Sunday, September 24, 2006

Curtain riseR

3 comments
Welcome to my blog, people.

This is me, Neohybrid_kai speaking. Blog ini aku buat sebagai follow up setelah beberapa waktu lalu aku mencoba blogging skill ku dengan membuat blog di friendster, aside from the fact that you must login to make a comment in fs' blog. Nihaha.

Anyway, sama seperti blog ku sebelumnya, kemungkinan besar post di sini akan cenderung berisi artikel seputar anime, manga, and stuff like that (walaupun kadang akan ada beberapa post yang lebih bersifat ke journal tapi toh ujung2nya biasanya ke anime juga, lol). By the way, kalian tidak akan melihat review atau pembahasan seputar title-title mainstream seperti Naruto atau Bleach di sini, tapi lebih ke hal-hal yang tidak biasa, yang jarang diketahui sebagian besar fans anime/manga (soal apakah itu menarik atau tidaknya itu tergantung penilaian kalian).

Sebagai awalannya, aku akan membahas tentang kinetic novel. Tadinya aku mau bikin poll juga, tapi karena masih baru dan aku belum tahu cara mengimplementasikan poll di sini (ada yang bisa bantu?) jadi aku delay dulu. Anyway, on to the topic, what is kinetic novel?

Kinetic Novel
Bagi sebagian orang yang pernah main H-game (bagi yang belum pernah disarankan untuk tidak mencoba, lol) mungkin akan lebih mudah untuk menerangkan soal kinetic novel ini. Secara gampangnya kinetic novel menggunakan tampilan seperti itu, dimana ada background, character dan text box serta background music sebagai pengiringnya. Bedanya kinetic novel jelas lebih mengutamakan cerita dan karakter daripada ero(tic)-scene dan percabangan ceritanya sangat minimal. Dalam kinetic novel pembaca berperan sebagai tokoh utama dan sebagian besar cerita dipandang dari sudut pandang orang pertama, walaupun ada beberapa judul yang kadang mengkombinasikan antara orang pertama, kedua dan ketiga (misal: higurashi). Elemen inilah yang membuat kinetic novel menarik dan (bagi sebagian orang) sangat adiktif. Bayangkan kalian membaca sebuah novel epic seperti LoTR atau action thriller seperti Da Vinci Code dengan sudut pandang orang pertama. Faktor inilah yang membuat fans berat Fate/Stay Night tergila-gila atau fans Planetarian menangis di depan layar monitor komputer mereka ^^


Selain kinetic novel juga ada yang disebut dengan visual novel. Hampir sama dengan kinetic novel, tapi di sini tidak ada box untuk teks atau dengan kata lain tulisan ditumpuk di atas gambar background dan karakter. Jika ada diantara kalian yang pernah membaca "Kana~Imouto" atau "Kana~Little Sister" mungkin kalian akan langsung paham dengan yang aku maksud.


Terakhir, bisakah kita membuat kinetic novel sendiri? jawabnya bisa, dan (technically) gampang banget. Yang cukup susah dari membuat kinetic novel adalah melengkapi bahannya itu sendiri. Aku tulis melengkapi karena pada awalnya sangat mudah untuk mulai membuat bahan-bahannya. Kalian hanya butuh menciptakan 4 element; story (ini yang paling penting), background image, character image dan music (BGM) selebihnya ada program yang bisa merangkainya dengan mudah untuk menghasilkan sebuah kinetic novel standard. Perlu diingat bahwa jantung utama kinetic novel terletak dalam ceritanya (dalam hal ini juga meliputi karakterisasi dan gaya penulisan) apalagi jika kalian tidak mempunyai kualitas gambar atau musik yang cukup waw, kalian harus bisa membuat pembaca menikmati cerita itu dan "memaksanya" berpikir seperti karakter utama selama dia membaca.

Any comment? ^_^

3 comments:

hyu said...

*whew* nice theory lesson ^^

trus, gimana hasil dari rainbow project-nya,
udah bisa mastiin waktu release-nya ?

"waiting just for best result" ^^V

choro ajah said...

tapipada akhirnya ga di update lagi.... kaco....

yuSsriNaa said...

eh kaii

blog q dilink juga di t4 mu dunk

yuzhrina.blogspot.com
makasih yhaaa

;)

Post a Comment

 
Ikemasen, Ojou-sama! © 2006-2014 DheTemplate.com. Supported by Toko Anime