Friday, June 15, 2007

Hm.. untuk sebuah cerita sebagus ini, sepertinya mengetik sampai agak pegel sedikit gak papa :>

0 comments

Forty Days and Forty Nights of Rain


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Pertama kali main membaca kinetic novel ini, yang terlintas dalam pikiranku adalah "Planetarian". Setting yang sama, di tengah-tengah perang dan dunia yang tersiram hujan terus menerus, seorang prajurit yang bertemu dengan anak perempuan. Terlihat sama seperti Planetarian. Tapi ternyata tidak demikian.

Tidak seperti kinetic novel umumnya, cerita ini memakai sudut pandang orang ketiga. Tidak ada "aku" dan "kamu" melainkan "dia" dan "dia". Agak ribet memang, selain player tidak bisa memposisikan dirinya sebagai tokoh utama (mengurangi keasyikan membaca kinetic novel ^^), kadang butuh waktu untuk memahami "dia" menunjuk pada "siapa" jika terjadi adegan yang melibatkan 3 orang atau lebih.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Tokoh utama cerita ini adalah seorang tentara. Cerita diawali dengan adegan dimana tentara itu berhadapan dengan salah seorang tentara musuh. Saat melihat ternyata tentara yang dia hadapi masih sangat muda, dia sempat terkejut dan ragu. Tapi apa boleh buat, karena ini perang, akhirnya dia menembaknya.

Dan terbangun. Ternyata itu tadi hanya mimpi. Tentara itu, yang kemudian baru kita tahu namanya adalah Yuu, adalah seorang prajurit yang sudah berpengalaman dalam berperang. Dia sudah membunuh banyak tentara musuh. Sekarang, dia berada di sebuah kota yang cukup jauh dari pusat pertempuran, bersama teman-teman satu kompinya. Meskipun begitu, baik dia dan teman-temannya tahu kalau dalam beberapa hari kota ini juga akan menjadi medan pertempuran. Kota itu sudah hampir kosong, tinggal orang-orang tua yang tidak mau mengungsi. Salah satunya adalah nenek yang mempunyai penginapan tempat Yuu dan teman-temannya tinggal untuk sementara. Yuu sendiri lebih sering berjalan sendirian daripada bergabung dengan teman-temannya minum-minum di bar yang ada di penginapan itu. Selain itu, menurut semua temannya, ada yang aneh dengan diri Yuu. Dia tidak pernah menujukkan emosi, bahkan saat membunuh sekalipun. Teman-teman Yuu menjuluki dia seperti "tentara mainan dari timah".

Suatu ketika saat Yuu berjalan di plaza kota, diantara hujan yang turun tanpa henti sejak berhari-hari yang lalu saat dia datang, dia bertemu dengan seorang anak perempuan berambut putih. Yuu akhirnya membawa gadis itu ke penginapan.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Orang-orang di penginapan, termasuk teman-teman Yuu terkejut melihat Yuu membawa gadis kecil. Mereka bertanya tentang namanya, darimana dia berasal, dan sebagainya, tapi gadis itu tidak menjawab. Akhirnya nenek di penginapan membubarkan rombongan fans itu dan memberi handuk serta baju ganti dari toko sebelah. Setelah itu, dia memberi gadis itu makan, tapi si gadis tidak mau memakannya. Akhirnya si nenek menyuruh Yuu untuk makan memberi contoh pada gadis itu. Yuu, yang sebelumnya tidak pernah menyentuh makanan dari penginapan itu akhirnya memakan makanan itu.

Harus diakui setengah bagian awal dari kinetic novel ini alurnya sangat lambat. Padahal total waktu membacanya paling cuma 3-4 jam, tapi satu jam pertama terasa sangat lama karena plotnya yang terasa pelan hingga terasa membosankan. Cerita berfokus pada keseharian Yuu dan gadis itu. Yuu mengantar gadis itu jalan-jalan. Yuu memberikan tempat tidurnya untuk gadis itu, Yuu menemani gadis itu memberi makan burung di plaza. Dan seterusnya. Sedikit demi sedikit plot mulai berkembang. Gadis itu, yang bernama Kyrie (waw, sama kaya nama komputerku XD btw Kyrie dalam bahasa latin berarti tuhan) akhirnya mulai banyak berbicara. Dia berkata bahwa dia datang ke kota ini sendirian. Saat Yuu bertanya mengapa, Kyrie menjawab bahwa dia "ingin melihat dunia".

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Masa lalu Yuu pun terungkap dari mimpi-mimpi yang selalu dia lihat setiap malam. Dia ternyata mempunyai istri dan anak yang masih kecil. Saat dia harus berperang, Yuu meninggalkan mereka di desa. Di desa itu terdapat padang rumput yang luas yang ditumbuhi bunga berwarna kuning. Yuu berharap mereka akan tetap selamat karena desa mereka adalah tempat yang paling jauh dari pertempuran. Satu-satunya hal yang membuat dia tetap bertahan dalam pertempuran adalah, karena dia yakin dia masih punya tempat untuk pulang yang menunggu kedatangannya.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Tapi dia salah. Desa itu diserang oleh tentara musuh. Semua orang yang ada di desa itu dibunuh. Tidak ada yang tersisa. Yang masih tetap hidup hanyalah bunga-bunga berwarna kuning di padang rumput. Saat Yuu pulang dari pertempuran yang dia temukan di rumahnya adalah mayat istri dan anaknya. Sejak saat itu Yuu menutup emosi dan perasaannya dan menjadi sebuah mesin pembunuh. Tapi sebagai gantinya, setiap malam dia selalu bermimpi, dirinya kembali ke saat dimana dia membuka pintu rumahnya dan melihat orang-orang yang dia cintai sudah meninggal dengan sangat sadis. Yuu menganggap mimpinya itu adalah hukuman atas semua pembunuhan yang dia lakukan. Setiap bangun dengan keringat dingin, yang menemaninya hanyalah suara hujan dari luar. Sampai dia bertemu Kyrie. Kyrie berkata pada Yuu bahwa dia juga merasa bersalah. Dia juga berkata bahwa hujan ini tidk akan berhenti sampai hari ke-40.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Plot mulai bergerak lagi saat serangan musuh benar-benar sampai ke kota itu. Pertempuranpun dimulai. Satu persatu teman Yuu terbunuh, termasuk prajurit yang memberi boneka teddy bear kepada Kyrie. Yuu ingin ikut berperang, tapi teman-temannya mencegahnya dan menyuruhnya supaya melarikan diri bersama Kyrie. Yuu mengajak nenek pemilik penginapan itu tapi beliau menolak karena penginapan itu adalah sesuatu yang dia bangun bersama almarhum suaminya dulu. Tepat saat Yuu berlari menjauh tentara musuh melempari granat ke arah penginapan itu dan meledak.

Tapi perjalanan melarikan diri juga tidak mudah. setelah terkena tembak berkali-kali, akhirnya Yuu terkejar oleh tentara musuh (sound effect untuk adegan perang di novel ini bener-bener kereen btw) dan di saat salah satu dari mereka melempar granat, keanehan terjadi. Semula Yuu mengira dirinya sudah mati, tapi ternyata dia terbang. Kyrie menggunakan sayapnya untuk membawa Yuu ke atas, terhindar dari ledakan granat. Tapi tidak untuk waktu yang lama. Karena kekuatannya melemah, gadis itu hanya bisa membawa Yuu sedikit lebih jauh. Meskipun begitu, mereka aman dari kejaran musuh sekarang. Yuu akhirnya berpikir untuk mengajak gadis itu kembali ke desanya. Ke tempat di mana padang bunga dan rumah miliknya berada. Perjalanan pun berlanjut.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Tampaknya, tapi bukan itu yang terjadi. Ternyata masih ada satu prajurit musuh di situ. Sama seperti Yuu, prajurit itu juga terluka. Saat Yuu melihat wajah prajurit itu, dia terkejut. Itu adalah anak muda yang ada di mimpinya, tentara yang dia tembak dalam mimpinya. Yuu bersiap menarik pelatuk senapannya, sama seperti dalam mimpinya, tapi ada hal yang berbeda. Di mimpinya tidak ada Kyrie. Yuu memandang ke arah Kyrie. Ketika dia melihat ekspresi sedih di wajahnya, Yuu mengurungkan niatnya untuk menembak. Di sisi lain, prajurit muda itu sangat ketakutan karena ini pertama kalinya dia berada di medan pertempuran. Dengan gemetar dia berusaha supaya tetap hidup. Suara tembakanpun terdengar, hanya saja siapa yang menembak dan siapa yang tertembak tidak sama dengan yang terlihat di mimpi Yuu.

END

Nggak ding XD Setelah menembak Yuu, prajurit itu berlari. Pulanglah ke rumah, kata Yuu sementara pandangannya mulai kabur. Kyrie menangis. Akhirnya Kyrie memutuskan untuk menggunakan kekuatannya untuk menolong Yuu. Yuu pun sembuh. Kyrie akhirnya menjelaskan dirinya adalah seorang "angel" dan apa yang sebenarnya terjadi.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Manusia sudah berbuat melampaui batas. Dunia ini bergerak ke arah yang lebih buruk. Karena itu tuhan akhirnya memutuskan untuk menghancurkan dunia ini. Tapi sebelumnya, dia mengutus para "angel" untuk menjemput orang-orang yang pantas diselamatkan untuk dibawa ke "dunia baru". Pada hari ke-40 setelah hujan turun, dunia akan musnah.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Kyrie adalah salah satu angel, dia sudah melaksanakan tugasnya, namun dia tidak ingin kembali ke langit. Tidak seperti angel lainnya, dia "ingin melihat dunia ini berakhir". Karena itu dia tetap di bumi dan datang ke kota itu lalu bertemu Yuu. Yuu akhirnya sadar. Selama ini dia bermimpi membuka pintu dan melihat keluarganya terbunuh, itu bukan sebagai hukuman, tapi karena jauh di dalam hatinya dia masih berharap saat dia membuka pintu, yang dia lihat adalah keluarganya yang masih hidup. Orang-orang yang menjadi tempat dia pulang. Yang mengucapkan "tadaima" saat dia berkata "okaeri", karena itu apapun taruhannya, dia akan tetap berjalan menuju ke desanya. Merekapun melanjutkan perjalanan mereka.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

TAMAT (beneran)

Nggantung banget yah?
emang XD
Turut merasa kasian buat yang udah baca, senasib sama aku berarti. Yah, semoga Yuu dan Kyrie sampai di tujuan dengan selamat ^^

0 comments:

Post a Comment

 
Ikemasen, Ojou-sama! © 2006-2014 DheTemplate.com. Supported by Toko Anime