung mundur kayaknya.
Satu hal lagi, grafis bishounen sih tidak apa-apa, tapi saya eneg dengan seiyuu cowok XD apalagi dengan logat-logat yang cool geetoh >_> I just can't stand it ^ ^;; makanya selama aku main voicenya aku matiin, baru dihidupin lagi kalo ada scene yang ada karakter ceweknya, hahaha..

cukup satu saja gambar kaya gini... semoga >_>

omake:
kata siapa di otome game tidak ada lolicon? xD

3 comments:

KANA said...

Dapet game ini dari mana? o_o

furei kinoko said...

ini game hentai,ya?

Neohybrid_kai said...

bukan, nggak ada adegan yang eksplisit kok, tapi katanya sih kalo yang versi jepangnya memang ada

Post a Comment

 
Ikemasen, Ojou-sama! © 2006-2014 DheTemplate.com. Supported by Toko Anime