Wednesday, February 21, 2007

Collage bring a different perspective of visual novel for me

3 comments
Dari sekian banyak visual novel yang aku mainkan selama ini, walaupun aku tidak begitu tertarik dengan type-type harem bishoujo game, tapi kebanyakan yang lain juga tidak lepas dari aroma 2D bishoujo. Bahkan yang memiliki garis realisme paling kuat seperti narcissu pun masih berbau bishoujo. Bukan hal yang jelek, memang, dan aku juga tidak membencinya. Tapi beberapa hari yang lalu, saat aku mendownload beberapa novel dari visualnews, I find myself amazed at this wonderful work, Collage.

Pertama kali bermain, pembaca akan langsung disambut dengan tampilan artistik yang ngepop dan interaksi visual yang keren. Penggunaan grid dan garis -garis serta pemakaian foto dan musik yang sangat urban, dengan beat slow techno and groovy, visual novel ini langsung meyakinkan pembaca jika ini adalah sebuah cerita yang mengambil setting di tengah hiruk pikuk lifestyle perkotaan. Jangankan fanservice ecchi, bahkan yang mencari drama casual bishoujo seperti highschool love and life atau childhood frienship dan sejenisnya pun akan langsung digiring keluar right from the first menu.

Mengawali permainan, kita akan membaca kasus pertama cerita ini (dengan sudut pandang orang pertama, tentunya), Yuuko Sasaki, seorang karyawati perusahaan terkenal yang bosan dengan hidupnya. Setelah putus dengan cowoknya, akhirnya Yuuko memilih untuk keluar dari pekerjaannya dengan cara yang cukup unik, yaitu membocorkan skandal korupsi atasannya. Yuuko yang sebenarnya cerdas dan cukup cekatan ini akhirnya malah bingung harus ngapain setelah tidak punya pekerjaan. Saat itulah dia bertemu temannya semasa kuliah dulu, yang sekarang sedang menjadi salah satu panitia untuk acara yang diadakan shopping street di distrik tempat dia tinggal. sampai di sini mungkin belum terlihat menarik. Jujur saja, waktu aku pertama main juga belum terkena zat addictive dari novel ini, cerita baru mulai menarik ketika Yuuko memutuskan membantu temannya itu dan bertemu salah seorang pria yang juga ikut (tepatnya dipaksa ikut) dalam team, bernama Yuichi Yosimura. Yosimura adalah tipikal cowok indesicive yang malas dan selalu bingung sendiri. Di luar dugaan, ternyata Yoshimura sudah memiliki anak, namun dia sendiri tidak tahu dimana anaknya sekarang berada, karena dulu dia berpacaran dengan cewek nomer satu di kampusnya, namun cewek itu memintanya merahasiakan hubungan mereka. Kemudian tanpa sebab yang jelas, cewek itu memutuskan hubungan mereka. Bertahun-tahun berlalu dan saat reuni Yosmura baru tahu dari teman-temannya bahwa cewek tersebut sudah meninggal dan mempunyai satu anak perempuan.

Yang menarik dari novel ini adalah, setelah agak lama kalian membaca, kalian akan tiba dimana ceritanya dibalik lagi, mulai dari awal, hanya saja dengan sudut pandang orang yang berbeda. Banyaknya tokoh dalam cerita ini, yang semuanya saling mengenal, teman satu kantor, teman masa kuliah dulu dan sebagainya, membuat drama dalam cerita ini semakin kompleks dan semakin lama kalian membaca barulah kalian paham hubungan antar karakter yang ada dalam cerita dan kenapa kejadian yang terjadi seperti itu. Untuk menambah permainan menjadi semakin menarik, pada beberapa bagian terdapat pilihan-pilihan yang harus diambil oleh player. Salah memilih dalam hal ini bisa menyebabkan game over dan harus mengulang. Pada awalnya kita memang sama sekali tidak ada petunjuk atau bahkan bingung (kok milih yang ini malah salah?) namun seiring dengan cerita kita akan tahu jawaban mana yang benar.

Collage adalah visual novel dengan cerita yang sangat menarik dan ending yang cukup tidak terduga. Untuk sebuah barang gratisan, visual novel ini mempunyai kualitas yang jauh di atas standard. Tidak ada salahnya untuk dicoba, its a good read. Kalian bisa mendownloadnya secara direct download di sini.

3 comments:

g4ronk said...

dari bahasanmu kayanya nih game bener2 bukan tipeku yah kai ^^"

anakaneh said...

Wah. Seem like a "different" kind of bishoujou game, if u can call it that way of course.
Btw, abis bersih2 blog pa? Kok kosongan gitu.

Neohybrid_kai said...

@ g4ronk:
ahaha, iya kayaknya. Aku lebih tertarik ke drama yg down to earth tanpa fan-service moe-moe (perkecualian buat bikinan KEY sama KyoAni)

@anakaneh:
yup, desain interface gamenya lebih ke pop-art dan ceritanya juga malah kaya j-dorama. Ini juga pertama kalinya aku main kinetic novel yang aneh yg nggak biasa kaya gini.
gak, ini blog baru, yg lama loginnya susah and sekarang semua orang bisa langsung post comment

Post a Comment

 
Ikemasen, Ojou-sama! © 2006-2014 DheTemplate.com. Supported by Toko Anime